Mau Jadi Miliarder? Cari Solusi 5 Masalah Ini

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 8 Januari 2016 08:41
Mau Jadi Miliarder? Cari Solusi 5 Masalah Ini
Ada lima masalah dunia yang belum kunjung selesai. Jika Anda punya ide menyelesaikannya,

Dream - Dunia yang semakin menua ini memiliki berbagai macam masalah. Untungnya, sebagian dari masalah tersebut sudah bisa diatasi.

Apalagi dengan ditunjang teknologi perangkat bergerak dan internet, hampir segala yang kita inginkan atau butuhkan bisa dikatakan tinggal mengusapkan jari.

Sedangkan sebagian masalah lainnya begitu besar dan sangat kompleks sehingga belum bisa teratasi hingga saat ini.

Namun bukan berarti manusia lantas menyerah, karena ada ribuan ahli yang telah bekerja keras menemukan solusi. Hanya saja mereka belum sampai ke sana.

Mengutip laman cheatseet.com, berikut 5 masalah terbesar yang dihadapi dunia yang masih dicarikan solusi untuk mengatasinya. Jika Anda bisa mengatasinya, peluang menjadi pengusaha mandiri, atau mungkin menjadi miliarder bisa terbua lebar.

1. Penyimpanan Energi

Kita mungkin hampir menyerah untuk yang satu ini. Karena banyak uang dan waktu yang dihabiskan untuk memecahkan masalah penyimpanan energi. Pada dasarnya, kita tidak memiliki teknologi yang tepat dan efisien untuk menyimpan energi yang dihasilkan dari angin dan matahari. Ini sebabnya kita terus bergantung pada bahan bakar fosil. Seandainya saja kita memiliki teknologi penyimpanan energi, angin dan matahari mungkin akan menjadi generasi energi alternatif yang lebih dominan di masa depan.

Kabar baiknya bagi dunia adalah bahwa kita sudah menuju ke arah sana. Perusahaan teknologi energi Tesla dan Solar City telah membuat langkah besar dalam mengembangkan teknologi baterai. Begitu mereka membuat terobosan besar, semuanya akan berubah. Tetapi masih ada waktu untuk menciptakan teknologi penyimpanan energi.

2. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian dari kita. Tetapi ada beberapa kekhawatiran yang sangat, sangat serius tentang apa artinya bagi umat manusia. Para ilmuwan telah berbicara banyak tentang AI dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mengingatkan agar kita sangat hati-hati dalam menerapkan itu. Intinya adalah, kecerdasan buatan akan mengubah segalanya; itu hanya soal bagaimana manusia bisa menyesuaikan dirinya. Kendala lainnya adalah segi keamanan dari kecerdasan buatan.

Kita harus memastikan AI aman atau dapat dikendalikan. Banyak yang perlu dipertimbangkan untuk menerapkan AI pada drone hingga robot. Dan jika beberapa dari teknologi ini jatuh ke tangan yang salah, maka akan berakibat sangat buruk dan berakhir seperti dalam film Terminator atau The Matrix di masa depan.

3. Pertambangan Luar Angkasa

Luar angkasa ternyata memiliki kandungan mineral dan barang tambang yang nilainya sangat besar. Masalahnya, kita tidak memiliki teknologi untuk mencapai atau menguasainya, dan membawanya kembali ke Bumi untuk diproses dan digunakan. Batu raksasa dari luar angkasa yang dikenal sebagai asteroid ternyata sangat sarat dengan logam mulia dan sumber daya alam lainnya yang jumlahnya terbatas di Bumi.

Jika bisa menemukan teknologi untuk sampai ke asteroid, menambang, dan membawa hasil tambangnya pulang ke Bumi, maka kita dapat mengatasi masalah kelangkaan sumber daya alam. Beberapa perusahaan, seperti Planetary Resources, mulai bekerja ke arah sana. Tapi kita masih sangat jauh untuk mencapainya.

4. Ketersediaan Air

Ketersediaan air adalah masalah lama yang terus berlangsung hingga kini. Dan dengan perubahan iklim global yang memengaruhi ketinggian dan aliran air di Bumi, kita perlu segera menemukan jawaban untuk mengatasinya. Efek dari langkanya persediaan air bisa sangat besar. Tidak hanya semakin mengurangi persediaan air bersih di seluruh dunia, tetapi juga seluruh peta dunia akan mengalami perubahan yang dramatis.

Saat ini tidak ada banyak solusi yang layak untuk masalah ini. Meski ada ide, tetapi banyak yang tidak diimplentasikan. Kita mungkin perlu menunggu keajaiban dari sebuah teknologi baru atau hanya melakukan apa yang kita bisa untuk mencegah perubahan iklim semakin memperparah langkanya ketersediaan air bersih.

5. Produksi Makanan

Masalah langkanya persediaan air dan energi juga berimbas pada masalah paling mendasar manusia: makanan. Masih ada berjuta-juta manusia yang di dunia yang kekurangan makanan dan kelaparan. Dan dengan perubahan iklim dan sumber daya yang semakin langka, menanam tanaman dan memelihara ternak akan menjadi lebih sulit. Bahkan mustahil.

Untungnya, ada beberapa langkah besar yang telah dibuat. Perusahaan bernama Indoor sedang mengembangkan daging buatan. Meski terdengar tidak mengundang selera, daging yang dikembangkan di laboratorium adalah sebuah solusi dan penemuan besar. Karena memelihara hewan membutuhkan sejumlah besar energi dan ruang dan sangat merusak, jika tidak benar-benar bersifat tidak berkelanjutan.

Jadi apa artinya semua ini bagi seorang pengusaha sejati? Ini adalah peluang besar untuk menciptakan dan mengembangkan sumber daya alternatif yang lebih murah, bisa diproduksi dalam skala besar, dan berkelanjutan. Ini adalah tiket menjadi seorang miliarder.

Beri Komentar