Tips & Trik Traveling ke Taiwan dengan Budget Terbatas

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 29 November 2022 07:02
Tips & Trik Traveling ke Taiwan dengan Budget Terbatas
Mulai dari penginapan, transportasi, wisata, hingga kuliner, bisa kamu dapatkan sesuai budget.

Dream - Siapa bilang traveling ke luar negeri harus menyiapkan budget super besar?

Sahabat Dream dapat sesuaikan kantong untuk kehidupan sehari-hari selama melakukan perjalanan di negara tujuan. Misalnya ke Taiwan, negara Asia Timur, yang dapat kamu nikmati keindahannya wisatanya.

Secara umum, biaya penginapan di Taiwan relatif tinggi, tetapi kamu bisa dapatkan makanan murah dan lezat yang berlimpah, transportasi umum yang murah, akses masuk gratis ke tempat rekreasi, dan festival gratis sepanjang tahun.

Di artikel ini kamu bisa ketahui tips dan trik berpelesir di Taiwan dengan budget ketat. Simak sampai akhir, ya!

Saat kamu sampai di Bandara Internasional Taoyuan, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang ada setiap 15 menit hingga satu jam sekali ke pusat kota Taipei dari Bandara Internasional Taoyuan. Tergantung pada titik drop-off, perjalanan bisa memakan waktu mulai dari 50 hingga 80 menit.

1 dari 5 halaman

Selain itu, kamu bisa gunakan transportasi umum lain seperti MRT Bandara yang akan mengantar kamu ke pusat kota dalam waktu kurang dari 40 menit, dengan kereta yang tiba seperti jarum jam setiap 10 menit.

Anak-anak di bawah enam tahun (atau 115cm) dapat naik MRT secara gratis. Sama untuk kereta berkecepatan tinggi dan kereta antar kota, asalkan kamu memangkunya.

Jika si kecil ingin duduk sendiri, maka kamu bisa membeli tiket anak dengan setengah harga untuk anak berusia antara enam dan 12 tahun (atau 115cm hingga 150cm).

Agar perjalanan makin lancar, jangan lupa juga untuk membuat EasyCard, yaitu kartu pintar yang sebagian besar digunakan untuk membayar transportasi umum dan pembelian di toko.

Biayanya NT$100 atau sekitar Rp50 ribuan dan kamu bisa top-up saldo sesuka hati. Dengan kartu ini akan membuat kamu jadi lebih mudah saat ingin berpindah-pindah transportasi umum, jangan lupa selalu cek biaya perjalanan dengan kartu ini karena akan ada potongan di setiap perjalanannya.

Saat kamu ingin naik transportasi umum di Taiwan, kamu juga harus mengunduh aplikasi transportasi untuk melihat rute dan harga sebelum kamu naik. 

2 dari 5 halaman

Isi hari-hari kamu dengan atraksi gratis

Ketika berkunjung ke negara orang, rasanya ada yang kurang kalau belum datang ke tempat bersejarahnya. Kamu bisa berkunjung ke kuil Taiwan yang ada 15.000 mulai dari pemujaan alam hingga pemenang penghargaan UNESCO secara gratis.

Sementara sebagian besar museum besar mengenakan biaya masuk seperti Museum Seni Rupa, Museum Sastra Taiwan, dan Museum Hak Asasi Manusia.

Menggunakan kapal feri yang bertarif NT$30 atau Rp15 ribuan ini akan membawa kamu dari Kaohsiung ke Pulau Cijin di mana kamu bisa melihat sejarah, pantai, dan matahari terbenam.

Ilustrasi© Shutterstock

Nikmati kolam renang umum gratis

Taiwan adalah salah satu tujuan pemandian air panas yang sangat terkenal di Asia. Yangmingshan memiliki kolam renang umum gratis yang telah didatangi para pejalan kaki sehabis mendaki. Di area resor mata air panas Beitou, Pemandian Air Panas Umum Beitou memiliki harga paling murah (NT$40 atau Rp 20ribuan).

3 dari 5 halaman

Soal kuliner, perut dan kantong bakal aman

Untuk makanan, kamu tidak perlu khawatir dengan harga mahal karena Taiwan penuh dengan makanan murah dan enak hanya dengan NT$80 atau Rp40 ribuan, lebih rendah di Kaohsiung dan Tainan.

Jika kamu ingin memiliki pengalaman unik, kunjungilah pasar malam, berbagai macam makanan bisa kamu dapatkan dengan harga murah di bazaar jalanan ini, mulai dari makarel goreng hingga smoothie buah.

Kalau kamu ingin membeli Kopi, maka kamu bisa ke toko serba ada karena di sana akan jauh lebih murah. Jangan lupa untuk membawa botol air minum sendiri karena kamu dengan mudah menemukan pengisian air di semua stasiun metro dan kereta api, museum, kuil, perpustakaan, pusat informasi, hostel, dan hotel.

Akomodasi lebih besar daripada transportasi

Biaya akomodasi relatif tinggi di Taiwan, dibandingkan dengan makanan dan transportasi. Kamu bisa dapatkan penginapan dengan harga Rp250 ribu sampai Rp405 ribuan per malam untuk enam hingga 10 kamar susun. Jangan lupa dapatkan harga rendah untuk pemesanan di pertengahn minggu.

Tapi jika kamu menginginkan yang lebih privasi lagi, kamar pribadi di hotel dapat ditemukan dengan biaya sekitar Rp800 ribuan sampai Rp1,1 jutaan.

Sumber: Lonelyplanet, Laporan: Rena Safira

4 dari 5 halaman

New York Geser Hong Kong Jadi Pusat Perbelanjaan Termahal di Dunia

Dream - New York, Amerika Serikat (AS), menggeser Hong Kong sebagai distrik perbelanjaan termahal di dunia tahun 2022. Pergeseran titel ini terjadi di tengah perlambatan ekonomi dan kurangnya pengunjung internasional ke Hong Kong karena Covid-19.  

Distrik Tsim Sha Tsui Hong Kong yang berada di peringkat pertama sejak 2019, tergeser ke posisi dua oleh distrik Fifth Avenue di Manhattan.

Menurut laman SCMP, perusahaan real estate global Cushman & Wakefield menyebut harga sewa di distrik Tsim Sha Tsui turun 41 persen mejadi US$1.436 dolar atau sekitar Rp22,5 juta per kaki persegi pada periode yang sama.

Sementara itu, sewa rata-rata di Fifth Avenue atas sendiri melonjak 14 persen jadi US$2.000 dua atau sekitar Rp31,3 juta per kaki persegi pada kuartal ke tiga, dibandingkan dengan tingkat pra-pandemi.

Sewa di distrik perbelanjaan utama Hong Kong lainnya, Causeway Bay, turun tujuh persen selama setahun terakhir dan 49 persen sejak sebelum pandemi menjadi US$1.292 dolar atau sekitar Rp20,2 juta per kaki persegi. 

Direktur eksekutif dan kepala layanan ritel Cushman di Hong Kong, Kevin Lam, berkata, " Toko-toko kosong mendominasi di dua distrik perbelanjaan tradisional Hong Kong karena kedatangan turis daratan di Hong Kong masih pada tingkat yang sangat rendah."

4 Artis Indonesia Pernah Mejeng di Times Square New York, Terbaru Raisa

" Dengan latar belakang, kami telah melihat perubahan bauran perdagangan di lokasi ritel utama," tambah Lam, mengutip transisi di Causeway Bay dari pengecer mewah ke toko yang melayani kebutuhan gaya hidup dan pengeluaran lokal.

5 dari 5 halaman

Hong Kong juga telah melonggarkan kebijakan perbatasan mereka pada bulan ini. Aturan terbaru sementara hanya berlaku untuk wisatawan turis asing yang masuk ke negara itu. 

Freddy Yip Hing-ning, presiden Asosiasi Pemilik Agen Perjalanan Hong Kong, menyoroti belum ada kelompok wisata yang datang ke kota itu. 

" Butuh satu atau dua bulan untuk melihat hasilnya, karena negara-negara lain telah melonggarkan pembatasan bagi wisatawan," katanya. 

Ketua TIC Gianna Hsu Wong Mei-lun berharap melihat tur kelompok yang lebih kecil, masing-masing sekitar 10 hingga 20 anggota, dari negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Singapura dan Malaysia, ketika pengaturan baru pertama kali dimulai. (Liputan6.com)

Laporan: Rena Safira

Beri Komentar