OJK: Pasar Modal RI Ukir Sejarah Baru di 2016

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 3 Januari 2017 14:16
OJK: Pasar Modal RI Ukir Sejarah Baru di 2016
Kinerja IHSG akhir tahun 2016 mencatat sejarah bagi pasar modal Indonesia, dengan ditutup di level tertinggi sepajang sejarah.

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di level 5.296,7 pada penutupan perdagangan 2016. Posisi ini meningkat 15,32 persen dibandingkan dengan kinerja tahun 2015 dan dinilai sebagai rekor tertinggi sepanjang sejarah.

" Rekor tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia serta tertinggi kedua di kawasan Asia Pasifik," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, di Jakarta, Selasa, 3 Januari 2017.

Muliaman mengatakan capaian ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak dalam membangun kepercayaan investor dan pelaku pasar modal terhadap fundamental dan prospek ekonomi indonesia.

Dia juga mengatakan pasar modal telah menjadi alternatif tempat investasi. Pasar modal ini juga bisa menjadi alternatif pembiayaan jangka panjang.

Data OJK, per November 2016, mencatat penyaluran kredit perbankan tercatat sebesar Rp334 triliun atau naik 8,46 persen year on year (yoy). Sementara itu, nilai penawaran umum tahun 2016 sepanjang 2016 sebesar Rp12,07 triliun, right issue saham Rp68,06 triliun, dan obligasi korporasi Rp114,61 triliun.

" Kita semua berkewajiban untuk terus membangun kredibilitas dan pendalaman pasar modal kita dengan mendorong IPO yang lebih banyak, serta tersedianya produk pasar modal yang lebih handal dan kompetitif," kata dia.

Selanjutnya, kata Muliaman, cara memperdalam pasar modal bisa juga dengan menyederhanakan proses penawaran umum, penguatan penerapan good corporate governance emiten, serta melanjutkan edukasi bagi calon investor dan emiten.(Sah)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen