Sholat Tarawih Superkilat, Sah Atau Tidak?

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 15 Juni 2016 04:02
Sholat Tarawih Superkilat, Sah Atau Tidak?
Sholat tarawih dengan tempo cepat memang jadi favorit. Tapi bagaimana hukum Islam jika sholat tergesa-gesa?

Dream - Selain puasa, ibadah lain yang selalu dirindukan saat ramadan adalah sholat tarawih. Semua muslim berbondong-bondong ke masjid untuk mendirikan sholat tarawih dan witir sebanyak 11 atau 23 rakaat.

Sudah menjadi pengetahuan umum juga jika masyarakat banyak memilih masjid yang melaksanakan sholat tarawih dengan cepat.

Di Blitar bahkan sebuah pondok pesantren menggelar sholat tarawih berjamaah super kilat. Hanya dalam 5 atau 8 menit, sholat sunah selesai dilaksanakan.

Pandangan beragam pun muncul dengan fenomena sholat tarawih superkilat ini. Mengutip laman nu.or.id, Wakil Rais Aam PBNU, KH Miftahul Achyar punya pendapat sendiri.

Secara bahasa, kata " tarawih" merupakan bentuk plural (jamak) dari kata " tarwihah" . Artinya, " istirahat" . Dalam praktik yang dicontohkan oleh salafus shalih (generasi terdahulu umat Islam), para jamaah mengambil jeda/istirahat setiap empat rakaat (dua kali salam). Waktu jeda tersebut diambil setelah mereka melakukan shalat yang cukup panjang dalam empat rakaat tersebut.

Khusus sholat tarawih superkilat, shalat yang baik seharusnya...baca selengkapnya di sini. (Ism) 

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair