Pacu Inklusi Keuangan, BRIsyariah Tebar Simpanan Pelajar ke Yatim Dhuafa

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 21 Oktober 2019 18:24
Pacu Inklusi Keuangan, BRIsyariah Tebar Simpanan Pelajar ke Yatim Dhuafa
Bank syariah ini membagikan simpanan pelajar.

Dream – PT BRIsyariah Tbk meningkatkan inklusi keuangan dengan menyasar kalangan pelajar. Bank syariah ini membagikan simpanan pelajar bagi 30 yatim dhuafa.

Direktur Operasional BRI Syariah, Fahmi Subandi mengatakan, simpanan pelajar itu diharapkan bisa membentu meningkatkan jumlah pelajar mengakses lembaga keuangan.

" Dimulai dari simpanan pelajar, kami hadap adik-adik memiliki budaya menabung sejak dini," ujar Fahmi di acara Fin Expo 2019, Jakarta, Jumat 18 Oktober 2019.

Dia menjelaskan, bulan inklusi keuangan yang digelar selama Oktober ini bisa menjadi momentum untuk memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat tentang sektor keuangan.

Upaya itu ditindak lanjuti BRI Syariah dengan terus mengedukasi nasabah dan masyarakat untuk menggunakan berbagai produk syariah.

" Kami terus berupaya menyederhanakan penjelasan mengenai akad-akad yang berlaku di bank syariah, misalnya akan Wadiah untuk tabungan, murabahah untuk pembiayaan griya faedah," kata dia.

1 dari 6 halaman

Genjot Bisnis KPR Syariah, BRISyariah Gandeng Alam Sutera Group

Dream – PT BRIsyariah Tbk terus meningkatkan pembiayaan di sektor konsumer. Anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk itu menggandeng perusahaan properti PT Delta Mega Persada.

Dikutip dari keterangan tertulis BRIsyariah, Kamis 3 Oktober 2019, perusahaan akan menyediakan akses pembiayaan untuk calon nasabah yang ingin memiliki rumah dari anak usaha Alam Sutera Group.

Tak hanya bangunan, BRISyariah juga menyediakan fasilita pembiayaan untuk pembelian tanah.

“ Kesempatan bekerja sama dengan Alam Sutera Group menjadi kesempatan bagi kami untuk memperluas pasar penyaluran KPR syariah,” kata Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah, Fidri Arnaldy, di Jakarta.

 

 

Bank syariah ini menyediakan pembiayaan KPR sampai Rp25 miliar. Tenor maksimal untuk tanah adalah 5 tahun dan rumah 20 tahun. Marjin pembiayaan saat ini berkisar antara 12,75 persen—13,75 persen.

Menurut Fidry, marjin pembiayaan takkan mengalami perubahan karena tak terpengaruh oleh perubahan suku bunga.

“ Dengan demikian, angsuran yang dibayarkan nasabah pun tetap. Kepastian ini adalah Faedah yang didapatkan nasabah ketika memilih bank syariah,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Bisnis Pembiayaan Perumahan Topang BRISyariah

Untuk calon nasabah yang ingin menggunakan fasilitas pembiayaan ini, perusahaan menyediakan akad murabahah. Dalam akad ini, bank membelikan rumah yang diperlukan oleh nasabah. Lalu, barang tersebut dijual kepada nasabah sebesar harga perolehan ditambah dengan marjin keuntungan yang disepakati antara nasabah dan bank.

“ Jadi, harganya transparan,” kata dia.

Fidry menyatakan bisnis pembiayaan perumahan saat ini masih menjadi penopang segmen konsumer yang dijalankan BRISyariah. Dengan kontribusi 78 persen, bisnis pembiayana perumahaan BRISyariah tumbuh 18 persen year on year.  

3 dari 6 halaman

BRISyariah Dapat `Rezeki Nomplok` Rp20 Triliun Berkat Qanun LKS Aceh

Dream - PT Bank BRIsyariah Tbk menggenjot peningkatan kinerja pada semester II 2019. Salah satu strategi yang sedang dibidik perusahaan adalah memfokuskan perhatian pada penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang berlaku di Provinsi Aceh.

Dengan penerapan Qanun tersebut, portofolio bisnis induk usaha, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk akan dikonvensikan ke produk syariah. BRIsyariah menargetkan dua juta nasabah dan Rp20 triliun portofolio bisnis BRI terkonversi ke BRIsyariah.

" Artinya implementasi Qanun LKS di Aceh ini akan membawa dampak besar bagi peningkatan kinerja BRIsyariah, baik di segi pendanaan, pembiayaan, maupun laba rugi," jelas Direktur Bisnis Komersil BRIsyariah, Kokok Alun Akbar, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

 

 

Kokok mengatakan perusahaan berpeluang mendapatkan tambahan dana murah melalui penerapan Perda Syariah ini. Dia menilai peningkatan CASA sangat penting untuk rekomposisi dana pihak ketiga yang dapat menurunkan porsi cost of fund atau biaya dana.

Biaya dana BRIsyariah mengalami penurunan sebesar 30 bps menjadi 4,43 persen pada semester I 2019. Sebelumnya, biaya dana tercatat 4,73 persen di akhir 2018.

Kokok mengatakan keberhasilan penurunan ini ditopang pertumbuhan Tabungan Payroll serta giro transaksional nasabah.

Sisi pembiayaan, BRIsyariah bakal melakukan sejumlah upaya di semester akhir 2019. Beberapa di antaranya peningkatan perangkat perbankan digital untuk menunjang pertumbuhan bisnis lebih optimal di segmen mikro dan konsumer.

Segmen konsumer BRIsyariah pada semester I 2019 tumbuh sebesar 21,59 persen yoy. Sedangkan kontribusi terbesar disumbang oleh pembiayaan Multi Faedah iB salary based.

Sedangkan terkait pembiayaan bermasalah, BRIsyariah menunjukkan perbaikan dibandingan posisi pada akhir 2018. Rasio NPF pada semester 1 2019 turun menjadi 4,51 persen dibandingkan akhir 2018 sebesar 4,97 persen.

Sedangkan laba yang berhasil dibukukan sebesar Rp35 miliar. Hal ini merupakan dampak dari langkah konservatif yang dijalankan BRIsyariah.

4 dari 6 halaman

Aksi Berfaedah BRISyariah Sambut HUT Kemerdekaan RI

Dream - PT Bank BRISyariah Tbk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 dengan kegiatan berfaedah. Ratusan pegawai BRISyariah berpartisipasi mendonorkan darah mereka ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Aksi donor darah ini dilakukan di kantor pusat BRISyariah di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019 lalu.

Sekretaris Perusahaan PT Bank BRISyariah Tbk, Indriati Tri Handayani mengatakan donor darah telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan perusahaan setiap 3 bulan sekali.

" Kali ini waktunya bertepatan dengan HUT RI, sehingga lebih semarak," kata Indri dalam keterangan tertulisnya.

Kegiatan sosial donor darah ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) BRIsyariah yaitu Faedah Kesehatan.

 

 

BRISyariah berharap kegiatan ini akan mendapatkan manfaat kesehatan baik bagi pendonor maupun penerima darah.

" Alhamdulillah karyawan atau yang biasa kami sebut Insan BRIsyariah antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.”

Mengusung tema Donor Darah BerFAEDAH, BRISyariah berhasil mengumpulkan kurang lebih 100 kantong darah. PMI juga turut memberikan penghargaan bagi Insan BRIyariah yang sudah mendonorkan darahnya lebih dari sepuluh kali.

“ Kami mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita akan pentingnya persaudaraan, persatuan dan kesatuan, rasa saling tolong-menolong antar sesama,” ujar Indri

5 dari 6 halaman

BRIsyariah Layani Jasa Perbankan Syariah Mitra UMKM LPPOM MUI

Dream – PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIsyariah) terus mendukung pengembangan bisnis halal melalui kerjasama dengan pihak lain. Kali ini BRIsyariah menjalin kerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majalis Ulama Indonesia (MUI).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 27 Juni 2019, penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Bisnis Komersial BRIsyariah, Kokok Alun Akbar bersama Direktur Utama LPPOM MUI, Lukmanul Hakim. Penandatangannya dilakukan dalam acara Grand Launching Sertifikasi Halal Online Cerol V3.0 di Balai Kartini, Jakarta.

Dalam Nota Kesepahaman yang disepakati, BRI akan menyediakan layanan perbankan syariah bagi para mitra UMKM LPPOM MUI.

 

 

Langkah kerjasama ini merupakan upaya yang tepat bagi BRI Syariah khususnya LPPOM MUI. Sekadar informasi, BRIsyariah menjadi penyalur KUR syariah.

“ MUI sudah cukup dikenal metode dan proses sertifikasi halalnya di dunia, jadi kalau BRIsyariah bekerja sama tentu saja akan membuka lebih banyak lagi mitra UMKM bagi LPPOM MUI,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Begini Kerja Samanya

Contohnya, anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) akan membantu meningkatkan kualitas produk usaha mikro, kecil, dan menengah. Saat ini, ada 57 ribu UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Batuannya melalui penyediaan fasilitas pembiayaan produk layanan dan jasa yang ada di BRIsyariah.

“ Kami hadir disini untuk melengkapi kebutuhan para pelaku UMKM khususnya mitra LPPOM MUI yang ingin mengembangkan bisnis halalnya,” kata dia.

Kokok mengatakan fasilitas pembiayaan ini diberikan khususnya kepada mitra UMKM LPPOM MUI yang sedang mengajukan sertifikasi halal, sekaligus BRIsyariah membantu mensosialisasikan terkait sertifikasi halal bagi UMKM lainnya.

“ Insya Allah melalui kerja sama ini dapat memberikan keuntungan yang berkah bagi kedua belah pihak, sesuai dengan visi BRIsyariah yaitu menjadi bank ritel modern terkemuka dengan ragam layanan finansial,” kata dia.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie