Penyebab Lidah Terasa Sakit dan Gatal Usai Makan Nanas

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 23 September 2019 17:12
Penyebab Lidah Terasa Sakit dan Gatal Usai Makan Nanas
Benarkah mulut sakit atau lidah gatal usai makan nanas karena alergi?

Dream - Kamu pernah makan buat nanas? Saat cuaca terik seperti beberapa minggu ini, buah berwarna kuning ini memang paling cocok buat melepas panas dan dahaga. 

Namun, pernahkah kamu merasakan mulut menjadi gatal setelah kita mengkonsumsi nanas. 

Banyak orang yang menggangap rasa sakit di mulut dan gatal di lidah disebabkan oleh alergi terhadap nanas. Anggapan itu tak sepenuhnya salah. Tapi bukan itu satu-satunya penyebab mulut gatal setelah makan nanas.

Melansir World Of Buzz, dalang dari keluhan mulut sakit atau lidah gatal usai makan nanas adalah enzim alami yang disebut Bromelain.

1 dari 5 halaman

Cara Kerja Bromelain

Enzim Bromelain bekerja memecah protein dalam tubuh, termasuk protein kolagen yang terdapat dalam jaringan lidah, bibir, dan pipi bagian dalam.

Efek dari Bromelain inilah yang kemudian menimbulkan rasa gatal dan sakit. Selain itu, lidah mungkin juga sedikit membengkak setelah makan nanas.

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir. Tubuh kita memiliki cara tersendiri untuk mengatasi gatal karena Bromelain.

Mulut akan meregenerasi kulit baru dan menyembuhkan sendiri dalam waktu yang cukup cepat, kadang-kadang bahkan dalam beberapa jam saja. Jadi rasa gatal itu mungkin bisa hilang esok hari.

2 dari 5 halaman

Baik dan Buruk Untuk Tubuh

Bromelain ternyata tak hanya menjengkelkan. Enzom ini baik untuk tubuh. Sifat antiperadangan Bromelain berperan memperbaiki kerusakan sel akibat infeksi bakteri, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih baik.

Sifat antiperadangan Bromelain juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar karena membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Enzim Bromelain yang bekerja cepat memecah protein dapat mengurangi gejala sembelit dan rasa mual setelah makan.

Oleh karena itu, jika sakit atau gatal adalah efek samping aneh yang kamu rasakan setelah makan nanas, tak perlu khawatir. Tidak perlu memasukkan nanas dalam daftar alergi Anda.

Namun, perlu diingat bukan berarti Bromelain sepenuhnya tidak berbahaya. Enzim ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah, obat penenang, obat anti kejang, antidepresan, dan obat-obatan insomnia.

Jika Bromelain dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan diare, mual, dan muntah. Jadi, jika sensasi setelah makan nanas terasa begitu sakit lebih baik berhenti sama sekali.

3 dari 5 halaman

Nanas Bikin Keguguran, Mitos Atau Fakta?

Dream - Mengonsumsi buah nanas selama kehamilan menjadi salah satu pantangan dalam masyarakat Asia, khususnya Indnesia dan Malaysia.

Banyak orang meyakini bahwa kandungan dalam nanas dapat mengganggu pertumbuhan janin di dalam rahim hingga menyebabkan keguguran.

Salah satu kandungan dalam nanas yang dipercaya bisa menyebabkan keguguran adalah Bromelain. Zat ini merupakan kombinasi enzim yang bersifat menguraikan protein (proteolitik), yang berasal dari bagian tengah nanas.

Karena kemampuannya untuk menguraikan protein itulah, Bromelain sering digunakan untuk melunakkan daging.

Itulah sebabnya saat makan di restoran, daging yang jika dimasak biasa di rumah keras akan terasa sangat lembut.



4 dari 5 halaman

Menyebabkan Keguguran?

Ada mitos yang mengatakan Bromelain dapat menyebabkan keguguran karena kemampuannya untuk menguraikan protein.

Katanya, Bromelain bisa menyebabkan protein di tubuh bayi menjadi membusuk sehingga terjadi keguguran.

Ada juga yang mengatakan Bromelain menguraikan protein di bagian leher rahim (serviks). Akibatnya, serviks menjadi lemah.

Tetapi tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi nanas dapat menyebabkan keguguran. Sampai saat ini, penggunaan bromelain memiliki tingkat toksisitas yang rendah. (eko)

5 dari 5 halaman

Lantas, Keguguran Terjadi karena Apa?

Mayoritas keguguran sebenarnya disebabkan oleh masalah genetika. Maksudnya, ketika terjadi pembuahan atau janin sedang tumbuh, terjadi mutasi atau kerusakan genetika.

Hal inilah yang menyebabkan bayi tidak bisa melanjutkan kehidupannya. Karena masalah genetika itu, tubuh akan menggugurkan bayi dengan sendirinya.

Jadi, tidak ada studi yang menunjukkan bahwa nanas menyebabkan keguguran. Jika wanita hamil ingin makan nanas silakan saja.

Tetapi jika merasa khawatir akan terjadi keguguran, sebaiknya menghindari mengonsumsi nanas. (eko)

Beri Komentar