Ada Hal yang Perlu Dihindari Saat Mandi Agar Tak Jerawatan

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 18 Maret 2020 12:13
Ada Hal yang Perlu Dihindari Saat Mandi Agar Tak Jerawatan
Sahabat Dream wajib tahu hal ini.

Dream - Mandi dua kali sehari dapat membuat tubuh kita bebas dari kuman berbahaya dan membuat tubuh terasa segar. Sekadar mandi dua kali sehari saja tidaklah cukup. Mengapa demikian?

Tak banyak yang tahu kalau kita perlu juga menghindari beberapa hal saat mandi karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Sahabat Dream penting untuk mengetahui empat hal berikut ini saat mandi.

1. Hindari mendiamkan kondisioner

Menggunakan kondisioner di rambut setelah keramas, lalu didiamkan agar menyerap dan bekerja dengan baik, sementara kita menyabuni tubuh. Hal tersebut sebenarnya sangat tidak disarankan.

Kondisioner yang didiamkan, lalu tidak dicuci dengan benar akan menimbulkan jerawat di dada dan punggung, karena meninggalkan lapisan pada kulit yang menghalangi pori-pori.

Selain itu, sabun mandi hanya dimaksudkan untuk digunakan di daerah yang berminyak. Kulit di lengan dan kaki tidak memiliki banyak kandungan minyak di dalamnya. Menggunakan sabun secara berlebihan dapat membuat kulit kering.

 

1 dari 5 halaman

2. Coba pakai masker saat mandi

Tidak banyak dari kita yang tahu bahwa menggunakan masker wajah saat mandi, merupakan saat yang tepat. Hal ini karena pori-pori terbuka saat mandi, kulit menjadi lebih mudah menyerap semua cairan dan nutrisi yang diberikan oleh masker. Untuk menutrisi dan melembapkan kulit, oleskan tipis-tipis madu organik ke wajah selama 5 menit saat mandi.

 

2 dari 5 halaman

3. Bercukur saat mandi

Walaupun bercukur di kamar mandi adalah hal yang normal, tidak aman jika kamu mencukur sebelum mandi. Jika ingin kulit yang halus dan lembut setelah bercukur, kamu harus membasahi kulit dan dibiarkan meresap selama sekitar sepuluh menit. Ini akan membuka pori-pori dan melembutkan rambut-rambut halus pada tubuhmu, agar tidak terlalu sakit saat bercukur.

 Lebih Sehat Dengan Mandi Air Dingin© MEN

4. Hindari menggosok handuk dengan keras
Menggosok handuk dengan keras bukanlah cara yang ideal. Tepukan-tepukan yang lembut bekerja lebih baik pada kulit kamu, karena menjaga kelembapan kulit.

Laporan Raissa Anjanique/ Sumber: MissKyra

 

3 dari 5 halaman

Ternyata Ada Urutan Mandi yang Ideal, Sudah Tahu?

Dream - Mandi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebersihan bagi tubuh. Masih banyak orang yang menganggap bahwa mandi itu hanya sekadar 'yang penting basah'.

Padahal, demi tubuh yang bersih optimal, mandi harus dilakukan dengan tepat. Urutannya harus tepat, sampai detail gerakannya.

Jika dilakukan hanya asal, efek bersih tidak bisa didapatkan secara maksimal. Lantas sudah benarkah cara mandi kita selama ini?

Dilansir Teenvogue, ada urutan mandi yang ideal. Sahabat Dream sudah tahu? Jika belum, yuk lihat detailnya.

4 dari 5 halaman

Cuci Rambut dan Sikat Gigi

1. Awali dengan mencuci rambut

Jika hari ini adalah jadwal keramas, maka lakukan di awal mandi. Basahi rambut, pijat pelan-pelan sampai bersih menggunakan sampo. Setelah bersih, aplikasikan conditioner dan diamkan, lanjut ke aktivitas lain.

2. Gosok gigi

 Mandi© dream.co.id

Kamu bisa membersihkan gigimu terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian tubuh lainnya.

5 dari 5 halaman

Lakukan Urutan Ini

3. Sabun

Nah, sekarang kamu sudah boleh membersihkan tubuhmu dengan sabun. Ingat, jangan terlalu lama ya karena tidak baik untuk kelembapan kulit. Pastikan juga sabun yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu.

4. Bersihkan hingga tuntas

 Ulama Mesir Sebut Pria Boleh Intip Calon Istrinya Mandi© MEN

Saat membilas sisa sabun, jangan lupa bersihkan kondisioner yang masih di kepala. Cuci sampai bebas busa dan tidak licin lagi, lalu siram kembali seluruh tubuhmu dengan air untuk membersihkan sisa sabun.

5. Cuci muka

 Cuci muka© Shutterstock

Untukk satu ini dianjurkan dilakukan paling akhir, agar sekaligus membersihkan residu dari sampo, sabun, maupun pasta gigi yang mungkin menempel di wajah.

Ingin mengikuti urutannya, Sahabat Dream? (mut)

Beri Komentar