Media Sosial Bisa Sebabkan Penyakit `Hati`

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 2 Oktober 2018 16:14
Media Sosial Bisa Sebabkan Penyakit `Hati`
Kamu pengguna media sosial 'addict'?

Dream - Di zaman now seperti saat ini, mungkin hanya sedikit anak milenial yang tak terpapar media sosial? Beragam platfom bisa dipakai untuk berselancar di dunia maya ini.

Mudah diakses kapan dan di mana saja, media sosial seakan telah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Tapi selain menjadi wadah segala informasi, hiburan, dan penyambung tali silaturahmi, media sosial juga bisa jadi bumerang. Bahkan platform ini bisa memicu penyakit buat para penggunanya jika tidak sesuai dengan peraturan yang diterapkan.

 shutterstock

Jika sudah terserang penyakit akibat sosial media, tentunya pikiran dan kesehatan tubuh akan menerima dampak negatifnya.

Penyakit karena media sosial itu disebut penyakit 'ain atau al 'ain yang disebabkan tatapan atau pandangan mata dari orang dengki ataupun takjub.

Kok bisa?

Di media sosial, tak jarang para pengguna mengunggah kebahagiaannya lewat foto, video, atau sekadar tulisan sehingga menimbulkan suatu opini publik.

Nabi Muhammad SAW bersabda, " Pengaruh 'ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, 'ainlah yang dapat melakukannya..." (HR. Muslim, Ahmad & Tirmidzi)

 shutterstock

Foto dan video yang ada di media sosial juga bisa dikatakan dapat menyebabkan penyakit 'ain. Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an surat Al Ahzab ayat 53:

" Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka."

Lalu bagaimana kita seharusnya menggunakan media sosial tanpa harus menimbulkan penyakit? Baca selengkapnya di sini.

Kirimkan cerita inspiratif kamu ke komunitas.dream@kly.iddengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary