Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Sekeluarga, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 23 Maret 2022 15:35
Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Sekeluarga, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya
Membayar zakat fitrah hukumnya adalah wajib bagi setiap umat Islam.

Dream – Ada berbagai amalan yang dilakukan oleh umat Islam di saat bulan Ramadan tiba. Selain menjalankan puasa Ramadan dan sholat tarawih, setiap umat Islam memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah, baik laki-laki maupun perempuan.

Ada beberapa kondisi seseorang yang diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Yakni orang tersebut beragama Islam, menjumpai waktu diwajibkannya zakat, dan mempunyai makanan pokok yang lebih dari kebutuhannya dan keluarganya di saat hari raya ataupun pada malam harinya.

Ketika menunaikan zakat fitrah, ada satu hal yang jangan sampai sahabat Dream lupakan, yaitu membaca niat doa zakat fitrah untuk sekeluarga. Hal ini sangatlah penting seperti halnya saat sahabat Dream mengerjakan ibadah sholat yang juga didahului dengan niat.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, dalam konteks zakat fitrah, niat lebih dibutuhkankan daripada ijab-qabul. Karena zakat bukanlah praktik akad seperti halnya jual-beli atau sewa-menyewa. Zakat adalah pemberian secara searah dari orang yang wajib pada orang yang berhak mendapatkannya. Sehingga niat dalam zakat fitrah ini wajib, sedangkan ijab-qabulnya tidak.

Nah, berikut adalah bacaan niat doa zakat fitrah untuk sekeluarga yang perlu umat Islam ketahui sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Hukum Membayar Zakat Fitrah

Hukum Membayar Zakat Fitrah© Shutterstock.com

Membayar zakat fitrah hukumnya adalah wajib bagi setiap Muslim. Di mana zakat fitrah ini ditunaikan pada hari berbuka atau saat tidak puasa lagi di bulan Ramadan. Diwajibkannya membayar zakat pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini yang dikutip dari merdeka.com:

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَةِ

Artinya: Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat ‘ied.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, ada hadis lainnya yang juga menjelaskan tentang wajibnya membayar zakat yang disampaikan oleh Ibnu Abbas ra berikut ini:

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِىَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِىَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ.

Artinya: Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

2 dari 2 halaman

Niat Membayar Zakat Fitrah

Niat Membayar Zakat Fitrah© Shutterstock.com

Setelah mengetahui hukum dan dasarnya dari membayar zakat fitrah, sahabat Dream juga harus mengetahui bacaan niat doa zakat fitrah untuk sekeluarga. Karena ketika hendak menyerahkan zakat fitrah, maka bacaan niat inilah yang harus sahabat Dream baca terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan niat doa zakat fitrah untuk sekeluarga yang dikutip dari islam.nu.or.id:

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri 

ﻧَﻮَﻳْﺖُأَﻥْأُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْﻧَﻔْسيْﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُﺃَﻥْﺃُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَنِّيْﻭَﻋَﻦْﺟَﻤِﻴْﻊِﻣَﺎﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْﺷَﺮْﻋًﺎﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk… (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Itulah penjelasan tentang hukum membayar zakat fitrah yang diwajibkan bagi setiap Muslim serta bacaan niat doa zakat fitrah untuk sekeluarga yang penting untuk diketahui. Karena niat itulah yang akan menentukan sah atau tidaknya zakat yang sahabat Dream tunaikan.

Beri Komentar