Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir, Ternyata Ini Efeknya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 24 Mei 2021 17:33
Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir, Ternyata Ini Efeknya
Jangan sampai bibir kamu kehilangan kelembapannya.

Dream - Kulit kering tidak selamanya dialami di seluruh wajah. Terkadang, kulit kering dialami di beberapa bagian wajah saja.

Salah satu area wajah yang bisa mengering adalah di sekitar mulut. Area mulut cukup sensitif dibandingkan bagian wajah lainnya.

Maka dari itu, Sahabat Dream harus merawatnya secara intensif agar tetap lembap dan tidak mengalami kulit kering atau pecah-pecah.

Di samping melakukan perawatan, lakukan juga pencegahan dengan menghindari hal yang bisa menyebabkan area di sekitar mulut menjadi kering seperti dilansir dari Skincare.com berikut ini.

1 dari 5 halaman

Menjilat Bibir

Menjilat bibir bisa menyebabkan bibirmu lebih kering dari sebelumnya. Ini disebabkan oleh saliva atau air liur yang menguap setelah menjilat bibir.

Akibatnya, bibirmu kehilangan kelembapan alaminya yang menguap bersama air liur. Gunakan lip balm yang cocok dengan bibirmu saat terasa kering.

Mandi air panas

Mandi air panas kurang baik bagi kesehatan rambut dan kulit. Termasuk kulit di sekitar bibir yang bisa mengering akibatnya.

Gunakanlah air bersuhu hangat-hangat kuku agar lebih segar dan tetap aman untuk kesehatan kulit maupun rambut.

Menggunakan produk yang mengandung alkohol dan parfum

Produk yang banyak mengandung jenis alkohol tertentu dan parfum bisa menyebabkan kulit sangat kering.

Hindari lip balm, pelembap wajah, pasta gigi yang mengandung bahan tersebut, terutama jika kulitmu sensitif dan kering. (mut)

2 dari 5 halaman

Tips Menjaga Kelembapan Bibir Agar Lebih Mudah Memakai Lipstik

Dream - Memakai produk dan perawatan yang kurang tepat bisa membuat bibir mengering serta pecah-pecah.

Penampilan bibirmu akan menjadi kurang menarik dan kamu pun lebih sulit mengaplikasikan lipstik karena permukaannya kering.

Lipstik pun tidak akan bertahan lama. Apalagi, jika lipstiknya tidak membuat bibir lebih lembap. Akhirnya, penampilan bibir hancur dan permukaannya terasa sangat tidak nyaman.

Jika sudah mengalaminya, lakukan hal yang dilansir Skincare.com berikut ini agar bibirmu lembap kembali.

3 dari 5 halaman

Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu cara yang perlu dilakukan ketika bibirmu tidak sedang meradang, berdarah atau perih.

Lakukanlah ketika bibir kering dan kamu ingin menghilangkan sel kulit mati yang telah terkelupas.

Gunakan scrub bibir yang berbahan ringan dan tetap lembut. Sehingga, scrub tersebut dapat menghilangkan sel kulit mati tanpa membuat bibirmu terlalu kering.

Menjaga kelembapan

Jangan lupa gunakan pelembap, tabir surya di sekitar bibir dan pakai lip balm yang mengandung SPF agar kesehatan serta kelembapan bibirmu tetap terjaga.

Sesuaikan pelembap dengan jenis kulitmu dan jangan gunakan terlalu sedikit atau berlebihan agar kulit mendapatkan kelembapan cukup.

Minum air cukup

Minum air cukup akan membuat kelembapan kulit dan bibirmu terjaga. Sehingga, kulit bibirmu tidak mudah mengering dan pecah-pecah. Sesuaikan jumlah air yang diminum dengan aktivitasmu agar tidak dehidrasi.

4 dari 5 halaman

4 Hal yang Menyebabkan Penggelapan Bibir

Dream - Hiperpigmentasi tidak hanya terjadi pada kulit dan ditandai dengan munculnya flek hitam. Kamu pun bisa mengalaminya pada bibir.

Bibirmu dapat berubah menjadi hitam seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, bibir dapat menghitam akibat gaya hidup.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati merawat bibir agar tetap cerah, lembap, sehat dan kenyal. Dilansir dari Stylecraze, berikut beberapa penyebab bibir menggelap.

Genetik

Ilustrasi Hijab Cantik© Shutterstock

Kondisi genetik, fisiologis serta konsumsi obat-obatan tertentu bisa berpengaruh pada warna kulit bibir. Berkonsultasilah pada dokter untuk mengetahui kondisi tubuh serta pemakaian obat tertentu pada kulit.

Merokok

Ini merupakan penyebab paling umum penggelapan kulit bibir. Bahkan, terdapat penelitian yang membuktikan bahwa hampir semua perokok mengalami penggelapan pada bibir.

5 dari 5 halaman

Paparan sinar UV

Ilustrasi Hijab Cantik© Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Paparan sinar UV sangat berpengaruh pada warna kulit, termasuk di area bibir. Jika ingin mencegah penggelapan bibir, gunakanlah lip balm atau produk bibir lainnya yang mengandung SPF.

Kondisi kesehatan tertentu

Kondisi kesehatan tertentu seperti kekurangan vitamin atau anemia dapat menyebabkan penggelapan bibir. Selain itu, melasma dan sindrom tertentu juga bisa menjadi pemicunya.

Beri Komentar