Mengonsumsi Suplemen Kolagen untuk Kesehatan Kulit, Efektif atau Tidak?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 17 Januari 2022 10:44
Mengonsumsi Suplemen Kolagen untuk Kesehatan Kulit, Efektif atau Tidak?
Meski banyak diminati dan diklaim efektif untuk membuat wajah terlihat lebih awet muda atau lembap, sayangnya...

Dream ─ Beberapa tahun belakangan ini, suplemen kolagen sangat banyak diminati. Bahkan, tidak sedikit beauty influencer maupun publik figur yang memproduksi suplemen kolagen dengan merek buatan sendiri.

Meski banyak diminati dan diklaim efektif untuk membuat wajah terlihat lebih awet muda atau lembap, sayangnya belum ada bukti kuat mengenai hal tersebut.

Kolagen sendiri merupakan jenis protein yang tersebar di beberapa bagian tubuh, seperti tulang, otot, maupun ligamen. Jenis protein tersebut juga memiliki andil yang sangat besar pada proses penuaan kulit.

Pasalnya seiring bertambahnya usia, kualitas serta jumlah kolagen yang diproduksi pun menurun. Ketika hal tersebut terjadi, kulitmu pun akan mengalami pengenduran, muncul garis halus, serta kerutan.

Maka dari itu, cukup banyak merek yang memproduksi minuman kolagen untuk menjaga penampilan kulit. Tidak hanya hadir dalam bentuk cairan atau minuman, suplemen kolagen juga hadir dengan formula kapsul dan permen.

1 dari 7 halaman

Mengonsumsi Suplemen Kolagen© Shutterstock

Kolagen yang terkandung dalam minuman tersebut diperoleh dari hewan, seperti sapi, ikan, dan babi. Maka dari itu, suplemen kolagen yang diklaim diproduksi tanpa unsur hewani hanya memiliki kandungan pemicu produksi kolagen tanpa benar-benar mengandung jenis protein tersebut.

Dilansir dari Byrdie, efektivitas konsumsi suplemen kolagen perlu dikaji lebih lanjut. Meskipun, beberapa merek suplemen kolagen telah memberikan beberapa bukti efektivitas konsumsinya.

Terlepas dari efektivitas konsumsinya, suplemen kolagen telah diklaim aman untuk dikonsumsi secara rutin tanpa efek samping.

Namun, beberapa efek samping yang perlu diperhatikan adalah gangguan pencernaan, seperti kembung dan maag. Orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal juga disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen kolagen.

2 dari 7 halaman

Jika ingin meningkatkan produksi serta kualitas kolagen dalam tubuh, kamu bisa menggunakan tabir surya, mengonsumsi makanan atau minuman kaya antioksidan, memakai skincare dengan kandungan retinoid, melakukan perawatan microneedling, peeling, maupun laser, serta menjalani gaya hidup sehat.

Walaupun belum terjamin manfaatnya, namun kamu tetap bisa mengonsumsi suplemen kolagen untuk meningkatkan produksi serta kualitas jenis protein tersebut dan mendapatkan kulit yang terlihat lebih awet muda.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

3 dari 7 halaman

Cukupkah Membersihkan Wajah dan Tabir Surya dengan Air?

Dream - Tinggal di negara tropis mengharuskan kita untuk selalu menggunakan tabir surya dari pagi hingga sore hari. Bahkan, kita tetap harus menggunakannya ketika mendung atau hujan.

Jika tidak, kulitmu akan mengalami dampak bahaya dari paparan sinar matahari, seperti munculnya flek hitam, hiperpigmentasi, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, kamu juga harus menjaga perlindungan tabir surya dengan mengaplikasikannya setiap minimal 2-3 jam agar tetap optimal. Meski pemakaian produk tersebut bermanfaat, kamu juga harus memperhatikan cara membersihkan tabir surya agar lebih efektif.

Dikutip dari unggahan akun Instagram Dermatologis, Claudia Christin, membersihkan tabir surya dengan air saja tidak akan cukup. Hal ini berlaku ketika kamu menggunakan chemical atau mineral sunscreen.

4 dari 7 halaman

Dalam unggahan tersebut, terlihat Claudia mengaplikasikan mineral sunscreen di bagian kanan wajah dan chemical sunscreen di bagian kiri wajah.

" Aku membersihkan wajah dengan air sebanyak 3 kali setelah menggunakan tabir surya selama 3 jam," tuturnya dalam video tersebut.

Membersihkan Tabir Surya dengan Air© Instagram @funskincare

5 dari 7 halaman

Ketika menunjukkan penampilan wajahnya setelah dibersihkan menggunakan kamera ultraviolet, terlihat bahwa tabir surya yang digunakan tetap menempel di seluruh wajah.

Membersihkan Tabir Surya dengan Air© Instagram @funskincare

" Sulit untuk membersihkan tabir surya hanya dengan air. Tapi, tetap gunakan kembali tabir surya untuk mengoptimalkan perlindungannya ketika beraktivitas," ujarnya.

 

6 dari 7 halaman

Selanjutnya, ia pun membersihkan seluruh wajah dengan micellar water dan kapas. Wajahnya terlihat lebih bersih dan bebas dari tabir surya.

Membersihkan Tabir Surya dengan Micellar Water© Instagram @funskincare

Jadi jika ingin membersihkan wajah setelah menggunakan tabir surya sepanjang hari, lakukanlah double cleansing menggunakan cleansing atau micellar water dan facial wash.

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan kembali tabir surya setelah 2-3 jam pemakaian untuk mengoptimalkan perlindungannya.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

7 dari 7 halaman
Beri Komentar