Pilihan Minyak Paling Sehat untuk Menggoreng

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 8 Oktober 2019 19:45
Pilihan Minyak Paling Sehat untuk Menggoreng
Pertimbangkan untuk menggunakan minyak berikut demi hidangan yang lebih sehat.

Dream - Gorengan selalu jadi camilan favorit. Rasanya yang gurih dengan tekstur garing, membuatnya juga bisa dijadikan lauk.

Meski demikan mengonsumsi gorengan sebaiknya tak dilakukan setiap hari. Hal ini lantaran kandungan minyak yang tinggi dan dalam jangka panjang bisa memicu sederet masalah kesehatan, seperti meningkatkan level kolesterol jahat dalam tubuh.

Salah satu cara menyiasati membuat gorengan lebih sehat adalah dengan menggunakan minyak yang sehat. Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan minyak sawit untuk menggoreng makanan.

Minyak ini memang memiliki harga yang sangat terjangkau dan membuat makanan jadi lebih nikmat. Sebenarnya ada pilihan minyak goreng lain yang lebih sehat.

Bagi Sahabat Dream yang ingin menerapkan hidup sehat, beberapa minyak berikut mungkin bisa jadi pilihan.

1 dari 7 halaman

Pertimbangkan titik asap minyak

Sulit mengatakan minyak mana yang tepat untuk menggoreng. Satu hal yang pasti, minyak yang sudah lama atau minyak bekas, yang pasti sangat tidak sehat untuk digunakan. Sementara, minyak paling sehat untuk menggoreng sangat bergantung pada kemampuannya untuk menahan suhu tinggi.

Sayur goreng© Shutterstock

Titik asap sangat penting dalam memilih minyak yang sehat, yaitu suhu di mana minyak mulai membakar dan mematangkan. Nah, ketika minyak dipanaskan melewati titik asapnya, lemak mulai rusak.

Proses ini menghasilkan asap, serta menghilangkan bau dan rasa. Apa yang sebenarnya terjadi adalah minyak melepaskan senyawa berbahaya, termasuk karsinogenik, radikal bebas penyebab kanker. Itu berarti titik asap minyak pada akhirnya mempengaruhi seberapa sehat minyak goreng untuk tubuh. Satu hal yang tidak dilakukan adalah menggunakan kembali minyak goreng.

2 dari 7 halaman

Apa minyak paling sehat untuk menggoreng?

Jenis minyak yang menyehatkan jantung seperti minyak safflower dan rice bran oil sangat direkomendasikan sangat sempurna karena dapat menahan suhu penggorengan hampir 500° Fahrenheit.

Kunci Menggoreng Dada Ayam Nikmat, Bebas Alot© MEN

Bisa juga menggunakan minyak kacang dan minyak bunga matahari jika menggoreng pada suhu 450 ° F, atau minyak canola dan minyak sayur untuk menjaga suhu sekitar 400°F.

3 dari 7 halaman

Apa minyak paling sehat untuk menumis?

Tumis Daun Gingseng Obati Berbagai Penyakit© MEN

Menumis tidak akan membuat makanan renyah seperti menggoreng. Penggunaan minyak jauh lebih sedikit. Menumis juga membutuhkan suhu yang lebih rendah. Idealnya titik asap pada 350 ° F atau lebih rendah. Minyak sehat untuk menumis bisa gunakan minyak canola, dan minyak zaitun.

Sumber: RD

 

 

4 dari 7 halaman

Nasi Goreng Tak Terlalu Berminyak, Coba 4 Trik Ini

Dream - Nasi goreng boleh dibilang salah satu menu favorit orang Indonesia. Tak hanya orang Indonesia, menu dengan bahan utama nasi ini juga terkenal di kalangan turis bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Sajian ini termasuk menu yang cukup mudah dimasak. Kerap ada di menu hotel bintang lima hingga kaki lima.

Kualitas rasanya juga beragam dan sangat bergantung dari teknik memasaknya. Nasi goreng yang enak adalah yang takaran bumbunya pas, teksturnya tak terlalu lembek dan tentunya tak banyak minyak.

Makan nasi goreng yang banyak minyak tentunya sangat tidak enak. Nah, ada trik memasak nasi goreng nikmat meski tanpa banyak minyak.

5 dari 7 halaman

Wajan Tebal

Wajan dari besi yang tebal bisa membuat nasi goreng matang merata. Nasi goreng yang dimasak pun tidak akan mudah menggumpal.

Resep Kreasi Nasi Goreng Tom Yam© MEN

Minyak yang digunakan juga bisa tercampur lebih rata dan memudahkan kita membuat takaran minyak yang pas dalam pembuatannya.

6 dari 7 halaman

Tambahkan Bahan yang Teksturnya Kering

Jika akan menggunakan sayuran, pastikan sudah benar-benar tiris. Daging dan sosis yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu basah atau berminyak.

Resep Nasi Goreng Sehat Ala Chef Marinka© MEN

Bila menggunakan telur, kita bisa memasukkan telur setelah bumbu ditumis agar serapan minyaknya bisa lebih sempurna.

7 dari 7 halaman

Gunakan Api Besar

Bila melihat abang-abang penjual nasi goreng keliling, kita sering menjumpai proses memasak nasi goreng dengan api besar.

Diracik 150 Koki, Nasi Goreng Bakal Manjakan Lidah Raja Salman© MEN

Nasi goreng bisa cepat matang dengan tekstur yang pas saat kita menggunakan api yang cenderung besar. Tapi bila kita khawatir nasi akan cepat gosong, kita bisa memanaskan wajan terlebih dahulu baru menumis bumbu nasi goreng.

Kita bisa mengganti minyak sayur dengan mentega untuk menumis bumbu nasi goreng. Penggunaan mentega bisa membantu mencegah nasi goreng agar tidak terlalu berminyak.

Hanya mungkin rasanya memang akan jadi lebih gurih dan agak pekat bila menggunakan mentega.

Beri Komentar