Hindari Santap 5 Makanan Ini Mentah-mentah

Reporter : Ervina
Sabtu, 3 Januari 2015 16:05
Hindari Santap 5 Makanan Ini Mentah-mentah
Kelima makanan berikut justru dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Apa saja kelima makanan tersebut?

Dream - Memakan makanan mentah memang baik, karena kandungan zat gizi di dalamnya tidak hilang dalam proses memasak. Namun, ada beberapa jenis makanan yang harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Mengingat, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah maka kemungkinan adanya bakteri, parasit, dan virus justru bisa membahayakan kesehatan tubuh. Mengutip laman Boldsky, setidaknya ada lima makanan yang dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi mentah.

Terong
Warna ungu yang menggugah selera sayuran ini nampak enak dijadikan lalapan. Ternyata, kandungan senyawa yang disebut solanin justru bisa membahayakan jika dimakan mentah. Solananin bisa membuat perut terasa mual, kram, diare dan pusing.

Kentang
Pernahkan Anda mendapati warna hijau di bagian dalam daging kentang? Solanin berupa warna hijau mengindikasikan racun kentang. Semakin banyak warna kentang maka semakin tinggi jumlah solanin dan racun chaconine yang bisa berujung kematian.

Kacang-kacangan
Buncis dan beberapa jenis kacang-kacangan memiliki kandungan glikosa sianogen yang merupakan sejenis asam amino beracun. Agar terhindar dari racun, sebaiknya rebus atau kukus kacang-kacangan ini.

Kacang Merah
Khasiatnya sebagai makanan penambah darah justru bisa berbalik berbahaya jika dikonsumsi mentah. Kandungan racun lektin pada kacang merah bisa memicu rasa mual selama berjam-jam.

Ayam
Agar bakteri dan parasit yang kemungkinan hidup di dalam tubuh ayam bisa mati, dianjurkan untuk memasak minimal dalam temperatur 75 derajat Celcius. (Ism)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara