Panduan Isi SPT Online Pajak Tahun 2018, Kini Lebih Mudah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Maret 2019 19:30
Panduan Isi SPT Online Pajak Tahun 2018, Kini Lebih Mudah
Kamu sudah lapor SPT online, Sahabat Dream?

Dream – Sudah melaporkan Surat Pemberiatahuan (SPT) Pajak tahun 2018? Sebaiknya segera kamu lakukan. Kementerian Keuagan memberikan batas waktu pelaporan SPT Pajak paling laman 31 Maret setiap tahunnya. 

Setiap tahun wajib pajak orang pribadi (WP OP) memang diwajib melaporkan SPT Pajak Penghasilan PPh. Namun saat mendengar pajak, orang biasanya langsung membayangkan kerumitan mengisi form. 

Alhasil, banyak orang memilih menunda melaporkan SPT Pajak. Padahal jelang batas waktu pelaporkan, situs tempat melaporkan pajak biasanya penuh dengan pengakses. 

Dalam praktiknya, proses mengisi form SPT Pajak tahun ini jauh lebih mudah. Ada beberapa tambahan kemudahan yang diterapkan Ditjen Pajak pada pengisian SPT tahun ini.

Salah satu kemudahan itu adalah data tentang penghasilan dan besaran potongan pajak akan otomatis terinput dalam kolom. Tahun sebelumnya, kamu masih harus mengetik sendiri kolom-kolom tadi.

Nah, daripada Sahabat Dream kelamaan stres yang akhirnya membuat terlambat melaporkan, berikut adalah panduan melaporkan SPT Pajak.

Hal pertama yang harus Sahabat Dream lakukan saat melaporkan SPT Pajak secara online adalah membuka situs djponline.pajak.go.id.

Kali ini Dream akan memberikan panduan mengisi form SPT untuk wajib pajak yang berpenghasilan tahunan di atas Rp60 juta. Untuk wajib pajak ini, formulir yang akan digunakan adalah 1770 S.

Sebelum mulai mengisi data-data, sebaiknya kamu telah menyiapkan data-data pendukung, seperti formulir bukti potong 1721 A1 untuk karyawan swasta dan A2 untuk PNS, 1721 VII untuk pemotongan PPh 21 yang bersifat final, dan bukti kepemlikan harta (buku tabungan, sertifikat tanah, atau bangunan).

Sudah siap semuanya? Mari mengikuti langkah ini.

2 dari 5 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen