4 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari, Masuk di Menu Kamu?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 17 Maret 2022 09:00
4 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari, Masuk di Menu Kamu?
Tidak hanya bisa membantu mengontrol berat badan, makanan ini juga baik untuk kesehatan tubuh.

Dream - Umumnya pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari dikaitkan dengan jumlah kalori harian masing-masing orang. Cara ini bertujuan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Namun mengonsumsi jenis makanan yang sesuai dengan jumlah kalori harian belum tentu baik untuk kesehatan tubuh. Terlepas dari menjaga berat badan ideal, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Dilansir dari Pop Sugar, berikut jenis makanan yang disarankan Ahli Gizi, Mascha Davis untuk dikonsumsi minimal sehari sekali untuk memenuhi nutrisi tubuh.

1 dari 4 halaman

1. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau© Pexels

Foto: Pexels

Sayuran hijau merupakan jenis makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, jenis makanan ini kaya akan fitonutrien, antioksidan, vitamin A, C, E, serta K.

Vitamin yang terkandung dalam sayuran hijau sangat bermanfaat bagi imunitas tubuh dan dapat membuat kulitmu terlihat lebih glowing.

Menemukan makanan yang mengandung sayuran hijau pun tidak sulit. Kamu bisa mengonsumsi salad, smoothies, atau makanan lokal seperti gado-gado.

2 dari 4 halaman

2. Telur

Telur© Pexels

Foto: Pexels

Tidak hanya tinggi protein, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang sangat penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi telur secara rutin bisa meningkatkan kesehatan otak. Konsumsilah telur dengan cara direbus hingga matang untuk memenuhi asupan protein harianmu.

3 dari 4 halaman

3. Ikan

Ikan© Pexels

Foto: Pexels

Selain telur, ikan bisa menjadi makanan tinggi protein yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Ikan juga kaya akan asam lemak omega-3, vitamin D, B2, selenium, serta kalsium. Jika ingin menghindari kandungan merkuri yang tinggi, kamu bisa mengonsumsi ikan-ikan kecil.

4 dari 4 halaman

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan© Pexels

Foto: Pexels

Kacang-kacangan kerap dijadikan pilihan makanan ringan yang lebih sehat. Pasalnya, kacang-kacangan tinggi akan asam lemak omega-3 serta antioksidan.

Sehingga, mengonsumsinya secara rutin mampu meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit jantung. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan protein dan serat serta menunda rasa lapar dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

Laporan: Abinsha Nurmaulida

Beri Komentar