Saudi Ingin Bangun Pusat Makanan Halal Terbesar Sedunia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 26 Juli 2018 11:15
Saudi Ingin Bangun Pusat Makanan Halal Terbesar Sedunia
Dengan pusat makanan halal, Arab Saudi bisa menjadi pemimpin di industri makanan halal.

Dream – Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi berencana mendirikan pusat produk makanan halal terbesar di dunia. Perubahan ini mencerminkan upaya Arab Saudi untuk melayani umat Muslim di seluruh dunia.

Dilansir dari Salaam Gateway, Kamis 26 Juli 2018, Direktur Eksekutif Otoritas Makanan dan Obat Saudi, Hisham Al Jadhaee, mengatakan inisiatif ini bertujuan untuk mendirikan pusat makanan lengkap yang sejalan dengan Visi Kerajaan 2030

“ Ini akan menggarisbawahi peran kerajaan di Arab dan dunia Islam serta posisi strategisnya yang menghubungkan tiga benua,” kata dia kepada harian Al-Hayat.

Hisham mengatakan pusat makanan halal berkualitas di dunia sangat diperlukan. Dia juga optimistis produk-produk makanan halal akan diterima oleh orang-orang di seluruh dunia.

Proyek ini akan menjadikan Arab Saudi sebagai “ pemimpin” untuk makanan halal.

Pusat makanan halal juga akan menyediakan beragam jasa, termasuk penerbitan sertifikat halal bagi produk makanan dan institusi. Dia berkata pusat produk makanan halal akan melakukan penelitian dan kajian kerja sama dengan universitas dan pusat penelitian.

Dia mengatakan ada tiga strategi yang diterapkan oleh pusat makanan halal. Pertama, produk impor dari pusat harus mengikuti kondisi halal serta mengembangkan standar dan spesifikasi kualitas. Kedua, pusat ini akan menjadi perwakilan untuk industri makanan halal dunia, memberikan layanan logistik halal, dan menjalin kontak dengan agen-agen di seluruh dunia, termasuk di negara non-Muslim.

Terakhir, pusat makanan halal akan memberikan sumbangsih untuk perekonomian dan mempekerjakan SDM Saudi yang berkualitas.

Hisham mengatakan semua produk yang dipasarkan di seluruh dunia, akan memiliki merek dagang dari pusat. “ Kami ingin menjadikan pusat makanan halal sebagai perintis di dunia,” kata dia.

HPusat tersebut akan mengizinkan lembaga dan produk makanan halal, termasuk hotel dan restoran menggunakan logonya. Pusat tersebut juga akan melatih perusahaan atau instansi yang ingin mengubah bisnisnya menjadi bisnis halal.

“ Kami juga akan membangun laboratorium rujukan untuk produk makanan halal,” kata dia.

(Sah)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik