7 Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat, Usir Bekas Jerawat Membandel

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 8 Maret 2022 17:35
7 Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat, Usir Bekas Jerawat Membandel
Manfaat tomat untuk wajah berjerawat didapatkan karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Dream - Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Pada kondisi tertentu, jerawat juga menimbulkan ketidaknyamanan, terlebih jika jerawat yang muncul disertai peradangan.

Tak heran banyak orang bersusah payah berusaha menghilangkan jerawat di wajah dengan berbagai cara, mulai mendatangi dokter kecantikan hingga penggunaan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah buah tomat.

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat didapatkan karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Keduanya dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Selain itu, manfaat tomat untuk wajah berjerawat juga akan membantu mencerahkan serta menghaluskan kulit. Agar lebih jelasnya, berikut manfaat tomat untuk wajah berjerawat serta cara membuat masker tomat yang ampuh atasi jerawat.

1 dari 4 halaman

Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat

Ilustrasi© Freepik.com

1. Meredakan Jerawat yang Meradang

Biasanya jerawat yang muncul disertai peradangan pada kulit di sekitarnya. Jerawat yang meradang ini seringkali menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan buah tomat. Manfaat tomat untuk wajah berjerawat bisa meredakan peradangan pada kulit di sekitarnya.

Kandungan yang bersifat antiradang, seperti likopen, beta-karoten, lutein, vitamin E, dan vitamin C dalam tomat sangat bagus untuk menghentikan jerawat yang meradang tersebut. Tomat juga berpotensi untuk meredakan inflamasi dan iritasi kulit.

2. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Wajah yang berjerawat salah satunya disebabkan karena produksi minyak yang berlebih pada wajah. Untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih tersebut kamu bisa menggunakan buah tomat sebagai toner.

Toner dari buah tomat juga bisa membantu menyegarkan kulit wajah kamu. Cara membuat toner wajah dari tomat adalah mencampurkan jus tomat dan mentimun segar. Lalu oleskan toner tersebut ke wajah menggunakan kapas.

2 dari 4 halaman

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat yang selanjutnya adalah menyamarkan bekasnya. Permasalahan jerawat tak berhenti pada peradangan saja, namun kepergian jerawat seringkali meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan.

Nah, buah tomat dipercaya sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah. Cara menyamarkan bekas jerawat dengan tomat adalah dengan membuatnya sebagai masker alami. Aplikasikan secara rutin masker tomat tersebut, sehingga bekas jerawat bisa perlahan menghilang.

4. Bikin Wajah Lebih Cerah

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat juga akan membantu mencerahkan kulit. Hal ini karena tomat diklaim memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Keduanya dapat melindungi kulit dari radikal bebas penyebab kulit kusam.

Kamu bisa mengonsumsi buah tomat dalam menu harianmu, bisa dibuat jus, salad, atau langsung dikonsumsi. Selain itu kamu juga bisa mengaplikasikannnya sebagai masker wajah yang alami.

3 dari 4 halaman

5. Membuat Kulit Makin Halus

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat selanjutnya adalah membantu menghaluskan kulit wajah. Kandungan kalium di dalam buah tomat dipercaya dapat melembapkan kulit wajah. Tomat juga membantu kulit wajah untuk meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi sel-sel kulit. Sehingga buah tomat tak hanya menghaluskan kulit, tetapi juga membuat kulit lebih bersih dan awet muda.

6. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Buah tomat juga berfungsi mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah tampak kusam dan penyebab penuaan dini. Kandungan senyawa pada tomat cukup efektif untuk mengatasi permasalah kulti tersebut. Kamu bisa membuat masker alami dari buah tomat atau pun menjadikannya sebagai scrub wajah.

7. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar pada wajah juga menjadi penyebab munculnya komedo dan jerawat. Maka dari itu para acne figter berusaha untuk mengecilkan pori-porinya agar wajah tampak lebih halus dan terhindar dari komedo penyebab jerawat.

Mengonsumsi buah tomat atau menjadikannya masker bisa membantu mengecilkan pori-pori. Hal ini lantaran kandungan antioksidan yang terdapat pada buah tomat yang dinilai dapat membuat pori-pori semakin mengecil.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat

Salah satu cara penggunaan tomat untuk mengatasi wajah berjerawat adalah dengan membuatnya sebagai masker. Cara membuat masker alami dari tomat terbilang sederhana.

Simak cara pembuatannya di bawah ini:

  • Siapkan 2 buah tomat segar.
  • Tomat dicuci bersih.
  • Haluskan tomat menggunakan blender.
  • Oleskan secara merata ke wajah.
  • Diamkan sekitar 20 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

 

Sumber: merdeka.com, sehatq.com, berbagai sumber.

Beri Komentar