Cuci Mobil Listrik dengan Air, Aman Enggak Sih?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 18 Oktober 2021 10:35
Cuci Mobil Listrik dengan Air, Aman Enggak Sih?
Kalau terkena air, mobil listrik bisa konslet atau tidak, ya?

Dream – Mencuci mobil memang sudah menjadi kewajiban pemilik kendaraan saat kondisinya kotor. Kalau dibiarkan dalam keadaan tidak bersih, performa serta umur kendaraan bisa terganggu.

Tapi, bagaimana dengan mobil listrik? Apakah boleh mencuci mobilnya dengan air? Apakah nanti akan menyebabkan korsleting?

Dikutip dari laman Nissan Indonesia, Senin 18 Oktober 2021, ada beberapa hal yang perlu diketahui soal mencuci mobil listril. Pertama, kendaraan ini bisa dicuci dengan jasa car wash.

Listrik dan air memang bukanlah dua hal yang umumnya dipasangkan secara bersamaan. Bagi pemilik mobil listrik, tenang saja karena tetap bisa mencuci mobil dengan perasaan aman.

1 dari 4 halaman

Dirancang Tahan Air

Baik itu mencuci mobil sendiri di rumah atau dengan jasa car wash, mobil listrik sudah didesain agar bisa tahan terhadap air. Serangkaian tes sudah dilalui oleh setiap mobil listrik yang akan dijual, termasuk soak test di mana mobil direndam dalam genangan air yang cukup tinggi untuk memastikan tidak ada kebocoran di komponen mobil.

Tentunya setiap mobil elektrik yang ada di pasaran punya karakteristik masing-masing. Bisa dipastikan bahwa semua mobil listrik itu sudah tahan air dan aman untuk dicuci. Misalnya seperti di bagian kolong mobil yang sering sekali kotor akibat terkena debu, lumpur, dan cipratan air.

Bagian baterai mobil dan kabel-kabel yang ada di kolong akan tetap aman karena dilapisi bahan yang tahan air. Bahkan, soket yang menyambungkan berbagai komponen elektrik dalam mobil juga sudah diberikan pengaman karet agar lebih terjamin keamanannya.

© Dream
2 dari 4 halaman

Deep Cleaning Juga Aman, kok

Lalu, bagaimana dengan mencuci mobil listrik dengan lifter di bengkel? Proses deep cleaning mobil dengan lifter tetap dianggap aman bagi mobil ini.

Sahabat Dream tak perlu khawatir karena mobil listrik yang dibeli telah melalui tahap uji yang menjamin kendaraan tahan air.

Saat air bertekanan tinggi disemprotkan ke bagian kolong mobil yang terangkat oleh lifter, komponen seperti baterai dan inverter yang bisa kena korsleting tetap aman karena sudah didesain agar tahan terhadap semprotan air.

3 dari 4 halaman

Hindari Semprotan di Engine Bay

Pada dasarnya, cara mencuci mobil listrik sama saja dengan mencuci mobil pada umumnya. Namun, ada satu hal wajib yang harus selalu kamu ingat ketika akan mencuci mobil listrik, yaitu tidak menyemprotkan air ke engine bay.

Bagian engine bay ini biasanya ada di dalam kap mobil, di mana di dalamnya terdapat komponen elektrik yang lebih rawan terhadap air, seperti ECU, converter, dan inverter.

Sebetulnya, engine bay dalam mobil listrik sudah dilapisi dengan seal waterproof. Namun, kalau engine bay terlalu sering dicuci dengan air, dikhawatirkan seal waterproof ini lama kelamaan akan rusak dan menciptakan embun air di dalam komponen.

Untuk membersihkan engine bay dengan aman, gunakan kain microfiber dan engine degreaser. Ingatlah untuk tidak menyemprotkan degreaser secara langsung ke engine bay, melainkan semprotkan ke atas kain microfiber, lalu usapkan ke engine bay.

© Dream
4 dari 4 halaman

Dinginkan Mesin Mobil, Baru Dicuci

Kalau berencana mencuci mobil listrik sendiri, bukalah kap mobil dan sentuh mesin. Dianjurkan tak mencuci kendaraan setelah habis berkendara dan mesin dalam keadaan panas.

Kalau mesinnya panas, cobalah tunggulah beberapa saat. Sebab, mencuci mobil dalam keadaan panas bisa menyebabkan komponen kendaraan jadi karatan, renggang, dan cepat rusak.

Lebih baik menunggu mesin dingin selama 15-30 menit. Kalau sudah dingin, barulah kamu bisa mencuci kendaraan listrik.

Beri Komentar