Mengenal Kungfu Cha, Teknik Penyeduhan Teh Khas China

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 17 Oktober 2019 09:36
Mengenal Kungfu Cha, Teknik Penyeduhan Teh Khas China
Teh ini terbagi lagi ke dalam berbagai jenis dengan aneka citarasa.

Dream - Tradisi minum teh telah menjadi budaya di berbagai belahan dunia. Setiap wilayah memiliki teknik pengolahan teh dengan ciri khas masing-masing.

Teh diproses dari pucuk tanaman yang masih segar dan melewati berbagai proses hingga dapat dikonsumsi. Layaknya kopi, teh juga dipanggang dengan tingkat kematangan tertentu.

Salah satu negara penghasil teh terbaik adalah Taiwan, dengan jenis teh oolong yang melalui proses semi fermentasi. Teh ini terbagi lagi ke dalam berbagai jenis dengan aneka citarasa.

 Teh

" Pucuk teh yang diperoleh dari kaki gunung cenderung punya aroma dan rasa lebih kuat, namun teksturnya kasar. Teh oolong terbaik dipetik dari perkebunan dataran tinggi. Rasa dan aromanya lebih light," ujar tea master Suwarni Widjaja di acara Taiwan The Muslim Friendly Destination, Jakarta, Rabu 16 Oktober 2019.

Daun teh yang siap saji disajikan dalam upacara minum teh. Kegiatan ini dilakukan untuk bersantai ataupun memperingati perayaan penting. Sama seperti Jepang, upacara teh di Taiwan punya teknik dan aturan khusus.

1 dari 2 halaman

Teknik Kungfu Cha

Masyarakat Taiwan memakai teknik Kungfu Cha dalam menyajikan teh tradisional. Kungfu Cha dalam bahasa Inggris artinya Action Tea, karena teh diseduh dengan memakai banyak tahap dan gerakan.

" Pertama-tama, poci dan perangkat minum teh harus disterilkan. Pemilihan poci juga tidak sembarangan. Semakin tua poci, semakin lezat rasa teh," jelasnya.

 Teknik Penyeduhan Teh Khas China

Poci tidak boleh dicuci memakai sabun, melainkan hanya memakai air panas. Suhu tidak boleh terlalu panas atau dingin, yakni tepat 80 derajat celcius.

Diperlukan dua jenis poci berukuran kecil dan besar. Poci kecil diletakkan di atas wadah dan disiram memakai air panas dari poci besar. Sekujur poci harus ikut tersiram untuk menstabilkan suhu bagian luar dan dalam poci.

 Teknik Penyeduhan Teh Khas China

Selanjutnya teh diseduh di dalam poci kecil, disiram dengan air yang dituang dari poci besar. " Saat menuang tidak boleh terlalu dekat. Diseduh 20 detik sebanyak tiga kali dengan gerakan berputar agar seduhannya merata."

2 dari 2 halaman

Cara Minum Teh

Teh yang telah diseduh sebanyak tiga kali kemudian dituang ke dalam gelas. Suwarni memakai gelas jenis tabung dan cawan. Jangan langsung diminum, ada cara khusus untuk menikmati chinese tea.

" Cangkir yang besar (tabung) tidak boleh diminum. Hanya untuk mencium aroma teh. Dihirup pelan-pelan untuk meditasi sebelum dituang ke cawan kecil," tuturnya.

 Teknik Penyeduhan Teh Khas China

Teh di cawan kecil dapat segera diminum selagi hangat. Posisikan tangan kanan di atas tangan kiri ketika mengangkat cawan.

Sahabat Dream yang memakai lipstik harus berhati-hati. Di Taiwan, meninggalkan noda lipstik adalah hal yang tidak sopan. " Tidak hanya di cangkir teh, tapi semua perabotan makan. Harus dibersihkan, diusap memakai dua jari dan tisu."

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie