Viral Video Ayah Gantikan Wisuda Anak yang Meninggal Dunia, Satu Gedung Banjir Air Mata!

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 25 November 2021 15:02
Viral Video Ayah Gantikan Wisuda Anak yang Meninggal Dunia, Satu Gedung Banjir Air Mata!
Momen wisuda yang digelar oleh IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara begitu memilukan hingga membuat banyak wisudawan menangis.

Dream - Acara wisuda seharusnya menjadi momen yang paling membahagiakan bagi semua orang. Perjuangan berat mencapai kelulusan seakan terbayarkan saat seorang mahasiswa hadir di prosesi penting satu ini.  Namun, momen wisuda yang digelar oleh IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara justru begitu memilukan hingga membuat banyak wisudawan menangis.

Pasalnya, dalam momen wisuda itu, terdapat seorang ayah yang menggantikan posisi anak ketika wisuda. Hal tersebut lantaran sang anak meninggal dunia satu bulan sebelum kegiatan wisuda dilaksanakan. Calon Wisudawan yang meninggal dunia tersebut diketahui bernama Muhammad Jamaluddin, S.E.

Momen tersebut lantas menjadi viral di media sosial bahkan membuat banyak netizen ikut merasa haru. Penasaran seperti apa momen tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 5 halaman

Ayah Gantikan Anak Wisuda

ilustrasi© Foto : Tiktok @permataa01_

Baru-baru ini, viral video yang memperlihatkan momen seorang ayah yang menggantikan anaknya yang telah meninggal dunia dalam momen wisuda sebuah universitas yang berada di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Diunggah akun Tiktok @permataa01_, momen memilukan ini terjadi ketika pelaksanaan wisuda di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SUltan Qaimuddin Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Selasa 23 November 2021.

“ Wisudawan IAIN Kendari yg mninggal sbelum diwisudakan diwakilkan oleh ayahnya, alfatihan kak alm.muhmmad Jamaluddin S.E,” tulis akun TikTok tersebut.

© Dream
2 dari 5 halaman

Sang Anak Meninggal Sebelum Wisuda

ilustrasi© Foto : Tiktok @permataa01_

Dalam video tersebut terlihat seorang pria yang tidak mengenakan toga duduk di antara para wisudawan dan wisudawati. Pria itu tampak tak kuasa menahan tangis, rupanya ia adalah orang tua dari mahasiswa bernama Muhammad Jamaluddin.

Ia datang untuk menggantikan putranya yang meninggal dunia sebelum acara wisuda dilaksanakan. Wisudawan dan wisudawati lain pun tampak ikut merasakan kesedihan mendalam, salah satu wisudawan bahkan memeluk bapak tersebut untuk menenangkannya.

ilustrasi© Foto : Tiktok @permataa01_

3 dari 5 halaman

Momen Penyerahan Ijazah

ilustrasi© Foto : Tiktok @permataa01_

Di unggahan selanjutnya, terlihat bapak bernama Hasanuddin Daeng Gassing itu ke atas panggung untuk menerima ijazah anaknya. Rupanya, Muhammad Jamaluddin S.E merupakan salah satu mahasiswa yang cerdas, Ia saat itu mendapatkan predikat amat baik.

Ketika penyerahan ijazah, seluruh wisudawan pun sontak berdiri memberi tepuk tangan kepada bapak Hasanuddin. Bahkan, beberapa dosen, dekan hingga Rektor IAIN Kendari terlihat ikut berdiri hingga memberikan salam kepada ayah almarhum. Dilansir dari Liputan6.com, Muhammad Jamaluddin meninggal dunia pada 24 Oktober 2021 lalu karena sakit maag kronis. 

 

© Dream
4 dari 5 halaman

Komentar Warganet

Unggahan tersebut sontak menjadi viral hingga dibanjiri dengan komentar haru dari para warganet. Kebanyakan dari mereka turut terharu melihat momen wisuda tersebut. Sementara yang lain menyoroti sosok wisudawan yang memeluk Bapak dari mendiang Muhammad Jamaluddin S.E.

 “ Tujuan akhirku telah berhasil kucapai, gelar sarjana berhasil kusandang, sekarang ku pamit pergi, ayah. Hadiri wisudaku untukku, yah” tulis akun @Alandefinisi.

 “ Apa cuma aku yang nangis pas nonton, nggak rasain sih cuma kek rasa gimana ya kalo aku di posisi ayah itu mampu nggak akunya,” komentar akun @asriyani1264

" Respek sama abangnya, langsung meluk si bapak buat ngasih semangat"  tulis akun @leogirl1509.

" sangat mengandung bawang...smua story anak lain penuh sm video ini" tulis akun @israyantilubis.

" Pasti yang peluk bapaknya, temannya yang meninggal"  tulis akun @user2412099581616.

" yg bikin lgsg netes air mata di wakilin pke baju wisuda"  tulis akun @wulanmaulida.

 

5 dari 5 halaman

Video Haru

@permataa01_

Wisudawan IAIN Kendari yg mninggal sbelum diwisudakan diwakilkan oleh ayahnya, alfatihan kak alm.muhmmad Jamaluddin S.E😇🙏🏻

♬ suara asli - permataa

 

© Dream
Beri Komentar