5 Manfaat Teknologi yang Wajib Dipahami Para Pebisnis

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 20 Agustus 2019 09:12
5 Manfaat Teknologi yang Wajib Dipahami Para Pebisnis
Jika dimanfaatkan dengan benar, teknologi bisa memperlancar kamu menghasilkan pundi-pundi uang.

Dream – Teknologi khususnya perangkat gawai dan manusia saat ini sudah tak bisa dipisahkan. Mulai dari urusan bisnis sampai kehidupan pribadi semuanya bisa dilakukan dengan kemudahan yang ditawarkan teknologi.

Dengan teknologi, kini setiap orang bisa menjadi pedagang. Tak perlu mempunya toko bahkan warung kecil sekalipun, kamu bisa menjadi berjualan online dengan beragam platftom e-Commerce yang sudah tersedia.

Perkembangan teknologi tak selamanya berdampak negatif. Teknologi ini bisa memberikan banyak manfaat jika kamu menggunakannya secara positif. Pertanyaannya saat ini, sudahkah kamu mengoptimalkan teknologi untuk berbisnis?

Jika belum, alangkah baiknya jika kamu memahami dan menerapkan teknologi canggih untuk berbisnis. Dengan pemahaman dan penerapan teknologi, kamu bisa menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Lantas, apa saja manfaat-manfaat teknologi dalam berbisnis? Berikut ini lima manfaat teknologi dalam bisnis, dikutip dari Cek Aja, Selasa 20 Agustus 2019.

1 dari 5 halaman

Memaksimalkan Pemasaran

Apapun bisnis yang dimiliki, kamu tentunya perlu memasarkannya seefektif mungkin jika ingin laku di pasaran. Teknologi akan sangat membantu dalam memperluas jangkauan calon pelanggan, misalnya dengan social media.

Media sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan bisnis. Terlebih Indonesia sudah lama menjadi negara dengan pengguna sosial media aktif terbesar di dunia. Dengan begitu, kamu bisa melakukan promosi melalui Facebook atau Instagram.

Selain itu, pemasaran dengan teknologi juga bisa dilakukan dengan bantuan Google Adword, tempat kamu dapat beriklan di mesin pencari lewat kata kunci yang bebas kita tentukan.

2 dari 5 halaman

Menyediakan Sarana Komunikasi

Kehadiran marketplace sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online, tentu juga semakin memudahkan bisnis seseorang. Bukan hanya penjualan saja yang meningkat, tetapi sarana komunikasi melalui live chat pun lebih terfasilitasi dengan aman.

Aman dalam arti, kamu tidak perlu menggunakan nomor pribadi untuk berkomunikasi. Ini bisa membuat privasi tetap terjaga meskipun harus melayani ratusan pelaggan.

Jika bisnismu sudah besar dan memiliki banyak pegawai, kamu bisa mulai mencoba menggunakan aplikasi untuk komunikasi internal tim, misalnya dengan Google Chat dan Slack.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Keamanan

Dalam mendukung suatu bisnis, kecanggihan teknologi juga hadir untuk meningkatkan keamanan. Teknologi tidak akan lengah memastikan bahwa informasi dapat diakses oleh orang yang tepat.

Peretasan bisa diperkecil. Misalnya, melalui permintaan e-mail dan kata sandi. Berkat hal itu, kebocoran data pribadi tidak akan terjadi.

Jika bertransaksi melalui marketplace, kini tak perlu khawatir ditipu. Penjual tak mungkin ‘lari’ begitu saja karena uang baru akan dicarikan oleh sistem setelah barang diterima pelanggan.

4 dari 5 halaman

Mempermudah Proses Transaksi

Teknologi yang semakin canggih membuat sistem pembayaran turut diperbarui. Pernah mendengar cashless society?

Istilah tersebut kerap disematkan pada orang-orang zaman now karena kebiasaan mereka bertransaksi yang serba elektronik. Selain kartu debit/kredit, uang elektronik lebih menjadi pilihan mereka ketimbang membawa uang tunai kemana-mana.

Nah, hal tersebut bisa kamu manfaatkan dalam bisnis dengan menyediakan sistem pembayaran non tunai tersebut, sehingga semakin banyak pula calon pelanggan yang tertarik.

5 dari 5 halaman

Menyediakan Fitur yang Kaya

Pepatah kuno mengatakan, “ pembeli adalah raja”. Ini merupakan alasan penting untuk memprioritaskan layanan terbaik bagi pelanggan setiap hari.

Penasaran dengan puas atau tidaknya pelanggan terhadap produk/jasa yang kamu jual? Teknologi adalah jawaban satu-satunya. Fitur bintang dan ulasan bukan hanya melengkapi layanan dalam bisnis yang kamu miliki. Lebih dari itu, fitur tersebut bisa meningkatkan reputasi tokomu.

Dengan mengetahui kepuasan pelanggan, kamu pun bisa memperbaiki apa yang masih kurang dari segi kualitas ataupun layanan.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya