Panduan Cara Menghitung Zakat Mal, Perlu Diperhatikan Bagi Orang yang Kelebihan Harta

Reporter : Arini Saadah
Senin, 18 Juli 2022 13:14
Panduan Cara Menghitung Zakat Mal, Perlu Diperhatikan Bagi Orang yang Kelebihan Harta
Pahami cara menghitung zakat mal berikut ini!

Dream – Cara menghitung zakat mal perlu dipahami oleh umat Muslim, terutama bagi orang yang memiliki harta berlebih. Apabila harta tabungan sudah mencapai nishab, maka diwajibkan membayar zakat mal.

Zakat mal merupakan zakat yang wajib ditunaikan apabila harta sudah mencapai batas nishab. Untuk memudahkan pengeluarannya, Islam mengatur tata cara menghitung zakat mal.

Pembayaran zakat mal penting diperhatikan, sebab menjadi jalan untuk membersihkan dan menyucikan harta. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 103, “ ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”

Mempelajari cara menghitung zakat mal menjadi hal yang penting diajarkan di sekolah-sekolah. Jika kamu belum mengetahuinya, simak ulasan di bawah ini mengenai cara menghitung zakat mal yang perlu diperhatikan.

1 dari 8 halaman

Memahami Pengertian Zakat Mal

Sebelum lebih jauh membahas cara menghitung zakat mal, Sahabt Dream juga harus memahami pengertian zakat mal. Berdasarkan kitab Fathul Mu’in disebutkan, zakat mal (harta benda) merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta benda tertentu misalnya emas, perak, binatang, tumbuhan (biji-bijian), dan harta perniagaan.

Menurut bahasa, mal artinya harta yaitu segala sesuatu yang diinginkan oleh manusia untuk dimiliki, dimanfaatkan, atau disimpan. Jika menurut istilah, harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai), dan dapat digunakan atau dimanfaatkan. Segala sesuatu dapat disebut sebagai mal (harta) jika memenuhi dua syarat, yakni:

  1. Dapat dimiliki, disimpan, dihimpun, dan dikuasai.
  2. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. Misalnya rumah, mobil, ternak, hasil pertanian, uang, emas, perak, dan lain sebagainya.

Mengutip zakat.or.id, pada dasarnya zakat mal terdiri dari berbagai macam jenis zakat yang masing-masing memiliki ketentuan berbeda-beda. Macam-macam zakat mal antara lain:

  1. Zakat emas.
  2. Zakat perak dan sejenisnya.
  3. Zakat pertanian dan perkebunan.
  4. Zakat perniagaan.
  5. Zakat peternakan.
  6. Zakat pertambangan.
  7. Zakat penghasilan.

Karena kita hidup di Indonesia, maka zakat mal identik dengan zakat harta kekayaan berupa tabungan, uang, perdagangan atau pun emas dan perak.

2 dari 8 halaman

Kewajiban Membayar Zakat Mal

Cara menghitung zakat mal memang wajib diketahui setiap umat muslim. Sebab jika sudah memiliki harta yang cukup nishab dan haulnya, maka wajib menunaikan zakat.

Haul adalah batasan waktu satu tahun hijriyah atau 12 (dua belas) bulan qomariyah dalam hal kepemilikan harta yang wajib dikeluarkan zakatnya.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa zakat hukumnya wajib bagi setiap muslim yang sudah memenuhi syarat-syarat. Kewajiban umat muslim untuk membayar zakat telah banyak dibahas dalam Al-Quran, seperti dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 43:

" Dan dirikanlah salat, tunaikan zakat, dan ruku’ lah beserta orang-orang yang ruku.”

Selain itu juga dibahas dalam beberapa hadis, salah satunya hadist Nabi SAW berikut ini:

“ Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Khattab ra dia berkata, ‘Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Islam dibangun atas lima perkara: bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa ramadhan.” (HR. Tirmidzi dan Muslim)

3 dari 8 halaman

Syarat Wajib Zakat Mal

Cara menghitung zakat mal memang gampang-gampang susah. Karena harus diketahui terlebih dahulu syarat wajibnya. Adapun beberapa syarat yang membuat seseorang wajib membayar zakat mal adalah sebagai berikut:

  1. Harta sepenuhnya milik pribadi.
  2. Hartanya tidak berkurang, alias bertambah atau malah berkembang.
  3. Sudah mencapai nishab.
  4. Melebihi dari kebutuhan pokok.
  5. Bebas dari utang kebutuhan pokok.
  6. Sudah mencapai haul, atau sudah disimpan selama satu tahun hijriyah (12 bulan).
4 dari 8 halaman

Cara Menghitung Zakat Mal

Cara menghitung zakat mal yang perlu diperhatikan adalah dengan melihat nishabnya. Apalagi nishab setiap jenis harta berbeda-beda. Misalnya, zakat emas, perak, uang dan perdagangan, nishabnya adalah senilai dengan 85gram emas. Emas yang menjadi standar adalah emas murni. Sementara itu nilai zakat mal yang dikeluarkan adalah 2,5 persen sebagai kadar zakat mal.

Cara menghitung zakat mal tersebut adalah sebagai berikut:

Nishab zakat mal= 2,5% x jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun.

Misalnya kamu memiliki emas 87gram yang disimpan selama 1 tahun penuh, maka wajib mengeluarkan zakat dari harta yang disimpan. Begini penghitungannya:

2,5% x 87 gram = 2,175gram atau uang seharga emas tersebut.

Contoh lain:

Si Fulan selama satu tahun penuh menyimpan harta (emas/perak/uang) senilai Rp100.000.000,00.

Jika harga emas saat ini Rp900.000,00/gram, sehingga nishab zakat mal senilai Rp76.500.000,00.

Karena jumlah totalnta adalah 100 juta, sementara nishabnya 76,5 juta, maka Si Fulan sudah wajib zakat.

Zakat mal yang perlu ditunaikan oleh Si Fulan adalah sebesar 2,5% x Rp100.000.000,00= Rp2.500.000,00.

Akan tetapi, jenis-jenis zakat mal tidak hanya emas, namun juga ada zakat profesi, zakat perniagaan, zakat peternakan, zakat saham, dan zakat perusahaan.

5 dari 8 halaman

Cara Menghitung Zakat Mal Berupa Profesi atau Penghasilan

Perlu diketahui sebelumnya, zakat profesi merupakan zakat yang dikenakan pada setiap pekerja profesional tertentu, baik yang dilakukan sendirian maupun bersama dengan orang/lembaga lain, yang mendatangkan penghasilan (uang) halal yang memenuhi nishab (batas minimum untuk wajib zakat). Contohnya adalah pejabat, pegawai negeri atau swasta, dokter, konsultan, advokat, sejenisnya.

Cara menghitung zakat mal berupa profesi atau penghasilan ditunaikan jika sudah cukup nishab setara dengan 85gram emas. Kemudian kadar zakat sebesar 2,5%. Zakat itu ditunaikan pada saat penghasilan diterima, dengan ketentuan harga emas terbaru.

Contoh:

Jika harga emas per 18 Juli 2022 sekitar Rp900.000,00 maka nishab zakat profesi adalah Rp76.500.000.- per tahun atau Rp6.375.000.-, per bulan.

Dengan demikian jika seorang muslim memiliki penghasilan per bulan lebih dari Rp6.375.000.-, maka ia sudah wajib menunaikan zakat mal.

6 dari 8 halaman

Cara Menghitung Zakat Perniagaan

Zakat perniagaan merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta perdagangan, sedangkan harta niaga adalah harta atau aset yang diperjualbelikan dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan. Maka dalam harta niaga harus ada 2 motivasi yaitu, motivasi untuk berbisnis (diperjualbelikan) dan motivasi mendapatkan keuntungan.

Batas nishab zakat perniagaan yaitu 653 kg gabah/524 kg beras (makanan pokok)

Kadar zakat mal: 2,5% (dianalogikan kepada zakat emas dan perak yaitu sebesar 2,5 persen atas dasar kaidah Qias Asysyabah).

Cara menghitung zakat mal:

Nishab zakat mal: 85gram emas

Kadar zakat mal: 2,5%

Rumus cara menghitung zakat perniagaan adalah:

2,5% x (aset lancar - utang jangka pendek)

Misal:

Seorang pedagang A memiliki aset senilai Rp200.000.000,00 dengan utang jangka pendek senilai Rp50.000.000,00. Jika harga emas saat ini Rp900.000,00/gram, maka nishab zakat senilai Rp76.500.000,00. Sehingga pedagang tersebut sudah wajib zakat atas hasil dagangannya.

Zakat perdagangan yang perlu ia tunaikan sebesar:

2,5% x (Rp200.000.000 - Rp50.000.000) = Rp3.750.000

7 dari 8 halaman

Cara Menghitung Zakat Peternakan

Cara menghitung zakat mal berupa peternakan harus diketahui ketentuannya terlebih dahulu, yaitu:

Harta berupa ternak yang akan dizakati adalah 100% milik sendiri, alias bukan hasil utang atau ada hak orang lain dialamnya.

Harta sudah mencapai haul. Hewan ternak baru boleh dibayar zakatnya jika masa kepemilikan sudah mencapai satu tahun.

Dirawat dan digembalakan. Maksudnya sengaja diurus sepanjang tahun untuk memeroleh susu, daging, dan hasil pengembangbiakannya.

Hewan ternak tersebut tidak dipakai untuk membajak sawah, mengangkut barang, atau menarik gerobak. Seperti dalam hadis Nabi SAW: “ Tidaklah ada zakat untuk sapi yang digunakan bekerja.” (HR Abu Daud dan Daruqutni)

Sementara untuk nishab dan kadarnya berbeda-beda pula tergantung jenis hewannya.

Kambing, Biri-Biri, dan Domba:

  1. Nishab 40 sampai 120 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat 1 ekor umur 1 tahun.
  2. Nishab 121 sampai 200 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat 2 ekor.
  3. Untuk seterusnya setiap tambahan 100 ekor, kadar zakatnya tambah 1 ekor umur 1 tahun.

Sapi dan Kerbau:

  1. Nishab 30 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat, 1 ekor umur 1 tahun.
  2. Nishab 40 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat, 1 ekor umur 2 tahun.
  3. Untuk seterusnya setiap bertambah 30 ekor zakatnya bertambah 1 ekor umur 1 tahun dan setiap bertambah 40 ekor, zakatnya tambah 1 ekor umur 2 tahun.

Sedangkan ternak lainnya seperti ayam, bebek, burung, ikan, dan lainnya tidak ditetapkan berdasarkan jumlah (ekor) namun skala usaha.

8 dari 8 halaman

Cara Menghitung Zakat Saham

Keuntungan saham juga wajib dikeluarkan zakatnya sesuai kesepakatan para ulama pada Muktamar Internasional Pertama tentang zakat di Kuwait (29 Rajab 1404). Harta perdagangan yang dikenakan zakat dihitung dari asset lancar usaha dikurangi utang yang berjangka pendek (utang yang jatuh tempo hanya satu tahun). Jika selisih dari aset lancar dan utang tersebut sudah mencapai nishab, maka wajib dibayarkan zakatnya.

Nishab zakat profesi: 653 kg gabah / 524 kg beras (makanan pokok)

Kadar zakat maal: 2,5% (dianalogikan kepada zakat emas dan perak yaitu sebesar 2,5 %, atas dasar kaidah Qias Asysyabah)

Cara menghitung zakat mal berupa saham menggunakan nishab emas.

Nishab: 85gram emas

Kadar: 2,5%

Cara menghitung zakat mal: 2,5% x Jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun

Cara menghitung zakat saham (dalam satuan lot)”

Nominal zakat: (harga pasar/lembar x 100 lembar)

Contoh:

Si Fulan selama 1 tahun penuh memiliki total asset account senilai Rp100.000.000,00.

Jika harga emas saat ini Rp900.000,00/gram, maka nishab zakat senilai Rp76.500.000,00. Sehingga Si Fulan sudah wajib zakat.

Zakat mal yang perlu Si Fulan tunaikan sebesar:

2,5% x Rp100.000.000,00 = Rp2.500.000,00

 

Sumber: zakat.or.id.

Beri Komentar