Emak-emak Nggak Melek Fintech? Kamu Salah, Ini Buktinya!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 14 Desember 2017 15:47
Emak-emak Nggak Melek Fintech? Kamu Salah, Ini Buktinya!
Sudah Rp70 miliar disalurkan.

Dream - Layanan aplikasi keuangan berbasis teknologi (Financial Technology/fintech) di Tanah Air berkembang pesat. Tak hanya urusan membayar tagihan, kini aplikasi Fintech juga mulai dipakai untuk mencari modal usaha.

Sebuah aplikasi Fintech bahkan menyasar target lebih spesifik berupa pembiayaan usaha mikro. Uniknya, Fintech ini hanya menyasar peminjam dari ibu-ibu.

Founder and CEO PT Amartha Mikro Fintek, Andi Taufan Garuda Putra, menjelaskan kaum hawa ini lebih unggul dibandingkan pria dalam urusan pengelolaan keuangan.

" Ibu-ibu ini memiliki disiplin dan integritas yang tinggi," kata Taufan.

Taufan menjelaskan, aplikasi yang dikembangkannya menghubungkan investor dengan peminjam dana dan tidak mensyaratkan adanya jaminan. Untuk manajemen risiko, peminjam dana harus membuat kelompok sebelum mengajukan pinjaman.

Rata-rata pinjamannya sebesar Rp3 juta dengan jumlah yang bisa bertambah jika sudah lunas.

Pinjaman yang didistribusikan ini digunakan untuk usaha mikro, seperti modal warung sembako, pertanian, dan jualan sayur. " Ada juga yang menggunakan pinjaman untuk warung makan," kata dia.

Menurut Taufan, perusahaannya berdiri sejak 2010 dan berubah menjadi peer to peer (P2P) lending pada 2016. Perusahaan ini menghubungkan investor dengan peminjam. Sejaki berdiri hingga sekarang, Amartha sudah mendistribusikan pinjaman lebih dari Rp200 miliar.

" Sebagian besar pinjaman pada 2017 lebih dari Rp180 miliar," ungkapnya yang mengaku telah melayani lebih dari 70 ribu orang pemimjam. 

Taufan memang sengaja menyasar pengusaha mikro karena selama ini sulit mendapatkan pinjaman dari perbankan karena adanya syarat jaminan.

" Dengan sistem ini, setiap anggota bertanggung jawab untuk melakukan� tanggung renteng secara kelompok kalau salah satu anggota mengalami kredit macet," kata dia.

(Sah)

 

 

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian