Mau Dapat Kerja Cepat? Fresh Graduate Harus Baca Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 26 Maret 2018 07:20
Mau Dapat Kerja Cepat? Fresh Graduate Harus Baca Ini
Tak jarang lulusan baru sulit mendapatkan pekerjaan.

Dream – Selalu ada lowongan kerja. Tapi, mengapa masih banyak fresh graduate yang sulit mendapatkan pekerjaan dengan cepat?

Di dunia karier, lulusan baru tidak hanya bersaing dengan sesamanya, tetapi juga dengan mereka yang sudah punya pengalaman. Apalagi, perusahaan hanya mau merekrut calon karyawan yang berpengalaman.

Kalau yang sulit mendapatkan pekerjaan, jangan dulu menyerah dan pasrah. Ada banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Berikut ini tip untuk lulusan baru agar bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah.

1 dari 6 halaman

Perluas Jaringan

Memperluas jaringan pertemanan merupakan cara termudah untuk mendapatkan banyak informasi tentang pekerjaan terbaru.

Masih banyak yang berpikir jaringan hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah bekerja. Faktanya, tanpa jaringan, semakin sedikit kesempatan untuk mendapatkan kerja karena keterbatasan sumber informasi lowongan.

Kalau tak punya banyak teman di dunia nyata, saatnya membangun koneksi melalui media sosial. Aktif di platform seperti LinkedIn merupakan awal yang tepat untuk tersambung dengan koneksi baru.

Manfaatkan juga jaringan alumni kampus. Selain mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan, kita juga harus berpeluang untuk direkomendasikan ke perusahaan tempat mereka bekerja.

2 dari 6 halaman

Jaga Reputasi di Media Sosial

Tak sedikit perekrut memanfaatkan media sosial untuk menyaring kandidat. Mereka akan meriset sederhana tentang kandidat sebelum memutuskan untuk mempekerjakan seseorang. Segala aktivitas kita di jejaring sosial akan dipantau terlebih dahulu oleh perekrut.

Jadi, berhati-hatilah bermain sosial media. Hindari mengunggah hal-hal yang tidak etis.

3 dari 6 halaman

CV Sempurna Hanya Mitos

Para perekrut hanya memerlukan waktu yang singkat untuk membaca CV pelamar kerja. Banyak pelamar menghabiskan waktu untuk menyempurnakan CV sehingga tak jarang hasilnya malah bertele-tele. Jika sudah tahu membuat CV yang tepat agar bisa dibuat cukup ringkas dan jelas, jangan lagi diutak atik dengan menambahkan kalimat yang berlebihan.

Sebagai gantinya, fokuslah pada keahlian kita. Misalnya, jika berminat melamar posisi fresh graduate dengan latar belakang desain grafis, alangkah baiknya menampilkan karya yang pernah dibuat sebelumnya agar perekrut bisa menilai hasil kerja yang pernah dilakukan.

Untuk lebih baik, manfaatkan media sosial untuk menampilkan hasil karya kita mengingat banyak perekrut yang menelusuri media sosial calon kandidat sebelum mempekerjakannya.

4 dari 6 halaman

Persiapkan Diri sebelum Wawancara

Banyak kandidat mengabaikan persiapan sebelum wawancara. Bahkan, riset menunjukkan 42 persen perekrut terheran-heran dengan sikap lulusan baru yang terkesan tidak siap untuk melakukan proses wawancara. Untuk bisa mengatasinya, kita bisa melakukan riset kecil-kecilan tentang perusahaan melalui situs resmi.

Dengan belajar tentang riwayat pekerjaan, kita bisa lebih memahami wawancara. Jangan lupa mengecek tren terkini seputar industri pekerjaan ini. Dengan begitu, perekrut bisa terkesan dengan sikap yang menunjukkan kepedulian.

5 dari 6 halaman

Memanfaatkan Waktu Kosong untuk Mengembangkan Keahlian

Tak sedikit fresh graduate menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan pekerjaan. Selama menunggu, tidak ada pemasukan. Daripada menghabiskan uang untuk hal yang tidak bermanfaat, sebaiknya momen ini digunakan untuk mengembangkan keahlian.

Tak selalu pakai modal, kita bisa mendapatkan pelatihan gratis yang ada di internet.

6 dari 6 halaman

Mencari Pekerjaan sesuai dengan Hasrat

Yang terakhir yang harus diketahui, carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat. Kalimat ini pasti sering didengar oleh pencari kerja, tapi, sedikit yang mengindahkannya.

Karena tak mau lama menganggur, banyak orang memilih melamar untuk setiap posisi yang tersedia. Banyak yang mengundurkan diri pada awal-awal bulan bekerja.

Pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat hanya akan membuat kita mengerjakannya dengan terpaksa dan tentunya akan membuat kita tersiksa. Dengan passion, hasilnya tentu akan lebih sempurna.

Sumber: CekAja

Beri Komentar