Saudi Berencana Terbitkan Sukuk Global Terbesar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 Januari 2017 13:02
Saudi Berencana Terbitkan Sukuk Global Terbesar
Surat utang syariah ini akan dirilis dalam waktu dekat.

Dream – Arab Saudi akan merilis sukuk global dalam jumlah terbanyak di dunia. Instrumen keuangan syariah ini akan dirilis pada awal Februari.

Dilansir dari Financial Times, Kamis 12 Januari 2017, sukuk ini merupakan alternatif pembiayaaan di tengah lesunya harga minyak dunia.

Arab Saudi—sebagai negara eksportir minyak—terdampak karena pengaruh harga minyak dunia yang anjlok. Penurunan harga minyak dunia membuat penerimaan negara dari minyak dan gas bumi berdampak pada penerimaan negara.

Sejak tahun 2014, pemerintah negara tersebut mulai menghemat anggaran belanja dan membuat rencana initial public offering (IPO) pada BUMN minyak dan gas bumi, Saudi Aramco.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa jumlah surat utang syariah yang akan dirilis oleh Arab Saudi.

Global Head of Islamic Finance di Fitch Ratings, Bashar al-Noor, mengatakan diversifikasi sumber pembiayaan, wajar dilakukan di negara berkembang. Tapi, diversifikasi menjadi hal yang penting bagi negara eksportir minyak seperti Arab Saudi, terlebih ketika harga minyak dunia terjun bebas.

Negara Teluk seperti Arab Saudi, Qatar, dan Bahrain kini berpaling ke pasar modal untuk mencari alternatif pembiayaan di pasar modal. Bashar mengatakan, sukuk yang dikeluarkan oleh negara-negara Teluk tersebut bisa menumbuhkan pasar sukuk.

Beri Komentar