Hindari Simpan Kentang dalam Kulkas, Bisa Bikin Kanker

Reporter :
Jumat, 26 Oktober 2018 09:01
Hindari Simpan Kentang dalam Kulkas, Bisa Bikin Kanker
Temperatur dingin di kulkas membuat pati yang ada di kentang berubah menjadi gula.

Dream - Bagi sebagian orang, menaruh kentang di lemari es merupakan hal yang biasa. Alasannya kesegaran kentang akan tetap terjaga dan terhindar dari pembusukan.

Namun mulai saat ini sebaiknya menghentikan kebiasaan itu. Penelitian dari American Cancer Society menemukan fakta mengejutkan soal kanker yang disimpan di lemari es. 

Kentang yang disimpan di lemari es ternyata bisa memicu tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Pemicunya, temperatur dingin di kulkas kemungkinan membuat pati yang ada di kentang berubah menjadi gula.

Dalam laporannya, American Cancer Society menyebutkan kentang yang dimasak di temperatur 121 derajat celcius, kandungan gula akan tercampur dengan asam amino asparagin dan menghasilkan zat kimia yang disebut dengan Akrilamida.

Dikutip dari RD.com, Akrilamida merupakan bahan kimia yang biasa digunakan untuk membuat kertas, kardus dan plastik, sama seperti bahan untuk menjernihkan air dan kotoran.

Jadi, seberapa bahayanya akrilamida?

 

1 dari 1 halaman

Efek Mengerikan Kandungan Akrilamida

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bahan kimia ini dapat mengakibatkan gangguan ginjal, endometrium hingga kanker ovarium.

Sebuah penelitian lain juga menunjukan bahwa, bila tidak mendinginkan kentang dan tidak memasak kentang sampai kecokelatan dapat mengurangi kandungan Akrilamida.

Nah, mulai sekarang cukup simpan kentang di lemari atau di dapur saja.

(Sah,Laporan Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya