4 Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 29 Juli 2020 18:33
4 Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas
Tak perlu khawatir, kamu tetap bisa menyimpan daging kurban tanpa harus memiliki kulkas.

Dream – Cara menyimpan daging kurban tak selamanya selalu menggunakan kulkas.

Jika kamu mendapat banyak daging dan tak memungkinkan untuk mengolah semuanya, kamu bisa menyimpannya untuk dimakan kemudian hari. Namun jika tidak memiliki kulkas, kamu tetap bisa menyimpan daging kurban tanpa kulkas.

Manusia sejak jaman dahulu mampu menyimpan daging tanpa bantuan teknologi apapun. Orang jaman dahulu hanya menggunakan bahan-bahan alami untuk mengawetkan daging supaya bisa dikonsumsi lebih lama.

Cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 4 cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas yang perlu kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Penggaraman

Ilustrasi© Pixabay

Cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas yang pertama adalah dengan melakukan penggaraman. Daging yang hendak disimpan ditaburi dengan butiran garam dapur lalu menyimpannya ke dalam wadah yang bersih.

Mineral yang terkandung di dalam garam terbukti dapat mengawetkan daging dan membuatnya tahan lama.

Bahkan daging yang sebelumnya dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil lalu ditaburi garam, bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya.

2 dari 4 halaman

Pengeringan

Ilustrasi© Pixabay

Dengan adanya kulkas pastinya mempermudah kita untuk menjaga daging tetap fresh dan tahan lama. Tetapi jika tidak memilikinya, cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas bisa kamu lakukan dengan cara pengeringan.

Daging yang hendak dikeringkan atau dijemur, perlu diiris tipis dan dipilih yang tidak mengandung lemak. Sebelum dikeringkan, daging juga perlu dibaluri larutan garam. Pastikan kamu mengeringkan daging dengan sempurna supaya bisa disimpan dan tahan lama.

Cara menyimpan daging kurban dengan pengeringan bahkan bisa mempertahankan daging hingga beberapa minggu bahkan bulan.

3 dari 4 halaman

Pengasinan

Ilustrasi© Pixabay

Cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas juga bisa dilakukan dengan cara pengasinan. Cara ini hampir sama dengan pengeringan. Bedanya, dalam teknik pengasinan, daging diberi larutan air garam sebelum disimpan di dalam wadah.

Caranya siapkan wadah atau toples dengan air dan larutan garam lalu masukkan daging ke dalam wadah tersebut. Pastikan daging sepenuhnya terendam air garam.

Dalam proses pengasinan, daging akan menyerap banyak larutan garam dan akan menghasilkan hidangan yang lebih beraroma.

4 dari 4 halaman

Pengasapan

Ilustrasi© Pixabay

Selain pengasinan, cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas bisa dilakukan dengan teknik pengasapan. Cara pengasapan digunakan untuk menghilangkan kelembapan karena air di dalam daging kurban.

Daging yang hendak disimpan diasapi dengan pembakaran yang dihasilkan dari tempurung kelapa, kayu, atau arang.

Setelah proses pengasapan, daging harus digantung dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas yang satu ini bisa menjaga mempertahankann kondisi dan cita rasa dari daging tersebut.

Itulah 4 cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas yang perlu kamu ketahui. Sehingga jika kamu tidak memiliki kulkas atau freezer, tak perlu berkecil hati. Karena kamu tetap bisa menyimpan daging dengan cara-cara alami seperti di atas.

Sumber: Genpi, berbagai sumber.

Beri Komentar