PT Bank Mandiri Akan Mendirikan Kantor Cabang Bank Yang Beroperasi Penuh Di Malaysia, Namanya Mandiri Berhad. (Foto: Bank Mandiri)
Dream – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengumumkan rencana pendirian kantor cabang penuh di Malaysia. Niat lama ini terwujud setelah diterimanya lisensi dari Qualified ASEAN Bank (QAB). Kantor bank yang nantiny menjadi Bank Mandiri Berhad ini akan beroperasi akhir 2017.
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad, mengatakan Bank Mandiri merupakan bank Indonesia pertama yang mendapatkan lisensi QAB. Dengan lisensi ini, bank pelat merah ini mendapat perlakuan setara dengan bank lokal Malaysia.
“ Kami sangat menghargai otoritas perbankan Malaysia yang mendukung kehadiran bank dari Indonesia. Indonesia pun telah memperlakukan bank-bank Malaysia seperti bank sendiri. Ini merupakan langkah maju yang dapat memperkuat hubungan Indonesia dan Malaysia,” kata Muliaman melalui keterangan tertulis diterima Dream, Jumat, 7 Juli 2017.
Rencana pendirian Bank Mandiri Berhad disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, di Kuala Lumpur pada 6 Juli 2017. Pengumuman ini disampaikan bersama dengan Muliaman dan Gubernur Bank Negara Malaysia (BNM), Dato’ Muhammad Ibrahim.
Pembukaan layanan ini, lanjut Muliaman, merupakan kali pertama bagi Bank Mandiri beroperasi di luar wilayah Indonesia. “ Kami mengapresiasi langkah ini karena hal ini memperlihatkan baiknya hubungan kerjasama kedua negara sekaligus prospek ASEAN untuk lebih maju,” ujar Muliaman.
Kartika mengemukakan kegiatan bisnis Indonesia telah tersebar di seluruh ASEAN. Menurut Kartika, perkembangan positif ini sebagai salah satu yang mendorong Bank Mandiri perlu hadir di Malaysia.
“ Sebagai bank berlisensi QAB, kami akan beroperasi di Kuala Lumpur untuk mendukung kegiatan bisnis,” kata dia.
Untuk membuka cabang penuh di Malaysia, Bank Mandiri menyiapkan modal sebesar 300 juta ringgit (Rp934,77 miliar). “ Kami sudah memulainya dengan injeksi modal sebesar 50 juta ringgit (Rp155,79 miliar). Jumlah ini akan terus ditambah secara bertahap,” kata dia.
Sebagai perwujudan komitmen untuk menjadi ASEAN prominent bank, Bank Mandiri berencana untuk terus meningkatkan jaringan luar negerinya. Saat ini Bank Mandiri telah memiliki 7 kantor luar negeri yang terdiri dari 5 cabang di Cayman Islands, Dilli Timor Leste, Hong Kong, Shanghai dan Singapura, serta 2 anak perusahaan yaitu Bank Mandiri Europe Limited di London dan Mandiri International Remittance di Malaysia.
Saat ini Bank Mandiri juga sedang menjajaki perluasan jaringan di beberapa negara ASEAN yaitu Malaysia, Myanmar dan Filipina.
Di Malaysia sendiri, Bank Mandiri telah hadir sejak tahun 2009 berupa Mandiri International Remittance (MIR) yang bergerak di jasa pengiriman uang. Saat ini MIR telah memiliki 13 outlet yang tersebar di beberapa lokasi dan melayani Pekerja Migran Indonesia serta beberapa perusahaan di Malaysia.
Bank Mandiri telah ditunjuk oleh OJK sebagai kandidat Qualified ASEAN Bank (QAB) dari Indonesia untuk Malaysia pada tanggal 22 Mei 2017. Pada tahap awal, Mandiri mengoperasikan dua cabang yang melayani bisnis wholesales maupun retail banking.
Gubernur Bank Negara Malaysia, Dato’ Muhammad Ibrahim mengemukakan, beroperasinya Bank Mandiri di Malaysia menunjukkan hubungan kedua Negara semakin dekat. “ Ini juga menjadi bukti semangat perwujudan sejati ASEAN,” kata Ibrahim.(Sah)