Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Diet Keto untuk Kulit Wajah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 5 November 2019 08:40
Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Diet Keto untuk Kulit Wajah
Bukan hanya menyehatkan tubuh, diet keto juga bermanfaat untuk kecantikan.

Dream - Diet keto merupakan pola makan yang telah menjadi tren dunia. Karena diet ini terbukti dapat enurunkan berat badan dan mengobati sejumlah penyakit.

Penelitian terbaru, sebagaimana dilansir Times of India, bahkan mengungkapkan bahwa mengonsumsi minyak saat menjalani diet keto yang seimbang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

" Penelitian ini mengarah pada pemahaman lebih luas tentang kemungkinan efek diet ketogenik dengan kandungan lemak sangat tinggi pada peradangan kulit, serta pentingnya komposisi asam lemak dalam makanan," kata Barbara Kofler, ketua Program Penelitian untuk Biokimia Reseptor dan Metabolisme Tumor, Departemen Pediatri, Universitas Kedokteran Paracelsus, Salzburg, Austria.

1 dari 5 halaman

Keto Bermanfaat untuk Kulit

" Kami telah menemukan bahwa diet ketogenik yang seimbang, terutama terbatas pada trigliserida rantai panjang (LCT) seperti minyak zaitun, minyak kedelai, ikan, kacang-kacangan, alpukat dan daging, tidak memperburuk peradangan kulit," tambah Kofler.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal 'Investigative Dermatology'. " Namun diet ketogenik yang mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) dalam jumlah tinggi, terutama dalam kombinasi dengan asam lemak Omega-3 harus digunakan dengan hati-hati karena dapat memperburuk kondisi peradangan kulit yang sudah ada sebelumnya," ujarnya.

 Cara Diet Cepat, Alami, Sehat dan Tanpa Olahraga

Diet ketogenik semakin populer karena terbukti telah mengatasi sejumlah penyakit dan membantu penurunan berat badan.

Selain itu, diet ini sedang dievaluasi sebagai terapi potensial untuk berbagai penyakit dan telah disarankan sebagai anti-inflamadi dalam kondisi tertentu.

2 dari 5 halaman

Efeknya bagi Kesehatan

 Cara Diet Cepat, Alami, Sehat dan Tanpa Olahraga

Produk makanan yang mengandung minyak kelapa (tinggi MCT) atau minyak ikan (tinggi asam lemak Omega-3), dikonsumsi sebagai bagian dari diet keto serta baik untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi Peradangan Kulit

Para peneliti berasumsi bahwa diet ketogenik berlemak tinggi akan meredakan peradangan kulit, seperti psoriasiform.

Mereka juga membuktikan bahwa suplementasi parsial trigliserida rantai panjang (LCT) dengan asam lemak MCT atau Omega-3 akan semakin meningkatkan efek ini.

3 dari 5 halaman

Diet Terbaik untuk Kulit

 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cepat, Alami dan Permanen

Meskipun penelitian ini belum mengonfirmasi hal itu, diet ketogenik berbasis LCT terbukti tidak memperburuk peradangan kulit.

Peneliti utama Roland Lang, PhD, Departemen Dermatologi, Universitas Kedokteran Paracelsus, Salzburg, Austria mengungkapkan hasil penelitian.

" Diet ketogenik yang dilengkapi dengan MCT tidak hanya menginduksi ekspresi sitokin pro-inflamasi tetapi juga menyebabkan akumulasi dari neutrofil di kulit mengakibatkan penampilan klinis yang lebih buruk pada kulit tikus”.

Keto adalah Solusinya

" Neutrofil menjadi perhatian khusus karena mereka diketahui memicu reseptor untuk MCT. Dan karena itu pula, diet ketogenik yang mengandung MCT mungkin berdampak pada penyakit lain yang dimediasi neutrofil serta tidak terbatas pada kulit," pungkas Lang.

4 dari 5 halaman

Jurus Ampuh Atasi Kulit Gelambir Akibat Diet Ketat

Dream - Berhasil mendapatkan bentuk tubuh ideal pasti rasanya sangat melegakan. Akhirnya, kerja kerasmu berolahraga dan menjalani pola hidup sehat telah terbayar.

Tapi, berhasil menurunkan berat badan cukup drastis bisa membuat kulitmu bergelambir.

Walaupun kondisi tersebut tergantung dengan durasi program dietmu, tapi kemungkinan besar kulitmu akan bergelambir sehabis menjalani diet ketat dan mengalami penurunan berat badan drastis.

Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah lulit bergelambir? Berikut tips yang dilansir Times of India supaya kamu terbebas dari kulit bergelambir:

1. Cukup Asupan Protein

  Ini Asupan Protein Berkualitas dari Sumber Nabati

Mencukupi asupan protein bisa menjaga kesehatan kulit dan membuatnya bersinar . Cara ini juga bisa menjaga elastisitas kulit. Kamu bisa mengonsumsi ikan, kacang, tahu dan keju.

2. Merawat Kulit

Menjaga kesehatan kulit sama artinya dengan merawat elastisitasnya. Yang paling penting, kamu perlu eksfoliasi secara rutin dan rajin menggunakan pelembap. Selalu pakai sunscreen sebelum keluar rumah.

Dan pakailah produk yang mengandung hyaluronic acid, vitamin E dan C untuk skincare di pagi serta malam hari. Sebisa mungkin, hindari bahan-bahan kimia berbahaya.

5 dari 5 halaman

3. Minum Air yang Cukup

  Minum Air Hangat Saat Perut Kosong, Rasakan Khasiatnya

Dokter kulit menyarankan untuk minum air 1 atau 2 liter per hari untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Minum air yang cukup bisa menjaga kelembapan alami kulit dan membuatnya tetap kenyal.

4. Mengatur Pola Diet

Makanan yang dikonsumsi setiap hari bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan akan memperindah kondisi kulitmu.

5. Mengenakan Baju yang Pas dengan Ukuranmu

Untuk bisa terlihat ideal, pakailah baju yang pas dengan ukuranmu. Baju yang sesuai dengan ukuranmu akan membuat tubuh terlihat lebih indah dan ideal. (ism)

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan