7 Kreasi Minuman Kaya Warna Sambut HUT Kemerdekaan, Pakai Bahan Rempah Nusantara

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 16 Agustus 2022 18:12
7 Kreasi Minuman Kaya Warna Sambut HUT Kemerdekaan, Pakai Bahan Rempah Nusantara
Djournal Coffee menggandeng, Swara Gembira, untuk berkolaborasi bersama mengeluarkan 7 minuman dengan cita rasa nusantara

Dream - Indonesia terkenal sebagai surga rempah sejak dahulu kala. Bahkan rempah pula yang membuat Indonesia menjadi incaran banyak negara yang ingin menguasainya karena menjadi komoditas mahal di masa lampau.

Kekayaan rempah itu dapat terlihat dari beragam hidangan dan minuman yang bisa ditemui di banyak daerah di Nusantara. Dari Sabang sampai Marauke, masing-masing daerah di Indonesia memiliki berbagai macam hidangan khas daerahnya. 

Walau sejak lama menjadi kekayaan yang tak ternilai harganya, saat disayangkan masih banyak anak muda yang tidak terlalu peduli dengan budaya asli Indonesia. Mereka merasa lebih bangga ketika mencicipi hidangan kekinian yang kandungannya belum tentu menyehatkan tubuh. 

Menyambut kemerdekaan Indonesia, Swara Gembira, sebuah gerakan generasi muda yang telah hadir sejak tahun 2017, mencoba menghidupkan kembali kebanggaan akan rempah Indonesia itu melalui ragam minuman yang dikemas dan diolah alas anak kekinian.

1 dari 3 halaman

Terkenal sebagai gerakan yang melahirkan banyak revolusi budaya Indonesia, bahkan menjadi dalang kampanye berkain di Indonesia, Swara Gembira kali ini mulai bereksperimen dengan boga khas Nusantara.  

“ Swara Gembira ingin banyak berbicara tentang boga, jadi tidak hanya berbicara tentang wastra,” ungkap Rifan Rahman, Direktur Utama Swara Gembira, Jakarta, 16 Agustus 2022. 

Bertepatan dengan momen kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Swara Gembira bersama dengan Djournal Coffee, mengeluarkan ‘Nusa Rasa Oat Series’. 

2 dari 3 halaman

Hidangan berupa tujuh minuman ini hadir dalam rupa 6 racikan kopi dan 1 minuman coklat khas Sumba. Seluruhnya terbuat dari susu gandum yang menjadi bahan utama pembuatannya. 

R&D Manager Djournal, Sendy Djaja mengatakan rangkaian racikan minuman ini lahir karena rasa penasaran untuk menginterprestasikan keindahan warna-warna kain nusantara yang diperkenalkan Swara Gembira ke dalam minuman. 

Tanpa menghilangkan identitasnya, minuman-minuman ini terinspirasi wastra atau kain Indonesia, yang memiliki corak kain dengan memadukan warna ungu, hijau, cokelat, dan putih.

3 dari 3 halaman

© Foto: Shania Suha Marwan

Penasaran dengan minumannya? Berikut 7 minuman yang bisa dipesan dari tanggal 8 Agustus hingga akhir September nanti!

  • Kayu Manis Shaken Oat: merupakan percampuran dari aroma rempah pilihan, yang terinspirasi dari kopi rempah Sumatera, dengan oatmilk dan espresso. 
  • Klepon Oat Macchiato: Aroma pandan dan oatmilk bersama espresso, yang ditambahkan dengan kelapa kering yang sudah dicampur bersama Gula Nusantara membuat rasa minuman ini jadi seimbang, dan cocok untuk kamu yang tak suka minuman manis. 
  • Sari Kaya Oat Latte: Gurihnya rasa sari kaya bercampur dengan esspreso dan oatmilk, membuat kopi yang terinspirasi dari kopi sanger, terasa sangat kompleks. 
  • Batavia Oat Esspreso: Merupakan pencampuran dari susu gandum, esspreso dan gula nusantara khas Djournal, yang tak perlu diragukan lagi perpaduannya. 
  • Ubi Ungu Oat Latte: Rasa manis yang didapatkan dari ubi ungu atau talas, dengan warna yang sangat indah, membuat kopi dengan campuran sirup talas dan susu gandum ini memiliki penampilan yang cantik, dengan rasa yang enak. 
  • Kakao Oatmilk: Jika kamu tidak suka kopi, kamu bisa mencoba minuman yang terbuat dari 70% kakao khas Sumba, yang dipadukan bersama susu gandum, sehingga memiliki rasa manis yang pas. 
  • Pandan Batavia Oat Latte: Terakhir ada kopi yang dipadukan bersama sirup pandan, gula nusantara dan susu oatmilk, yang memiliki rasa manis dengan aroma pandan yang Indonesia banget.  

 

Beri Komentar