Plesir di Bali, Raja Saudi Angkut 2 Mobil Mewah dari Negaranya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 23 Februari 2017 16:30
Plesir di Bali, Raja Saudi Angkut 2 Mobil Mewah dari Negaranya
Dua mobil ini milik anggota kerajaan Arab Saudi diterbangkan langsung dari negaranya.

Dream – Tidak hanya tangga pesawat khusus, rombongan Raja Arab Saudi yang akan berkunjung ke Indonesia juga turut membawa mobil mewah. Kendaraan bermerek Mercedes Benz seri S600 milik Pangeran Arab Saudi diterbangkan khusus dari Arab Saudi untuk menunjang aktivitas rombongan.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 23 Februari 2017, PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) turut menangani kargo berupa dua unit mobil VVIP milik anggota kerajaan Arab Saudi itu.

Dua mobil tersebut diterbangkan dari Jakarta dan telah tiba di Denpasar pada tanggal 18 Februari 2017 menggunakan penerbangan Saudi Arabian SV 6833.

Mobil S600© PT Jasa Angkasa Semesta Tbk

Sekadar informasi, sepekan jelang kedatangan rombongan Raja Saudi, kargo milik kerajaan mulai berdatangan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Ngurah Rai sejak tanggal 15 Februari 2017. Arus masuk barang kargi itu akan terus berlangsung sampai Kamis, 23 Februari 2017.

“ Kami secara khusus men-deploy main deck loader dari Cengkareng dengan kapasitas 32 ton untuk menaikkan dan menurunkan kargo mereka,” kata Deputi Direktur Operasonal JAS Airport Services, Subiyono.

S600 2© PT Jasa Angkasa Semesta Tbk

Sekadar informasi, maskapai Saudi Arabian mempercayakan penanganan ground handling kepada perusahaan ini. jenis pesawat rombongan kerajaan Arab Saudi yang ditangani JAS di antaranya adalah Boeing 747-400, B747 Freighter, B777, B757, dan B737-800.

1 dari 2 halaman

Ke Indonesia, Raja Saudi Bawa Tangga Pesawat Sendiri

Dream – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, bersama rombongannya akan berkunjung ke Indonesia di awal Maret 2017. Peralatan dan perlengkapan yang akan menunjang aktivitas rombongan raja sudah mulai berdatangan ke Indonesia.

Diantara barang bawaan yang datang, ada salah satu item yang menarik perhatian. Jika Presiden AS kerap membawa mobil presiden langsung dari negara, Raja Saudi justru membawa sebua tangga pesawat khusus raja.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 23 Februari 2017, tangga pesawat khusus Raja Salman dan perlengkapan rombongan telah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, sejak kemarin.

Kargo mulai berdatangan di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Ngurah Rai sejak Selasa 21 Februari 2017 hingga Kamis 23 Februari 2017.

Salah satu kargo yang spektakuler adalah tangga motorized atau excavator yang biasa digunakan oleh Raja Salman. Pesawat Saudi Arabian (SV 6854) tiba pertama di Bandara Halim Perdanakusuma pukul 24.00, lalu melanjutkan penerbangan ke Denpasar. Pesawat itu tiba pukul 07.00 WITA khusus untuk mengantarkan tangga tersebut.

Tangga pesawat khusus Raja Salman© PT Jasa Angkasa Semesta Tbk

“ Kami secara khusus men­-deploy main deck loader dari Cengkareng dengan kapasitas 32 ton untuk menaikkan dan menurunkan kargo mereka,” kata Deputi Direktur Operasional PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) Airport Services, Subiyono.

Tangga pesawat khusus Raja Salman© PT Jasa Angkasa Semesta Tbk

Maskapai Saudi Arabian mempercayakan penanganan ground handling kepada perusahaan ini. jenis pesawat rombongan kerajaan Arab Saudi yang ditangani JAS di antaranya adalah Boeing 747-400, B747 Freighter, B777, B757, dan B737-800.

2 dari 2 halaman

Begini Layanan VVIP Rombongan `Jumbo` Raja Saudi di Bandara

Dream – Menjelang kunjungan Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz, pemerintah siap menyambut dan melayani rombongan kerajaan. Penyambutan dan pelayanan ini akan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku pada bidang penerbangan untuk tamu negara VVIP, baik di Bandara Halim Perdanakusumah dan Bandara Ngurah Rai.

“ Kami akan memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan rombongan VVIP selama di bandara,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Kamis 23 Februari 2017.

Dengan layanan yang diberikan, Budi Karya mengatakan penerbangan rombongan Raja Salman tidak akan mengganggu operasional penerbangan sehari-hari di dua bandara tersebut.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan juga akan mengeluarkan notice to airman (notam) yang diperlukan untuk peringatan terhadap semua pihak yang terkait dengan penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Ngurah Rai.

“ Kami akan mengeluarkan notam secepatnya jika ada kegiatan terkait penerbangan VVIP dari Kerajaan Arab Saudi tersebut,” ujar Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agoes Soebagio.

Saat ini di Bandara Ngurah Rai Bali, telah dibentuk pos koordinasi (posko) yang dikoordinasikan oleh TNI AU terkait kegiatan penyambutan rombongan VVIP tersebut. Posko tersebut beranggotakan PT Angkasa Pura I (Pengelola Airport), AirNav Indonesia, TNI AU, Otoritas Bandar Udara (OBU), dan Kepolisian RI.

Ada juga rekayasa parkir untuk pesawat-pesawat rombongan yang terdiri atas 4 pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, 2 pesawat Boeing B777, dan 2 pesawat C-130 Hercules.

Pesawat VVIP Raja akan diparkir dan menginap di tempat parkir (parking stand) B27. Sebagai alternatif, pesawat VVIP tersebut juga bisa ditempatkan di tempat parkir B17. Pesawat pendukung akan diparkir di tempat parkir B22-B26.

Jika menginap, pesawat pendukung akan ditempatkan di Apron Selatan atau dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Juanda, Surabaya. Untuk 2 pesawat C-130 Hercules akan ditempatkan di tempat parkir B28-B29.

Menurut Agoes, pengaturan parkir tersebut perlu dilakukan karena sebagian besar pesawat tersebut berjenis badan besar (widebody). Dengan pengaturan parkir yang baik, diharapkan tidak mengganggu operasional sehari-hari pesawat di Bandara Ngurah Rai tersebut.

“ Dengan demikian keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan penumpang reguler tetap terpenuhi dengan baik,” kata dia.

Beri Komentar