10 Tips Dapatkan Kulit Wajah Terbaik!

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 26 Januari 2021 10:34
10 Tips Dapatkan Kulit Wajah Terbaik!
Nggak harus keluarkan budget besar.

Dream – Ragam cara dilakukan para wanita untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan lembap. Saat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena pandemi, mereka menggunakan waktu kosongnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Perawatan tubuh memang tak selamanya ribet dan harus bermodal besar, seperti membeli skincare mahal atau produk perawatan lain sebagaimana treatment di salon.

Sahabat Dream bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk memiliki kulit wajah terbaik dengan budget pas-pasan.

1 dari 4 halaman

1. Hindari kulit dari sinar matahari

Sinar matahari bisa memunculkan flek hitam, kerutan tua dan masalah kulit lain seperti kanker.

Coba untuk mengurangi terkena langsung dengan sinar matahari, jika tidak bisa gunakan sunscreen yang mengandung setidaknya SPF 15.

Cari lain, bisa dengan pakai topi untuk menghindari pengenaan sinar matahari secara langsung ke kulit wajah.

Ilustrasi© Shutterstock

2. Perlakukan kulit dengan lembut

Menggunakan air panas dapat menghilangkan minyak kulit yang membuat kulit menjadi kering, gunakanlah air hangat dibandingkan air panas.

Hindari penggunaan sabun keras atau pembersih yang dapat membuat kulit kering. Setelah mencuci wajah atau mandi, keringkan menggunakan handuk kering dengan menepuk handuk secara lembut ke wajah.

2 dari 4 halaman

3. Pakai pelembab

Kalau kamu memiliki tipe kulit wajah yang kering, seringlah gunakan pelembap muka. Untuk sehari-hari sangat disarankan pakai pelembap yang mengandung SPF.

Ilustrasi© Shutterstock

4. Diet sehat

Diet sehat dapat membantu mu terlihat dan merasa segar dan sehat. Banyak makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, termasuk makan minyak ikan atau suplemennya saja.

Dengan makanan sehat dapat membantu kulit terlihat lebih muda. Tambah dengan banyak minum air putih untuk kelembapan kulit wajahmu.

3 dari 4 halaman

5. Stres dan tidur

Stres berlebih dapat membuat kulit menjadi sensitif dan muncul masalah kulit. Untuk mendorong kulit sehat diperlukan pikiran yang sehat pula.

Selain itu dibutuhkan juga tidur yang cukup untuk meremajakan kulit. Di saat tidur kulitmu akan menjalankan mode perbaikan secara alami. Jadi disarankan kurangi setres berlebih dan tidur cukup setidaknya 8 jam.

ilustrasi© Shutterstock

6. Mempertahankan dan memelihara penggunaan skincare sehari-hari

Menggunakan skincare secara teratur dapat mebuat kulit wajah sehat. Gunakan toner untuk wajah agar lembab, dengan toner juga menghapus kotoran yang menempel dan membuat kulit lebih halus.

4 dari 4 halaman

7. Pakai face pack

Banana face pack paling efektif dan sangat melembapkan.

Salah satu caranya dengan, ambil pisang, 1 sendok madu, ¼ sendok teh krim atau susu bubuk dan 2 tetes minyak cendana, campurkan semua bahan dan pakai ke wajahmu setidaknya 20 menit, kemudian bersihkan dengan air dan setelahnya pakai pelembap (moisturizer).

8. Saat memilih alas bedak (foundation), pastikan yang ringan dan berbahan dasar air, untuk memberikan tampilan halus pada kulit dan tidak berminyak.

Ilustrasi© Shutterstock

9. Meningkatkan elastisitas kulit wajah dengan meneteskan dua tetes minyak esensial melati dan almond, pijat dengan lembut di wajah.

Kemudian letakkan handuk hangat di atas wajah agar minyak meresap dengan baik dan lebih rileks.

10. Bila kulit wajah terdapat jerawat, cobalah dengan mengoleskan setetes minyak esensial 'tea tree' langsung pada area yang berjerawat untuk mengurangi ataupun menghilangkannya.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Times of India)

Beri Komentar