Menang Kontes Rp1,7 Miliar, Karya Fotonya Picu Perdebatan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 26 Maret 2019 09:15
Menang Kontes Rp1,7 Miliar, Karya Fotonya Picu Perdebatan
Banyak yang meragukan karya foto itu. Apa objeknya?

Dream – Seorang fotografer memenangkan kontes foto amatir dengan hadiah senilai Rp1 miliaran. Tapi, dia justru dikecam.

Mengapa?

Dikutip dari Next Shark, Senin 25 Maret 2019, fotografer ini bernama Edwin Ong Wee Kee. Dia memenangkan hadiah utama senilai US$120 ribu (Rp1,7 miliar) dari Hamdan International Photography Award (HIPA).

Kontes foto ini merupakan acara tahunan yang memamerkan beberapa karya para fotografer profesional dan amatir dari seluruh dunia.

Kontes foto kedelapan yang digelar pada 2018 ini mengusung tema “ harapan”.

 Foto ini menuai kritik.

(Foto: Next Shark)

Ong pun keluar menjadi juara berkat foto “ momen kemanusiaan yang intens” yang diambil di Vietnam. Dokter pengobatan tradisional ini mendokumentasikan foto seorang ibu yang mengalami gangguan bicara, bersama dua anaknya.

Disebutkan bahwa foto itu menggambarkan gangguan bicara yang diidap sang ibu, tak mencegahnya untuk merasa berharap dan membangkitkan kekuatan untuk anak-anaknya.

Ong menyebut foto itu diambil dalam “ pemberhentian yang tak terduga”. Dia juga disebut-sebut tidak merencanakan pemotretan.

1 dari 2 halaman

Kok Malah Diributkan?

Tak lama setelah pengumuman pemenang, seorang fotografer bernama Ab Rashid berbagi foto di media sosial di Facebook. Rashid berbagi foto tentang subjek yang diambil Ong. Ternyata, ada beberapa fotorgrafer yang mengambil subjek yang sama.


 Foto yang menuai kecaman.

(Foto: Next Shark)

Anehnya, ada delapan orang yang memotret ibu dan anak dalam posisi yang sama. Foto ini menunjukkan bahwa foto juara, hampir identik dengan yang lainnya.

Foto ini malah menuai kecaman dari warganet. Mereka menyebut foto itu justru memalukan. Foto diambil beramai-ramai, malah menang kontes.(Sah)

2 dari 2 halaman

Angkat Bicara

Diterpa kritik, Ong akhirnya angkat bicara. Dia bersikukuh foto tersebut diambil dengan spontan.

Ong mengatakan dia dan para fotografer pergi ke sawah. Saat itu mereka melihat seorang ibu yang membawa anak-anaknya.

“ Kami bertanya apakah kami bisa mengambil fotonya,” kata dia.

Sang ibu mengizinkan fotografer mengambil foto dan dia sukarela duduk di bawah. “ Kami tidak pernah menyuruhnya duduk atau berdiri. Setelah mengambil foto, bahkan dia masih di sana dan tidak bergerak sampai kami pergi,” kata dia.

Salah satu fotografer yang hadir saat itu, Ha Lee, juga mendukung pernyataan Ong. “ Saya ingin menekankan itu adalah hal yang spontan dan on the spot. Tidak diatur sebelumnya. Ada seorang wanita dengan dua anaknya. Kebetulan mereka lewat,” kata dia. (Sah)

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-