Niat Buka Puasa Beserta Manfaat dan Keutamaan Memberi Makan Orang Berpuasa

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 28 April 2021 11:08
Niat Buka Puasa Beserta Manfaat dan Keutamaan Memberi Makan Orang Berpuasa
Puasa adalah menahan diri dari segala yang dapat membatalkannya.

Dream – Puasa adalah menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkannya, seperti makan, minum, hingga melakukan hubungan suami-istri.

Puasa dimulai dari masuk waktu subuh hingga terbenamnya matahari atau biasa disebut dengan waktu berbuka puasa.

Puasa dibagi menjadi dua yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Salah satu puasa wajib adalah puasa Ramadan.

Puasa Ramadan wajib dilakukan umat Islam, sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan atau jalan jauh. Selain itu, wanita yang suci dari haid dan juga nifas.

Allah SWT menjelaskan kewajiban puasa Ramadan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 sebagai berikut:

Artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

1 dari 8 halaman

Niat Puasa Ramadan

 

Untuk menjalankan puasa Ramadan harus disertai niat. Niat puasa Ramadan haruslah diucapkan saat sebelum terbitnya fajar atau saat malam hari, sebelum memulai berpuasa.

Berikut niat puasa Ramadan yang secara umum digunakan oleh banyak orang.

Niat Puasa© Dream.co.id

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa.

Artinya:

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

2 dari 8 halaman

Niat Buka Puasa

 

Saat berbuka, sebagian besar umat Islam, khususnya di Indonesia, terbiasa membaca doa dengan lafal:

Niat Buka Puasa© Dream.co.id

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:

" Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

 

Namun ada juga yang melafalkan doa berbuka puasa yang diriwayatkan dari Abu Dawud.

Niat Buka Puasa© Dream.co.id

Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya:

" Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah."

Kedua niat buka puasa tersebut dapat digunakan sebagai doa untuk membatalkan puasa.

3 dari 8 halaman

Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Membantu menurunkan berat badan

Puasa efektif membantu penurunan berat badan. Sejumlah penelitian menyebutkan puasa mengontrol berat badan dan mempu membakar sel-sel lemak secara feketif dibandingkan diet biasa.

Puasa memungkinkan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi daripada gula. Banyak orang yang menggunakan puasa terkontrol atau yang disebut dengan intermittent fasting untuk mengurangi persentase lemak. Puasa Ramadan ini ternyata salah satu bentuk intermittent fasting.

Memperbaiki sensitivitas insulin

Bagi penderita diabetes, puasa bisa menjadi salah satu terapi hidup sehat. Puasa terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin yang memungkinkan tubuh mengurai karbohidrat lebih baik daripada tidak berpuasa.

Penelitian juga menyebutkan insulin menjadi lebih bekerja efektif setelah berpuasa. Insulin yang bekerja baik mampu mendorong sel untuk mengolah glukosa salam darah.

4 dari 8 halaman

Mempercepat metabolisme

Puasa memberikan waktu bagi organ pencernaan manusia untuk beristirahat. Saat beristirahat, proses pembersihan organ berlangsung sehingga metabolism lebih baik setelah puasa. Alhasil, tubuh bisa membakar kalori lebih efisien.

Jika pencernaan buruk, metabolime tubuh untuk mengolah makanan dan membakar lemak juga memburuk. Puasa dapat mengatur proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus secara lebih baik.

Memperbaiki fungsi otak

Puasa meningkatkan produksi protein yang disebut dengan brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein jenis ini mengaktifkan sel induk otak diubah menjadi neuro baru dan memicu senyawa kimia yang bisa meningkatkan kesehatan saraf.

Protein ini juga melindungi sel-sel otak sehingga efektif mencegah penyakit alzaheimer dan Parkinson. Dengan demikian, puasa telah terbukti meingkatkan fungsi kerja otak.

5 dari 8 halaman

Memperbaiki pola makan

Puasa menjadi sarana latihan mengatur pola makanan yang baik agar cukup gizi tetapi tidak berlebihan. Mereka yang kesulitan mengontrol nafsu makan dapat belajar menahan pola konsumsi yang tidak sehat. Dengen demikian, kita bisa fokus pada pekerjaan lain tak hanya makan saja.

Membersihkan kulit dan mencegah jerawat

Saat puasa, tubuh beristirahat memroses makanan di pencernaan. Proses penjedaan di tubuh ini membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal, dan lain sebagainya.

Hati yang sehat akan membuat aliran darah lancar dan bersih. Akibatnya, hal ini dapat mencegah masalah kulit seperti bisul dan jerawat.

Di sisi lain, puasa menyebabkan energi dalam tubuh kita tida digunakan untuk mengolah makanan melainkan fokus meregenerasi sistem tubuh lain.

6 dari 8 halaman

Cegah penuaan dini

Puasa menyebabkan sistem metabolism lebih lambat dan membatasi makanan yang tidak sehat. Salah satu penyebab utama penuan dini adalah metabolism yang lambat karena terlalu banyak makanan berlemak.

Jadi, semakin sedikit makan dan semakin sehat makanan yang kita konsumsi, penuaan dini berjalan lebih cepat dan efisien. Organ-organ tubuh pun jadi lebih awet dan sehat.

Meningkatkat sistem kekebalan tubuh

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena membatasi makanan penyebab radikal bebas. Radikal bebas dari makanan yang berlemak akan menyebabkankondisi peradangan dalam tubuh dan memicu sel kanker. Inilah yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

7 dari 8 halaman

Keutamaan Memberi Makan Orang Saat Buka Puasa

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Yang Memberi Makan dapat Pahala

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa adalah mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa. Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang artinya:

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah SAW. bersabda: " Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi)

Jalan Menuju Surga

Keutamaan memberi makan orang yang berbuka puasa lainnya adalah mendapatkan ganjaran sebagai jalan menuju surga. Seperti yang disebutkan dalam hadis yang artinya:

Dari Ali ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

" Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.”Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “ Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “ Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi)

8 dari 8 halaman

Mengantarkan Menuju Ridho Allah SWT

Jika dibarengi dengan ibadah lain seperti sholat dan bersedekah, memberi makan orang yang berbuka puasa akan menjadi pengantar seseorang menuju ridho Allah SWT.

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan, " Puasa, sholat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, sholat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja." (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

Menambah Keberkahan Harta

Memberi makan orang yang saat berbuka puasa adalah termasuk dalam bentuk bersedekah. Dimana dengan bersedekah tidak akan mengurangi harta si pemberi. Justru pintu rezeki akan terbuka melalui sedekah.

Sebagaimana terdapat dalam hadis yang artinya:

" Sedekah tidaklah mengurangi harta." (HR. Muslim)

Walaupun secara fisik berkurang, namun harta yang disedekahkan akan menjadi berkah. Sehingga kekurangannya tersebut tertutupi oleh keberkahannya.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

 

 

Beri Komentar