Honda Tutup Pabrik Jazz, CR-V dan Civic

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 Februari 2019 14:37
Honda Tutup Pabrik Jazz, CR-V dan Civic
Pabrik ini mempekerjakan 3.500 orang.

Dream – Honda menutup pabriknya di Swindon, Inggris, pada 2021. Produsen otomotif ini akan fokus untuk memproduksi mobil listrik.

Sekadar informasi, pabrik ini memproduksi mobil Jazz, CR-V, Civic Hatchback, dan Civic Type R.

Penutupan pabrik tersebut juga termasuk ke dalam restrukturisasi jaringan global Honda.

“ Restrukturisasi ini terjadi ketika Honda mempercepat komitmennya pada mobil listrik,” tulis Honda, dikutip dari Paultan, Jumat 22 Februari 2019.

Tantangan mobil listrik ini membuat produsen otomotif asal Jepang merevisi operasi manufaktur global. “ (Honda) memfokuskan aktivitas di wilayah yang memiliki volume produksi yang tinggi,” tulis perusahaan itu.

Sekadar informasi, Swindon memproduksi 150 ribu mobil per tahun. Pabrik ini mempekerjakan 3.500 orang. Penutupan ini akan berdampak kepada pemecatan karyawan. Selain pabrik, lanjut Honda, markas besar Honda Eropa akan terus berlokasi di Inggris.

Pabrik ini juga memproduksi beberapa “ berlian” bagi pecinta otomotif. Bahkan, fans mobil menyebut Swindon sebagai rumah Civic Tipe R hatchback.

Restrukturisasi global ini melibatkan operasi Honda di Turki. Saat ini, Honda memproduksi 38 ribu unit mobil per tahun dan berhenti produsi Civic di sana.

Raksasa otomotif itu akan melakukan dialog dengan para pemangku kepentingan di Turki tentang penghentian produksi Civic.

Presiden Honda Motor Europe, Katsushi Inoue, mengatakan akan mempercepat strategi elektrifikasi dan restrukturisasi operasi global. Dia juga menyayangkan keputusan ini berdampak kepada pemutusan hubungan kerja karyawan.

“ Ini tidak dianggap remeh dan kami sangat menyesalkan betapa pengumuman ini membuat orang-orang kami resah,” kata Inoue.

1 dari 2 halaman

Penjualan Seret, Honda Stop Produksi Brio

Dream – Nasib Honda Brio di India sungguh miris. Jika di Indonesia Brio termasuk jajaran mobil favorit, di negeri Taj Mahal itu justru berbanding terbalik.

Penjualannya yang seret membuat Brio terpaksa 'disuntik mati'.

“ Mobil entry level kami saat ini Amaze. Kami menghentikan produksi Brio. Kami juga tak tertarik untuk membawa generasi terbaru Brio ke India,” kata Senior Vice President Director Honda India, Rajesh Goel," dikutip dari laman Rushlane, Rabu 13 Februari 2019.

Sekadar informasi, penjualan Brio sepanjang 2018 mencapai 2.277 unit. Angkanya turun 58 persen dari 2017 yang mencapai 5.412 unit. Bahkan, pada kuartal IV 2018, penjualan mobil ini hanya 45 unit, terjun bebas 94 persen dari 2017 yang mencapai 1.040 unit.

Meski begitu, Brio masih ada di laman Honda India. Tapi, city car murah itu akan dihapus dari daftar jualan mereka.

2 dari 2 halaman

Siapa Pengganti Brio?

Brio diluncurkan di India pada 2011. City car ini memiliki mesin berkapasitas 1,2 liter. Sayangnya, mobil itu tak cukup seksi untuk menarik perhatian masyarakat India karena punya ruang interior terbatas.

Keberadaan Brio akan digantikan oleh Honda Amaze. Dengan desain yang ringkas, sedan ini ampuh menjadi magnet bagi perusahaan otomotif asal Jepang itu. Sejak diluncurkan pada Mei 2018, mobil ini telah dipesan 63 ribu orang dalam kurun waktu kurang dari setahun.

" Amaze akan menjadi model terbaru Honda" .

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi