Tak Melulu Tanah, Barang Ini Juga Bisa Diwakafkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 20 September 2018 11:43
Tak Melulu Tanah, Barang Ini Juga Bisa Diwakafkan
Asalkan, syarat ini terpenuhi.

Dream – Masyarakat Indonesia hingga kini masih memiliki pandangan bahwa wakaf itu hanya berupa tanah. Padahal, berwakaf itu bisa dengan bentuk lain.

Chief Sharia Business Sun Life Financial Indonesia, Norman Nugraha semua barang atau benda bisa diwakafkan. Asalkan benda itu bernilai produktif, baik berupa benda bergerak maupun tidak bergerak.

" Wakaf itu yang penting ada nilainya produktif," kata Norman di The Avenue Java Paragon Surabaya, Jawa Timur, Rabu 19 September 2018.

Dia mengatakan salah satu benda bergerak yang bisa diwakafkan itu uang. Nantinya uang tersebut akan dikelola dan disalurkan ke kegiatan yang produktif. Dengan begitu, manfaatnya bisa terasa oleh masyarakat dan bagi yang berwakaf mendapat pahala.

" Yang penting kategorinya produktif, syarat berwakaf siapapun bisa," ujar dia.

Norman menuturkan, potensi dana wakaf pertahun di Indonesia itu Rp180 triliun. Tapi, dana yang terhimpun baru mencapai Rp400 miliar.

Menurut Norman, masih jauhnya dana yang terhimpun dari potensi wakaf karena pengetahuan masyarakat mengenai benda apa saja yang bisa diwakafkan itu hanya berupa tanah.

" Faktor yang pasti pemahaman. Masih ada pandangan kalau saya belum punya tanah berarti belum bisa berwakaf," kata Norman. (ism)

1 dari 2 halaman

Keseruan Kupas Wakaf Bersama Sun Life Financial

Dream – Selain zakat dan sodaqah, sebagian besar umat muslim pasti mengetahui amalan bersedekah lainnya berupa wakaf. Sayangnya, pemahaman masyarakat tentang wakaf selama ini hanya terbatas pada tanah dan bangunan.

Ketika disebutkan kata “ wakaf”, hal pertama yang mungkin terlintas di pikiran sebagain umat Islam adalah tanah dan masjid.

Inilah yang dirasakan seorang peserta acara “ Berwakaf dengan Pasti, Kini, dan Nanti Bersama Sun Life Financial Indonesia” yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 19 September 2018.

“ Tahunya itu berupa tanah, bangunan, masjid, dan jalan gitu,” kata Wahyuni saat berbincang dengan jurnalis Dream.

Wahyuni merupakan ketua kelompok Songolas beranggotakan para ibu dan seorang pria. Sebelum acara dimulai, mereka terlihat beberapa kali berfoto ria satu sama lain.

Para peserta juga kompak mengenakan dress code berwarna kuning. Selain ibu-ibu, ada juga lelaki yang menjadi peserta workshop ini.

Wahyuni mengaku tertarik mengikuti acara “ Berwakaf dengan Pasti, Kini, dan Nanti Bersama Sun Life Financial Indonesia” karena ingin mengetahui lebih lanjut tentang wakaf.

Sekadar informasi, acara “ Berwakaf dengan Pasti, Kini, dan Nanti Bersama Sun Life Financial Indonesia” bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang wakaf.

Diharapkan peserta yang mengikuti workshop ini bisa menjelaskan kepada orang lain tentang wakaf, termasuk wakaf uang.(Sah)

2 dari 2 halaman

Ayo Berwakaf dengan Mudah Bareng Sun Life & Jenahara

Dream - Dalam Islam amalan untuk hidup saling berbagi dengan sesama telah dianjurkan Allah SWT terhadap umat-Nya. Setiap makhluk memang telah diciptakan berbeda-beda dengan harapan saling melengkapi satu sama lain.

Jika selama ini Sahabat Dream mengira hanya zakat sebagai satu-satunya amalan ibadah terhadap harta kita, ternyata mash ada bentuk lain ibadah yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan dengan berwakaf.

Ustaz Ahmad Sarwat Lc, lewat Rumah Fiqih Indonesia mengatakan kalau zakat dan wakaf adalah dua ibadah yang berbeda.

Zakat merupakan bentuk bantuan taktis yang dapat langsung diterima pada asnaf, terutama kaum fakir miskin. Sedangkan, jika ada niat agar harta yang diserahkan dapat memberi manfaat, maka disalurkan dalam bentuk wakaf.

Keunggulan pertama wakaf adalah dapat dimanfaatkan untuk nilai produktif.

shutterstock© dream.co.id

Wakaf juga memiliki nilai unik dibandingkan dengan sedekah, yaitu mengandung manfaat yang terus menerus. Jika sedekah, bisa langsung habis.

Untuk menunjang hal itu, PT Sun Life Financial Indonesia hadir untuk mempermudah masyarakat dalam berwakaf. Perusahaan asuransi ini meluncurkan produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima untuk memfasilitasi nasabah yang ingin menunaikan ibadah wakaf.

Buat Sahabat Dream yang ingin tahu proses perwakafan dengan mudah, kamu bisa banget ikut 'Cultivate Kindness' pada Rabu, 19 September 2018 mendatang di The Avenue Java Paragon Surabaya.

Sun Life© dream.co.id

Di acara yang akan dihadiri Norman Nugraha selaku Chief Sharia Business Sun Life Financial Indonesia dan Jenahara Nasution yang dikenal sebagai fashion desainer hijab ini akan membahas tentang Berwakaf dengan Mudah bersama Sun Life Financial Indonesia.

Yuk isi data dari kamu lengkapnya di sini, dan nantikan undangan ekslusifnya dari Dream.co.id. Catat tanggal dan tempatnya ya.

[crosslink_1]

Beri Komentar