Coba Minimalisir Kerutan dengan Treatment Injeksi

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 3 Desember 2021 10:35
Coba Minimalisir Kerutan dengan Treatment Injeksi
Ada 2 jenis treatment injeksi yang mungkin bisa jadi pilihan.

Dream - Kerutan di wajah pasti muncul seiring bertambahnya usia. Kemunculan kerutan ini bisa diminimalisir dengan menggunakan skincare secara rutin dan melakukan perawatan.

Salah satu jenis perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan injeksi seperti botulinum toxin (botox) dan facial filler.

" Injectable dipilih paling banyak untuk menghilangkan kerutan," kata dr. Lanny Juniarti, Dip. AAAM dalam webinar #StepUpYourBeauty ZP Therapeutics Indonesia, Kamis, 2 Desember 2021.

Diungkapkan dr. Lanny, perawatan ini menjadi salah satu yang paling banyak peminatnya di tengah pandemi.

" Karena kita pakai masker yang terlihat bagian mata ke atas. Jadi lebih banyak pasien melakukan treatment ini, terutama area mata dan dahi, antara kedua alis," ungkap dia.

 

1 dari 4 halaman

Efek Samping

Untuk Botulinum Toxin yakni melakukan penyuntikan dengan tujuan merelaksasikan otot. Sedangkan filler menyuntikan cairan di bagian bawah permukaan kulit yang berfungsi untuk menambahkan volume dan kepadatan di area tertentu.

Untuk melakukan treatment ini memang memiliki efek samping. Dokter Lanny memastikan kalau efek samping yang ditimbulkan sangat kecil.

" Karena ditangani dokter yang berkualifikasi, bersertifikasi serta menggunakan produk dan teknik yang tepat, efek samping bisa diminimalkan," ucap dia.

Efek samping yang ditimbulkan biasanya memar di bagian yang disuntik. Itu semua bisa diminimalisir dengan diberikan obat serta minum vitamin.

" Ini kan pakai jarum, masuk ke kulit, sedangkan kulit kita ini jaringan pembuluh darahnya banyak. Nah kemungkinan (efek samping) paling sering memar, karena ada pembuluh darah kecil yang kena. Tangan dokter pun harus terampil, makanya diperlukan dokter yang sudah terlatih," ungkap dia.

 

2 dari 4 halaman

Usia yang Diperbolehkan

Dia menambahkan untuk perawatan injeksi ini dilakukan bagi orang yang sudah tidak merasa nyaman memiliki kerutan di wajah, bahkan untuk usia di atas 40 tahun juga bisa melakukan perawatan ini.

Wajah halus© Shutterstock

" Kriteria berdasarkan medical, ada kondisi membutuhkan seperti angka 11 yang sangat menganggu. Proses aging menggangu buat dia nggak nyaman dan tidak percaya diri," ujar dr. Lanny.

3 dari 4 halaman

5 Perawatan Kulit Kusam Paling Diminati di Klinik Kecantikan

Dream - Klinik kecantikan di berbagai kota besar kini sangat menjamur. Harganya pun bersaing dengan banyak layanan kecantikan kulit beragam. Salah satu pelayanan yang paling diminati adalah membuat kulit glowing bebas kusam.

Sahabat Dream mungkin bingung saat ke klinik kecantikan akan ditawarkan banyak perawatan. Tiap perawatan memang disesuaikan dengan masalah kulit. Jika kamu ingin mengatasi kulit kusam, biasanya ada perawatan yang sangat disarankan. Apa saja?

Peeling
Dikutip dari KlikDokter, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, peeling merupakan treatment paling umum untuk mengatasi kulit kusam. Peeling juga bisa mengatasi masalah jerawat, keriput, hingga menghilangkan garis-garis halus di wajah.

" Biasanya, saat perawatan akan diminta untuk berbaring lalu diolesi oleh berbagai macam krim dan cairan kimia yang mengandung asam glikolat," kata dr. Astrid.

Nantinya, cairan tersebut akan bekerja mengangkat sel kulit mati. Kulit mungkin akan mengelupas setelah melakukan treatment yang satu ini. Jangan khawatir, karena efek kulit kemerahan dan mengelupas ini wajar serta bakal mereda beberapa hari kemudian.

Perawatan kulit© Shutterstock

Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi juga merupakan perawatan yang cukup umum untuk mengatasi kulit kusam. Biasanya, mikrodermabrasi hanya dilakukan di area wajah. Namun, jika kamu ingin melakukan di bagian leher, bisa langsung konsultasikan dokter spesialis kulit dan kecantikan. Prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit.

 

4 dari 4 halaman

Facial
Treatment facial pastinya sudah tidak asing lagi. Merupakan perawatan kecantikan yang paling diminati dan tergolong paling aman. Umumnya, akan ada beberapa step facial, mulai dari membersihkan komedo hingga mengaplikasikan masker wajah. Facial bisa membantu membersihkan wajah secara menyeluruh dan mengurangi tampilan kulit kusam.

Ketahui Hal Ini Sebelum Melakukan Facial© MEN

Mesotherapy
Mesotherapy dilakukan dengan cara menyuntikan vitamin, mineral, antioksidan, dan asam hialuronat ke lapisan kulit bagian atas. Perawatan ini membantu menyegarkan dan mengembalikan hidrasi kulit yang kusam. Mesotherapy adalah perawatan minimal invasif (minim sayatan) yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan.

Microneedling
Microneedling merupakan perawatan kulit kusam yang dapat dianjurkan oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan. Dilakukan dengan menggunakan jarum kecil untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen.

Nantinya, jaringan kulit baru akan terbentuk dan kulit pun menjadi lebih sehat serta cerah. Treatment tergolong aman dan sudah terbukti secara klinis, tetapi penting diingat setiap prosedur kecantikan tetap memiliki efek sampingnya masing-masing.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar