Terkuak, Penyebab Pilot Citilink Meracau Sebelum Terbang

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 30 Desember 2016 19:33
Terkuak, Penyebab Pilot Citilink Meracau Sebelum Terbang
Manajemen Citilink menganggp sikap TP ini tidak disipilin.

Dream - Penyebab dugaan mabuk pilot Citilink Indonesia bernomor QG 800 dari Surabaya tujuan Jakarta berinisial TP sedikit terkuak. 

Hasil investigasi internal Citilink, menyebutkan TP mengaku bangun kesiangan sehingga datang 15 menit sebelum pesawat berangkat.

" Dari pengakuannya, dia (TP) baru saja bangun tidur sehingga berperilaku seperti itu," ujar Direktur Utama Citilink Albert Burhan, di kantornya, Menara Citicon, Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 30 Desember 2016.

Albert menegaskan, dengan adanya hasil investigasi itu sekaligus menjadi bantahan tentang kabar yang menyebut TP mengalami mabuk karena mengonsumsi Narkoba.

" Kami belum bisa memastikan mabuk dan Narkoba karena hasil itu belum dapat informasi yang hasil test pemeriksaan baru bisa dilihat pada minggu depan," ujar Albert.

Menurut Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia Benny S. Butarbutar seharusnya seorang pilot datang dalam rentang 1 hingga 2 jam sebelum keberangkatan pesawat. Tetapi, dalam peristiwa itu, TP justru datang 15 menit sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

" Ini sudah tidak profesional," kata Benny.

Vice President Flights Operations Citilink, Fathullah, mengatakan, kedatangan pilot dua atau satu jam jelang keberangkatan pesawat untuk menggelar berbagai persiapan antara lain briefing cuaca dan kru yang bertugas, mesin pesawat, dan medical test.

" Dalam posisi itu, Kapten, menyerahkan tugas briefing kepada co-pilot," ujar Fathullah.

Jelang keberangkatan, co-pilot yang curiga dengan kondisi kesehatan TP akhirnya membatalkan penerbangan. Kondisi tersebut membuat pesawat bernomor QG 800 dari Surabaya tujuan Jakarta digantikan co-pilot.(Sah)

Beri Komentar