Aturan Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi, Seberapa Efektif?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 23 Februari 2018 14:30
Aturan Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi, Seberapa Efektif?
Aturan ini akan diberlakukan bulan depan.

Dream – Pemerintah akan memberlakukan kebijakan baru untuk menangani kepadatan di ruas tol Jakarta-Cikampek. Salah satunya menerapkan aturan ganjil genap di pintu tol untuk mobil pribadi.

Pemberlakuan aturan baru itu rencananya mulai bergulir pada 12 Maret 2018 khusus di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Jakarta-Cikampek diharapkan tak macet, terutama saat jam-jam sibuk.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, mengatakan, penerapan ganjil genap di pintu tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat menjadi yang pertama karena pintu tol ini merupakan yang paling padat.

“ Diperiksanya di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur,” kata Bambang di Jakarta.

Menurut dia, aturan ini berlaku pada hari Senin-Jumat. Kebijakan ganjil genap tidak berlaku pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Jika aturan memberikan perubahan signifikan, maka kebijakan juga akan diberlakukan di pintu tol lainnya, seperti Tambun, Pondok Gede Timur, dan Pondok Gede Barat.

Selain aturan ganjil genap, menurut Bambang, ada dua aturan lain untuk mengurai kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek, yaitu jalur khusus bus serta pengaturan perjalanan kendaraan angkutan dan truk.

Pemerintah optimistis bisa memangkas waktu tempuh berkendara dengan penerapan tiga kebijakan baru di Tol Jakarta-Cikampek ini. “ Menurut perhitungan kami, waktu tempuh akan terpangkas dari 116 menit menjadi 83 menit,” kata dia.

Sementara, PT Jasa Marga Tbk (Persero) mendukung pemberlakuan kebijakan yang akan diterapkan pemerintah. AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan, perusahaan pelat merah ini akan turut andil di lapangan.

“ Seperti penyediaan rambu, pembuatan marka, penyediaan sarana, petugas pelaksana, sosialisasi, dan lain-lain,” kata Heru di Jakarta.

Beri Komentar