Deretan Raja Terkaya di Dunia, Ada yang Kekayaanya Capai Rp630 Triliun

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 23 Mei 2022 07:01
Deretan Raja Terkaya di Dunia, Ada yang Kekayaanya Capai Rp630 Triliun
Sebagian besar raja di dunia juga merupakan investor yang sukses. Biasanya mereka meraih kesuksesan berkat generasi sebelumnya.

Dream - Raja sangat identik dengan harta yang berlimpah dan gaya hidup serba mewah. Selain memiliki harta yang berlimpah, kehidupan para raja sangatlah berbeda dari masyarakat pada umumnya

Sebagian besar raja di dunia juga merupakan investor yang sukses. Biasanya mereka meraih kesuksesan berkat generasi sebelumnya. Harta bendanya pun juga diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Sehingga kekayaannya pun tetap terjaga turun temurun.

Dilansir dari laman Glusea, berikut adalah daftar 10 raja terkaya di dunia.

1. Vajiralongkorn (Thailand)

Vajiralongkorn menjadi sosok raja yang paling kaya di dunia saat ini. Raja memiliki total kekayaan sebesar US$43 miliar atau setara Rp630 triliun. Sumber kekayaannya diketahui dari Investasi yang berasal dari pemerintahan keluarganya di Thailand.

1 dari 6 halaman

Dia adalah putra tunggal dari Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit. Pada tahun 1972, saat berusia 20 tahun, ia diangkat menjadi putra mahkota oleh ayahnya. Setelah kematian ayahnya pada 13 Oktober 2016, ia diharapkan untuk naik takhta Thailand tetapi meminta waktu untuk berkabung sebelum naik takhta.

2. Hassanal Bolkiah (Brunei)

Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei ke-29 yang memiliki total kekayaan bersih sebesar US$28 miliar atau sekitar Rp410 triliun. Sumber kekayaannya berasal dari Keuntungan industri minyak dan gas miliknya.

Bolkiah merupakan raja absolut Brunei yang juga anggota House of Bolkiah yang telah memerintah Brunei sejak tahun 1400-an. Selain Ratu Elizabeth II, Bolkiah adalah raja terlama kedua di dunia saat ini. Pada 5 Oktober 2017, Bolkiah merayakan Yubileum Emasnya untuk menandai tahun ke-50 pemerintahannya di atas takhta.

2 dari 6 halaman

3. Salman bin Abdulaziz Al Saud (Arab Saudi)

Salman bin Abdulaziz Al Saud memiliki kekayaan bersih sebesar US$18 miliar atau sekitar Rp264 triliun.Sumber kekayaan utamanya didapatkan dari keuntungan industri minyak.

Ia telah menjadi Raja Arab Saudi dan Penjaga Dua Masjid Suci sejak 23 Januari 2015. Dia dinobatkan sebagai Putra Mahkota Arab Saudi pada 2012 setelah kematian saudaranya Nayef bin Abdulaziz. Salman menjadi Raja pada tahun 2015 setelah kematian saudara tirinya, Raja Abdullah.

4. Khalifa bin Zayed Al Nahyan (Uni Emirat Arab)

Mendiang Khalifa bin Zayed bin Sultan Al Nahyan ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$15 miliar atau sekitar Rp220 triliun. Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia, pada Jumat, 13 Mei 2022 dalam usia 73 tahun.

3 dari 6 halaman

Khalifa adalah putra pertama dari Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang menjabat sebagai penguasa Abu Dhabi dan kepala Dinasti Nahyan dari tahun 1966 hingga 2004. Ia telah berperan penting dalam mengembangkan UEA dengan menggunakan kekayaan minyaknya.

5. Mohammed VI (Maroko)

Raja Mohammed memiliki kekayaan bersih sebesar US$8,2 miliar. Dia memperoleh kekayaannya dari kendalinya atas Société Nationale d'Investissement (SNI), sebuah perusahaan induk investasi Maroko dengan aset senilai lebih dari US$10 miliar.

Mohammed juga dikenal sebagai pengusaha dan bankir terkemuka Maroko. Aset terbesar SNI adalah 48 persen saham di bank terbesar Maroko, Attijariwafa, serta saham pengendali di raksasa distribusi massal Marjane Holding.

Mohammed juga memiliki sebagian besar cadangan fosfat dunia. Dia juga dikenal sebagai produsen pertanian terkemuka dan pemilik tanah di Maroko, di mana pertanian dibebaskan dari pajak olehnya.

4 dari 6 halaman

6. Hans-Adam II (Liechtenstein, Austria)

Hans-Adam II memiliki kekayaan bersih sebesar US$7,2 miliar atau setara Rp102 triliun. Ia adalah putra Franz Joseph II, Pangeran Liechtenstein, dan istrinya, Countess Georgina von Wilczek.

Ia juga menyandang gelar Adipati Troppau dan Jägerndorf, dan Pangeran Rietberg. Hans-Adam adalah raja terkaya di Eropa. Dia juga diketahui memiliki koleksi seni yang banyak, yang ditampilkan untuk umum di Museum Liechtenstein di Wina, Austria.

7. Mohammed bin Rashid Al Maktoum (Uni Emirat Arab)

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum adalah Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA), dan penguasa Emirat Dubai. Ia memiliki kekayaan bersih sebesar US$4 miliar atau sekitar Rp58 triliun.

Sejak kematian saudaranya Sheikh Maktoum, ia telah melakukan reformasi dalam pemerintahan UEA, dimulai dengan Strategi Pemerintah Federal UEA pada April 2007.

5 dari 6 halaman

8. Henri (Luksemburg)

Henri adalah Adipati Agung Luksemburg yang memiliki kekayaan bersih sebesar US$4 miliar atau sekitar Rp58 triliun. Ia memerintah kerajaan sejak 7 Oktober 2000.

Henri adalah putra tertua Adipati Agung Jean dan Putri Joséphine-Charlotte dari Belgia, dan sepupu pertama Raja Philippe dari Belgia.

9. Juan Carlos I (Spanyol)

Juan Carlos I memiliki kekayaan bersih sebesar US$2,3 miliar atau sekitar Rp33,5 triliun. Iaadalah anggota keluarga kerajaan Spanyol yang memerintah sebagai Raja Spanyol dari November 1975 hingga turun takhta pada Juni 2014. Ia memperoleh sebagian besar kekayaannya dari perusahaan minyak dan real estate.

6 dari 6 halaman

10. Tamim bin Hamad Al Thani (Qatar)

Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani adalah Emir Qatar yang merupakan putra keempat dari Emir sebelumnya, Hamad bin Khalifa Al Thani. Tamim memiliki kekayaan bersih sebesar US$2,1 miliar atau sekitar Rp30,6 triliun.

Tamim telah memegang berbagai jabatan pemerintahan di Qatar. Pada 2018, Tamim adalah raja termuda yang memerintah di antara negara-negara Dewan Kerjasama Teluk dan penguasa termuda di dunia saat ini.

Beri Komentar