Najeela Shihab: Harta Orangtua Bukan Milik Anak

Reporter : Ratih Wulan
Sabtu, 2 April 2016 19:01
Najeela Shihab: Harta Orangtua Bukan Milik Anak
Terdengar aneh. Ini adalah pendidikan agar anak harus berusaha mendapatkan apa yang ia mau.

Dream - Kebiasaan menabung atau berinvestasi sebaiknya ditanamkan sejak dini pada setiap anak. Bahkan pendiri Rumah Bermain Cikal, Najeela Sihab mengungkapkan harus ada ketegasan orang tua bahwa harta yang ia miliki bukan milik anak-anaknya.

Kakak kandung Najwa Sihab berharap setiap keluarga mengajarkan anak-anak bahwa ia harus berusaha untuk mendapatkan apa yang dimau. Bukan hanya mengandalkan kemudahan fasilitas yang didapat dari orang tua.

" Percakapan sehari-hari menjadi sangat penting. Kasih pemahaman anak, seberapa banyak uang yang kita punya dan uang disimpan itu pun bisa habis makanya perlu beri batasan," papar Najeela di gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta Selatan, Sabtu, 2 April 2016.

Perempuan yang karip disapa Ela ini juga menyarankan agar setiap orang menceritakan pada anak, bagaimana cara orang tua mendapatkan uang. Yang lebih penting, bagaimana setiap orang harus mencintai pekerjaannya agar memberi makna pada kehidupan sosial di sekitarnya.

" Ajarkan anak bagaimana harus menggunakan uang. Lalu kebiasaan menabung yang harus dilatih dan muncul sebagai kesadaran dari kecil, sisihkan dari uang saku mereka," imbuhnya.

Kemudian anak juga harus mulai dilatih untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini berkaitan erat dengan pengendalian diri, yang apabila tidak diatur dengan baik dapat menimbulkan hutang serta tanggung jawab yang besar.

Terakhir, Ela menyampaikan agar anak diajak langsung membayar zakat atau beramal sesuai dengan kemampuan. Sehibgga menimbulkan kesan mendalam dan tertanam kebiasaan bahwa dnegan berbagi tidak akan kehilang harta apapun.

Beri Komentar