Minta Maaf Layanan Eror, Dirut BSI Bicara Soal Serangan Siber

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 11 Mei 2023 06:45
Minta Maaf Layanan Eror, Dirut BSI Bicara Soal Serangan Siber
Hery Gunardi menjelaskan, terkait dengan adanya serangan cyber, BSI akan melakukan penelusuran atas hal tersebut.

Dream - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang dialami nasabah dalam mengakses layanan mereka. Manajemen BSI menegaskan komitmen untuk menjaga keamanan dana serta data milik nasabah. 

“ Atas nama Bank Syariah Indonesia, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan nasabah karena adanya kendala dalam mengakses layanan BSI pada 8 Mei 2023,” kata Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, dalam keterangan resmi, Rabu 10 Mei 2023.

Hery Gunardi menjelaskan, terkait dengan adanya serangan siber, BSI akan melakukan penelusuran. Menurut dia, perlu ada bukti melalui audit digital forensik soal dugaan tersebut.

“ Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik itu regulator maupun pemerintah,” tutur Hery.

1 dari 3 halaman

Hery pun menegaskan komitmen BSI sebagai institusi perbankan untuk terus memperkuat pertahanan dan keamanansiber, terutama demi kepentingan nasabah. 

BSI juga tidak henti mengingatkan nasabah untuk terus menjaga kewaspadaan dan berhati-hati terhadap berbagai bentuk modus penipuan serta kejahatan digital yang mengatasnamakan Bank Syariah Indonesia.

“ Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyaman ini dan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada BSI,” ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Hery Gunardi menuturkan bahwa BSI terus melakukan proses normalisasi dengan fokus utama untuk menjaga dana dan data nasabah tetap aman, dan hingga saat ini proses normalisasi layanan telah dilakukan dengan baik.

“ Proses normalisasi layanan Bank Syariah Indonesia telah kami lakukan, dengan prioritas utama untuk meyakinkan dana dan data nasabah tetap aman di Bank Syariah Indonesia,” ujar Hery.

Diketahui, sudah tiga hari transaksi melalui layanan digital mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI) tidak bisa dilakukan. Terhitung sejak Senin (8 Mei 2023) hingga hari ini Rabu (10 Mei 2023).

Lain halnya dengan layanan ATM dan kantor cabang yang sudah berhasil dipulihkan oleh BSI pada Selasa (9 Mei 2023), kedua layanan ini juga sempat mengalami kendala pada Senin (8 Mei 2023).

3 dari 3 halaman

BSI menjelaskan, pada Selasa (9 Mei 2023) BSI telah berhasil melakukan normalisasi layanan pada jaringan ATM dan kantor cabang. Pada hari tersebut, lanjutnya, nasabah telah bisa melakukan transaksi di jaringan cabang dan ATM BSI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Masih pada hari yang sama pada Selasa malam, secara bertahap layanan BSI Mobile juga sudah dapat diakses oleh nasabah dengan fitur-fitur basic.

Kemudian pada hari ini, Rabu (10 Mei 2023) pukul 14.00 WIB, perseroan tengah melakukan monitoring dan proses normalisasi transaksi yang berdampak pada layanan BSI tidak bisa diakses sementara waktu yakni layanan di cabang, akses BSI Mobile maupun ATM di seluruh Indonesia. 

 

Beri Komentar