Tren Telur Vegan, Terbuat dari Bahan Nabati

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 2 September 2022 13:36
Tren Telur Vegan, Terbuat dari Bahan Nabati
Cocok untuk kamu yang hanya mengonsumi makanan dari bahan nabati.

Dream - Telur ayam termasuk sumber protein favorit banyak orang. Kandungan nutrisinya sangat tinggi, bikin kenyang dan mudah diolah dan dijadikan kreasi menu.

Bagi mereka yang tak mengonsumsi bahan makanan hewani, telur termasuk yang dihindari. Kini, rupanya muncul tren produk telur vegan. Tentunya bukan terbuat dari telur ayam biasa, tapi dari bahan-bahan nabati.

Telur vegan diproses dengan mencampur ekstrak hijau dan kedelai, kacang polong, kacang polong, buncis, dan semua sumber tanaman lainnya. Sedikit kunyit ditambahkan untuk meniru warna kuning telur ayam.

Telur vegan cair menyerupai kuning telur dan dapat dibuat berbagai hidangan seperti telur biasa. Dari telur orak-arik hingga telur dadar, telur vegan dapat digunakan dalam bentuk apa pun. 

1 dari 4 halaman

Level Nutrisi

Telur vegan ini memang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai telur ayam biasa baik dalam tampilan, tekstur, dan bahkan rasanya.

Telur ini kerap jadi pilihan bagi mereka yang vegetarian. Untuk di Indonesia sendiri, telur vegan kerap dijual di toko yang khusus memasarkan produk plant-based atau di e-commerce.

Vegan egg© Shutterstock

Penting diingat, meskipun tampilan dan rasanya mirip dengan telur ayam biasa, level gizinya berbeda. Tingkat proteinnya berbeda, begitu juga nutrisi lainnya. Bila mengonsumsinya, pastikan juga mendapat asupan protein lain agar kebutuhan tubuh terpenuhi dengan optimal.

Sumber: TimesOfIndia

2 dari 4 halaman

Unik, Tumisan Telur Puyuh Disiram Cola

Dream - Minuman bersoda seperti Coca Cola kerap digunakan untuk membuat masakan. Rasa manisnya bisa memperkaya rasa, yang tentunya membuat semakin nikmat. Biasanya, cola dipakai untuk membuat masakan ayam atau daging.

Ada juga kreasi telur yang dibuat menggunakan cola sebagai pemanis, yaitu telur puyuh. Pemilik akun Instagram @makanteruss membagikan resep simpelnya. Cocok untuk Sahabat Dream penyuka telur dan masakan praktis.

© Dream

 

Bahan:
- 250 gram telur puyuh
- 2 batang daun bawang (potong memanjang dan iris halus)
- 1 sendok makan saus tiram
- Coca cola secukupnya
- Garam secukupnya
- Cuka secukupnya
- Minyak untuk menumis
- Wijen untuk taburan

 

3 dari 4 halaman

Cara membuat:

Telur puyuh© Shutterstock

- Rebus telur puyuh, tambahkan garam dan cuka
- Kupas telur setelah matang sempurna
- Panaskan wajan, tuang sedikit minyak, tumis telur hingga kecokelatan
- Tambahkan saus tiram, potongan memanjang daun bawang dan cola
- Diamkan hingga airnya menyusut
- Taburi dengan wijen dan tambahkan lagi daun bawang yang sudah diiris halus

4 dari 4 halaman

Lihat Videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ANDRE SARWONO (@makanterusss)

Beri Komentar