Dokter Ingatkan Rutin Potong Kuku Agar Bebas Jerawat

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 20 September 2021 11:12
Dokter Ingatkan Rutin Potong Kuku Agar Bebas Jerawat
Coba periksa kuku kamu, bersih atau tidak?

Dream – Muncul satu atau dua jerawat di wajah, sudah bisa membuat para kaum Hawa panik. Biasanya kita langsung mencari obat jerawat, acne patch, menggunakan toner atau serum khusus demi jerawat cepat mereda dan tidak meninggal bekas.

Dari sekian banyak perawatan yang dilakukan, ada satu hal yang sering tak dilakukan, yaitu memotong dan menjaga menjaga kebersihan kuku. Dokter Danar Wicaksono lewat akun Instagramnya @dr_danar mengingatkan para pejuang jerawat untuk memotong kuku.

Kuku yang panjang cenderung jadi pembawa bakteri. Saat memegang wajah, akan membuat jerawat makin parah, apalagi jika kita malas cuci tangan dan membersihkan kuku secara teratur.

Dokter Danar© Instagram

“ Jangan malah sibuk mikirin toner, krim atau segala macemnya. Cukup potong kukumu agar bakteri hilang,” ujar dr. Danar.

Ia menjelaskan bahwa kuku yang panjang akan lebih banyak bakteri. “ Karena di semua bagian tubuh kita sebenarnya banyak sekali bakteri,” lanjutnya.

 

1 dari 2 halaman

Pada tangan, dan kulit wajah sekalipun juga banyak bakteri yang bersarang. Kuku yang tidak dipotong, bisa membuat jerawat menjadi meradang karena sering disentuh secara tidak sengaja, dan berlebihan.

6 Cara Samarkan Jerawat dengan Sempurna© MEN

Selain itu, kuku merupakan bagian tubuh yang sering menyentuh benda-benda kotor. Misalnya, bagian rambut, menyentuh benda-benda asing, hingga menyentuh debu sekalipun.

 

2 dari 2 halaman

Untuk itu, Danar menekankan untuk menjaga higienitas kuku. Lihat video penjelasan dr. Danar.


Video tersebut juga menuai beragam komentar netizen. Seperti, “ Bener banget sih dok. Kalau tumbuh jerawat yang pertama aku liat kuku dan udah dipastikan kuku ku panjang,” tulis @sahruleljady.

Lalu akun @inulayfzi berkomentar “ Kebutuhan dasar manusia personal hygiene: memotong kuku" .


Laporan Delfina Rahmadhani

Beri Komentar