5 Restoran yang Sajikan Hidangan Asli Qatar, Rasakan Jadi Warga Lokal

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 22 November 2022 08:48
5 Restoran yang Sajikan Hidangan Asli Qatar, Rasakan Jadi Warga Lokal
Kamu bisa santap mulai dari makanan pembuka hingga penutup yang identik dengan masakan rumahan.

Dream - Selain memiliki Festival City yang populer di Doha, Qatar juga punya sederet makanan lokal terbaik yang patut dicoba. Soal rasa, negara ini memiliki keragaman masakan internasional yang luar biasa sehingga cukup sulit menemukan hidangan klasik Qatar.

Selama berabad-abad, makanan Qatar telah dipengaruhi oleh Levant, Afrika Utara, dan anak benua India, serta budaya Badui nomaden. Hasilnya adalah masakan yang penuh dengan cita rasa kompleks dengan kombinasi teknik slow cooking dan paduan rempah yang kaya.

Tetapi kamu tetap bisa menemukan restoran lokal yang menyajikan kuliner lezat, mulai dari makanan pembuka hingga penutup yang identik dengan masakan rumahan.

Berikut beberapa rekomendasi hidangan asli Qatar yang disukai warga lokal dan wisatawan.

1. Saloona di Walima

Kamu bisa menyantap makanan yang memiliki rasa lokal dengan tempat nyaman. Saloona adalah rebusan Arab klasik yang sering dimasak di rumah untuk makan malam bersama keluarga.

Biasanya, sajian ini dilengkapi harus dimakan dengan roti untuk menyerap kaldu. Berbahan dasar ayam, menu ini disajikan dengan irisan jeruk nipis.

Lokasi: Mondrian Doha, West Bay Lagoon, Doha 24685, Qatar
Buka: Setiap hari dari jam 6 sore sampai jam 12 pagi
Telepon: +974 4045 5999

1 dari 6 halaman

2. Majboo di Al Manchab

Cobalah hidangan nasional Qatar yang berada di lingkungan mewah. Majboos adalah hidangan nasional Qatar yang wajib banget kamu. Majboos dibuat dengan domba atau ayam dan dimasak perlahan supaya meresap sampai ke dalam.

Ilustrasi© Shutterstock

Kamu bisa menemukan hidangan ini hampir semua restoran Qatar di Doha. Seperti salah satu restoran megah ini yang menyajikan Majboos berbumbu harum karena dimasak perlahan hingga sempurna dan ditaburi rosemary.

Lokasi: Al Hazm Mall, Markhiya St, Doha, Qatar
Buka: Sabtu–Kamis dari jam 9 pagi hingga 11 malam, Jumat dari jam 1 siang hingga 11 malam
Telepon: +974 3301 2286

3. Warak enab di Shisha Garden

Warak enab ini biasanya berisi daging cincang atau domba dan nasi yang dibumbui bawang putih, merica, dan ketumbar. Kamu juga bisa merasakan sedikit asam karena hidangan Qatar ini dilengkapi irisan lemon segar.

Tempatnya yang berada di halaman La Cigale Hotel, merupakan tempat Shisha Garden dapat membuat kamu merasa seperti baru saja lepas dari hiruk pikuk pusat kota Doha.

Di sana, kamu bisa melihat hijaunya pemandangan dan air terjun yang menciptakan suasana indah dan damai. Cigale Hotel adalah tempat yang bagus untuk santai dan mengemil makanan ringan seperti Warak enab sambil menikmati secangkir kopi atau shisha.

Lokasi: La Cigale Hotel, 60 Suhaim Bin Hamad St, Doha, Qatar
Buka: Setiap hari dari jam 7.30 pagi sampai jam 1 pagi dengan variasi musiman
Telepon: +974 4428 8702

2 dari 6 halaman

4. Ummu Ali di Karaki

Umm Ali adalah jenis makanan yang mirip dengan puding roti ditambah dengan kismis, kacang cincang, dan susu manis yang dipanggang sampai berwarna cokelat dan renyah.

Tak ketinggalan, di atasnya pun ditaburi kayu manis sehingga disebut salah satu makanan penutup Qatar yang paling manis.

Ilustrasi© Shutterstock

Ummu Ali di sini memiliki tekstur lembut dan mengenyangkan untuk perutmu dengan tambahan banyak buah kering dan perpaduan rempah-rempah yang sangat cocok di mulut.

Lokasi: Andalucia Way, Building B12 Medina Centrale, The Pearl, Doha, Qatar
Buka: Setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 1 pagi (sampai tengah malam pada hari Minggu)
Telepon: +974 4437 8477

3 dari 6 halaman

5. Kunafa dengan keju di Al Aker Souq Waqif

Kali ini makanan selanjutnya adalah Kunafa yaitu makanan penutup tradisional yang sangat manis dan populer di seluruh Timur Tengah.

Kunafa sendiri terdiri dari beberapa varian resep yang masuk ke beberapa masakan Eropa. Makanan ini terasa sangat manis karena direndam gula dan keju meleleh.

Ilustrasi© Shutterstock

Meski Kunafa secara tradisional merupakan suguhan buka puasa, kamu dapat menikmatinya kapan saja, salah satu tempat terbaik di Doha untuk mencoba kunafa adalah Al Aker Sweets yang terletak tepat di tengah Souq Waqif.

Lokasi: Al Souq Street, Doha, Qatar
Buka: Setiap hari dari jam 9 pagi sampai tengah malam
Telepon: +974 7092 7288

Sumber: Id.hotels, Laporan: Rena Safira

4 dari 6 halaman

5 Hidangan Khas Qatar yang Patut Dicoba

Dream - Tidak sedikit penggemar sejati sepakbola terbang ke Qatar untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022 secara langsung.

Selain untuk menonton pertandingan sepakbola, berkunjung ke Qatar bisa dimanfaatkan untuk wisata kuliner. Apalagi, Qatar terkenal dengan makanannya yang lezat dan kaya akan rempah-rempah.

Keju Terbaik di Dunia 2022 Berasal dari Negara Ini

Dilansir Everysteph, berikut makanan khas Qatar yang patut dicoba saat menyaksikan gelaran Piala Dunia 2022.

Majboos

 

Majboos© Everysteph.com

Foto: Everysteph.com

Margarin VS Mentega, Apa Bedanya?

Majboos adalah makanan nasional Qatar. Hidangan ini merupakan sajian nasi rempah yang disajikan bersama protein, seperti daging ayam, domba, ikan, atau unta. Makanan ini sangat terkenal di Qatar dan bisa ditemukan dengan mudah di tempat asalnya.

5 dari 6 halaman

Baleelat


Baleelat© Everysteph.com

Foto: Everysteph.com

Sayap Drone dari Kue Beras, Bisa Jadi Bantuan Darurat

Hidangan satu ini terbuat dari bihun yang digoreng dengan kapulaga, kunyit, dan air mawar. Baleelat juga dilengkapi dengan omelette dan taburan pistachio. Biasanya, makanan ini dijadikan saat sarapan atau sebagai makanan penutup.

Ummu Ali

Ummu Ali© Everysteph.com

Foto: Everysteph.com

Taburan Keju Lembut Perpaduan Cheddar dan Mozarella

Sebenarnya, makanan penutup satu ini berasal dari Mesir. Namun, ummu ali terkenal dan dinikmati di seluruh kawasan Timur Tengah, termasuk Qatar. Ummu Ali terbuat dari susu kental, kismis, kacang cincang, dan berbagai rempah yang dipanggang hingga bagian atasnya menjadi renyah.

6 dari 6 halaman

Thareed


Thareed© Everysteph.com

Foto: Everysteph.com

Thareed merupakan hidangan berkuah yang terbuat dari daging dan sayuran. Biasanya thareed disajikan dengan roti rigag, yaitu roti pipih yang renyah. Hidangan ini menjadi pilihan populer untuk berbuka puasa. Bahkan, diketahui sebagai hidangan terbaik Nabi Muhammad SAW.

Samboosa

Samboosa© Everysteph.com

Foto: Everysteph.com

Cara Unik Masyarakat Islandia Panggang Roti, Taruh di dalam Tanah

Samboosa merupakan makanan khas India, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Namun, setiap negara mempunyai versi Samboosa masing-masing.

Di Qatar, Samboosa memiliki bentuk segitiga dan diisi dengan daging, sayuran, atau keju yang kemudian digoreng. Hidangan ini bisa dinikmati sebagai hidangan pembuka ataupun dimakan sebagai camilan.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar