Cara Membuat Rambut Gelombang Sendiri dengan Catokan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 19 Juli 2019 19:46
Cara Membuat Rambut Gelombang Sendiri dengan Catokan
Caranya mudah banget, yuk coba!

Dream - Rambut bergelombang memiliki daya tarik tersendiri bagi seorang wanita. Untuk mendapatkan bentuk rambut tersebut, Sahabat Dream mungkin akan pergi ke salon.

Sebenarnya, kamu bisa membuat rambut bergelombang menggunakan flat iron atau catokan.

 imagehijab cantik " src=" https://cdns.klimg.com/dream.co.id/resized/500x/real/2018/11/26/351311/ilustrasi-hijab-cantik-.jpg" alt=" Ilustrasi hijab cantik " />

Meski biasanya digunakan untuk meluruskan rambut, catokan ternyata bisa mengubah gaya rambut jadi bergelombang.

Berikut cara membuat rambut gelombang dengan catokan:

1 dari 6 halaman

1. Cara Membuat Rambut Gelombang dengan Catokan: Gunakan Hair Mousse dan Heat Protector

Usahakan rambut yang akan dibuat bergelombang dalam keadaan lurus. Lalu, gunakan hair mousse pada rambut basah untuk membuatnya mengembang dan bervolume.

Setelah itu semprot dengan produk yang dapat melindungi rambut dari panasnya catokan.

2. Keringkan Rambut

Keringkan rambut menggunakan blow dryer dengan pengaturan panas rendah dan jaga agar nozzle-nya tetap mengarah ke bawah untuk mencegah rambut tidak kusut. Usahakan rambutmu benar-benar kering.

 shutterstock

2 dari 6 halaman

3. Cara Membuat Rambut Gelombang dengan Catokan: Gunakan Catokan yang Sesuai

Kebanyakan hair stylist menyarankan untuk menggunakan catokan dengan ukuran 1,25 inci. Ini adalah ukuran standar untuk rambut bergelombang yang tidak terlalu berlebihan.

 shutterstock

4. Mulai Mengubah Gaya Rambut

Ada perbedaan utama antara rambut gelombang, yang terlalu keriting dan agak lurus. Rambut bergelombang yang agak lurus dimulai dari pertengahan kepala ke bawah, yaitu tepat pada ketinggian mata.

Jepit satu bagian rambut dan mulai menyatok rambut mulai dari area yang tidak lebih tinggi dari bagian atas telinga.

 

3 dari 6 halaman

5. Cara Membuat Rambut Gelombang dengan Catokan: Perhatikan Saat Penjepitan

Semakin lama kamu menjepit rambut dengan catokan, semakin keriting rambut yang dihasilkan. Untuk mendapatkan rambut bergelombang yang tidak terlalu keriting, jepit rambut tidak lebih dari satu atau dua kali.

Untuk gaya rambut bergelombang retro ala Hollywood, lakukan penjepitan sebanyak tiga kali. Jangan terlalu sibuk dengan bentuk lengkungan hasil catokan, biarkan bagian ujungnya tetap lurus.

6. Terus Gerakkan Catokan

Selalu gerakkan catokan dan jangan diam di satu tempat. Menjepit rambut dengan catokan terlalu lama bisa berbahaya. Panas dari catokan akan membuat rambut mudah rusak.

4 dari 6 halaman

7. Cara Membuat Rambut Gelombang dengan Catokan: Menyisir Rambut

Setelah selesai menggunakan catokan, biarkan rambut selama beberapa saat. Jika panasnya sudah mereda, sisir rambut hingga rapi.

 shutterstock

8. Gunakan dengan Hairspray

Jika sudah mendapatkan bentuk rambut bergelombang yang diinginkan, pertahankan bentuknya dengan hairspray. Semprot dari jarak 15 cm dari kepala agar rambut bergelombang tidak terlihat terlalu basah. (ism, sumber: Purewow.com)

5 dari 6 halaman

Gaya Rambut yang Bikin Nyaman Beraktivitas Saat Cuaca Panas

Dream - Di musim panas, kamu membutuhkan gaya yang bisa membuat tetap nyaman dan tampil sempurna saat cuaca panas.

Tentunya, kamu tidak ingin rambutmu berminyak, kotor dan kusut saat beraktivitas seharian, kan? Dilansir dari Times of India, berikut gaya rambut yang bisa diterapkan saat cuaca panas.

Mengecat Rambut

  shutterstock

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan warna rambut di cuaca panas. Sama seperti tren bahan, warna pastel untuk riasan sedang tren saat ini.

Yang paling cocok adalah potongan rambut pendek dengan highlight berwarna pirang, cokelat dan karamel. Kamu bisa mencoba teknik balayage atau mengecat rambut dengan tanganmu sendiri agar terlihat lebih natural.

Sebagian orang juga menerima kondisi rambut beruban. Jika memiliki rambut beruban, gunakan sampo berwarna biru atau silver sekali atau dua kali sebulan.

6 dari 6 halaman

Mencoba Berbagai Gaya Rambut

 

  shutterstock

Gaya rambut yang diikat tinggi di bagian belakang masih sangat diminati hingga kini. Kamu bisa mencoba mencampur gaya tersebut dengan mengepangnya.

Kamu bisa mencoba dutch atau waterfall braid yang membuat penampilanmu lebih feminin. Gunakan aksesori seperti jepit rambut, bandana atau turban.

Memakai syal warna-warni sebagai bandana juga dapat mempercantik gayamu di musim panas. Kamu bisa mencampurnya dengan kepangan rambut atau membuat turban. 

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie