Perkiraan Tim Menteri Ekonomi Kabinet Jokowi Jilid II, Ada yang Jago Silat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 22 Oktober 2019 07:24
Perkiraan Tim Menteri Ekonomi Kabinet Jokowi Jilid II, Ada yang Jago Silat
Siapa saja orang-orang yang dikabarkan akan jadi menteri ekonomi Jokowi?

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memanggil sejumlah tokoh yang dikabarkan sebagai calon menteri kabinet Jokowi jilid II ke Istana Negara kemarin, Senin 21 Oktober 2019. Di sesi mirip walk in interview hari pertama itu, Mahfud MD menjadi sosok pertama dan ditutup oleh Prabowo Subianto

Dari 11 tokoh yang dipanggil Jokowi, beberapa diantaranya adalah wajah-wajah baru di dunia birokrasi dan politik Tanah Air. 

Belasan tokoh yang datang ini mengenakan pakaian yang sama berupa kemeja putih. Kehadiran mereka terlihat jelas oleh para jurnalis karena mereka melalui jalur yang biasa dilewati para tamu yang akan menghadap presiden. 

Posisi yang akan diemban para calon menteri ini memang masih jadi teka-teki. Ke-11 tokoh tersebut hanya memberikan sinyal tentang pekerjaan yang akan dilakukannya jika menjadi menteri. Sinyal itu berasal dari pembicaraan yang dilakukan empat mata dengan Jokowi. 

Dari penjelasan topik pembicaraan tersebut, beberapa calon menteri membicarakan tentang kemungkinan posisinya ditempatkan sebagai menteri yang akan menjadi tim ekonomi kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Berikut lima tokoh yang dikabarkan akan menjadi `pembantu` Jokowi di bidang perekonomian:

1 dari 5 halaman

A. Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto bukanlah orang baru di kalangan pemerintah. Dia juga bukan orang baru di dunia politik. Airlangga merupakan menteri perindustrian di Kabinet Kerja periode 2014—2019.

Dalam sesi wawancara dengan awak media, pria kelahiran Jawa Timur tahun 1962 sempat menyinggung soal pembicaraan dengan presiden Jokowi seputar ekspor impor, defisit neraca perdagangan, serta pengembangan kawasan ekonomi khusus yang diisi industri unggulan. 

" Presiden meminta dicarikan produk yang bisa menyelesaikan persoalan neraca perdagangan atau defisit perdagangan," ujarnya. 

 

Airlangga diketahui mengenyam pendidikan magister dari University of Melbourne, Australia. Kiprahnya di dunia bisnis dan politik tak diragukan. Dia pernah menjabat Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011—2014 dan ketua umum Persatuan Insinyur Indonesia periode 2006—2009.

Di karier politiknya, Airlangga menjadi Ketua Komisi VII DPR periode 2006—2009. Komisi ini membidangi energy, lingkungan hidup dan ristek. Dia juga tercatat sebagasi wakil bendaraha DPP Partai Golkar periode 2009—2015. Lalu, Airlangga juga terpilih kedua kalinya sebagai anggota DPR pada periode 2009—2014 sebagai ketua umum Komisi VI.

2 dari 5 halaman

B. Edhy Prabowo

Edhy Prabowo lahir di Muara Enim, Sumatera Selatan, pada 1972. Dia merupakan politisi Gerindra yang dulunya atlet silat.

Sebelum berkarier di politik, Edhy pernah menjadi atlet silat di Pekan Olahraga Nasional (PON). Kemudian, dia diterima sebagai anggota Akabri pada 1991. Edhie diketahui pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo.

Kedatangan ke Istana Negara berbarengan dengan Prabowo Subianto yang mengaku mendapat tawaran menteri di bidang pertahanan. Edhie tak memberikan komentar usai bertemu Jokowi.

 

" Edhie Prabowo beliau sendiri akan mengumumkan pada saatnya. Presiden yang akan mengumumkan. Mungkin ada sedikit konfirmasi tempatnya dimaa, tapi intinya beliau akan umumkan nanti hari Rabu," ujar Prabowo Subianto.

Ramai dikabarkan Edhie akan menempati posisi Menteri Pertanian.

Karier politik Edhie Prabowo dimulai saat maju sebagai calon legislatif mewakili daerah pemilihan, Sumatera Selatan. Pada 2004—2019, dia terpilih sebagai anggota Komisi VI DPR RI. Pada 2014—2019, dia terpilih lagi jadi anggota DPR di komisi IV.

Di Gerindra, Edhy menjabat sebagai wakil ketua umum di bidang keuangan dan pembangunan nasional DPP.

3 dari 5 halaman

C. Erick Thohir

Di antara calon menteri ekonomi lainnya, Erick Thohir mungkin yang paling jelas menyatakan ditawari posisi sebagai salah satu menteri di bidang perekonomia. 

" Saya rasa lebih banyak di ekonomi," ujar Erick yang tak menjelaskan detail posisi menteri yang dimaksud. 

Erick menjelaskan jika posisi menteri bidang ekonomi itu diminta sesuai target presiden yang menyampaikan jika Indonesia di tahun 2045 akan menjadi negara maju dimana pendapatan per kapita per tahun mencapai Rp 300 juta lebih dengan rata-rata per bulan sekitar Rp30 juta

Diakui Erick, jika dia bersama Wishnutama dan Nadiem Makariem menjadi wajah baru di kalangan birokrasi. Namun mereka berusaha untuk membantu presiden mewujudkan pemikiran presiden yang disampaikan dalam sidang paripurna MPR. 

Diketahui Erick lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970 dari keluarga pekerja keras. Dia adalah anak Teddy Thohir. Saudaranya, Garibaldi “ Boy” Thohir, merupakan seorang bankir.

Erick merupakan pengusaha Indonesia dan pendiri Mahaka Group. Di kepemimpinannya, Mahaka berbisnis di bidang media dan hiburan, seperti Republika, Golf Digest, dan Mahaka Advertising. Dia juga menjadi Direktur PT Intermedia Capital Tbk (IMC), cucu usaha grup Bakrie yang mengelola stasiun televisi ANTV.

Selain bisnis, Erick juga “ punya nama” di bidang olahraga. Namanya terus menanjak setelah membeli salah satu klub sepakbola Italia, Internazionale Milan (Inter Milan). 

Di Tanah Air, Erick adalah pemilik klub bola basket Staria Muda Britama dan Indonesia Warriors. Pada 2012, bersama Levien, dia menjadi pemilik mayoritas saham klub yang berlaga di Major League Soccer, DC United. Lewat DC United itulah dia memanggungkan sejumlah pebasket muda Indonesia ke panggung dunia.

4 dari 5 halaman

D. Nadiem Makarim

Nadiem Makariem merupakan sosok mengejutkan yang datang di hari pertama pemanggilan calon menteri. Namanya memang sudah cukup lama muncul sebagai salah satu calon menteri Jokowi.

Sama seperti para calon menteri lain, Nadiem juga tak menjelaskan spesifik posisi menteri yang akan diembannya.

Secara tersirat, Nadiem menyebut beberapa hal yang dibahas itu sudah disebutkan dalam pidato pelantikan Jokowi kemarin di Gedung DPR/MPR.

" Terutama di bidang semua arahan Presiden. SDM, reformasi birokrasi dan peningkatan investasi," ujar Nadiem.

 

Diketahui Nadien merupakan pria kelahiran Singapura pada 1984. Dia sempat mengenyam pendidikan jurusan Hubungan Internasional Brown University, Amerika Serikat, pada 2002 dan lulus tahun 2006.

Pada 2009, Nadiem melanjutkan pendidikan pasca sarjana Master of Bussiness Administration di Harvard Business School. Setahun kemudian, anak pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri, mendirikan Gojek. Semula, perusahaan ini menawarkan bisnis pengiriman barang dan layanan ride hailing dengan sepeda motor.

Kini, layanannya telah bertransformasi menjadi “ super app”. Layanannya tak hanya berbasis di bidang ojek Di bawah kepimimpinan Nadiem, Gojek juga mengembangkan sayap ke negara tetangga, yaitu Thailand dan Vietnam.

Kini, Gojek telah menjadi perusahaan decacorn. Nilai perusahaannya menembus angka US$10 miliar (Rp141,02 triliun). Berkat kesuksesan Gojek, harta Nadiem turut meroket. Menurut Globe Asia, pria ini masuk ke dalam daftar 150 orang kaya Indonesia. Kekayaan Nadiem mencapai US$100 juta atau sekitar Rp1,41 triliun.

 

5 dari 5 halaman

E. Wishnutama Kusubandio

Sosok profesional yang dipanggil Jokowi adalah Wishnutama. Pria berkacamata ini mulai mencuat namanya setelah sukses membantu penyelenggaran Asian Games 2018. 

Sama seperti Nadiem, Wishnutama juga enggan membeberkan posisi menteri yang akan ditempatinya. 

" Saya diminta membantu beliau," ujar Wishnutama di Istana Negara, Senin 21 Oktober 2019.

Wishnutama tidak menyebutkan jabatan menteri yang akan diamanahkan kepadanya. Dia memberikan kata kunci, yaitu berkaitan dengan kemampuannya selama ini.

" Tentu akan diumumkan nanti oleh Bapak Presiden langsung, kira-kira di bidang kemampuan saya," lanjut Wishnutama.

Selama ini Wishnutama dikenal sebagai salah satunya bos NET Televisi, Wishnutama. Pria bernama lengkap Wisnutama Kusubandio lahir di Jayapura pada 1970. Dia merupakan salah satu pendiri dan komisaris utama NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, Wishnutama adalah direktur utama Trans TV, Trans 7, dan NET.

Lelaki yang akrab dipanggil Tama ini menghabiskan masa SMA di Kooralbyn International School, Queensland Australia, dan di International School of Singapore.

Tama merampungkan kuliah liberal arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat serta ilmu komunikasi dan televisi di Emerson College, Boston.

Dia mulai kariernya dari bawah sebagai production assistant di New England Cable News Amerika Serikat dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Tama juga pernah mengenyam pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik