Terungkap Alasan Pegawai Wanita Lebih Cepat Kedinginan

Reporter : Syahid Latif
Senin, 10 Agustus 2015 07:00
Terungkap Alasan Pegawai Wanita Lebih Cepat Kedinginan
Tahukah Anda, selama ini standar suhu kantor menggunakan ketentuan yang berlaku sejak tahun 1960.

Dream - Sering merasa kedinginan karena ruangan kantor menggunakan alat pendingin suhu ruangan (AC)? Anda tak sendirian. Sebuah survei berhasil menemukan jawaban mengapa pekerja wanita lebih mudah kedinginan dibandingkan pria.

Perbedaan komposisi tubuh antara wanita dan pria menyebabkan tingkat metabolisme wanita lebih rendah dari pria. Tingkat metabolisme yang berbeda ini yang mengakibatkan wanita sering merasa kedinginan dibandingkan pria.

Temuan ini terungkap oleh dua ilmuwan Boris Kingma dan Wouter van Marken Lichtenbelt dari University of Maastricht Medical Center di Belanda dalam jurnal mereka Nature Climate Change yang dipublikasikan awal pekan lalu.

Mengutip laman money.cnn.com, Sabtu, 8 Agustus 2015, perbedaan tingkat metabolisme itulah yang memicu pekerja wanita di gedung-gedung perkantoran kerap memakai busana tebal atau jaket untuk menahan dinginnya suhu kantor.

Selama ini, gedung-gedung perkantoran diketahui menyetel suhu kantor berdasarkan metabolisme pria berusia rata-rata 40 tahun dan berat sekitar 70 kilogram.

Sayangnya, standar inilah yang sudah diberlakukan sejak tahun 1960-an. Namun standar tersebut ternyata tidak sesuai dengan sistem metabolisme yang dimiliki wanita.

Kedua ilmuwan percaya standar suhu harus diatur sesuai dengan 'komposisi tubuh' dari orang-orang di gedung atau kantor. Agar menciptakan lingkungan yang ideal untuk sebagian besar orang.

" Wanita umumnya lebih kecil daripada pria dan memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi. Jadi, tingkat metabolisme mereka adalah 20% sampai 35% lebih rendah," kata Kingma.

Beri Komentar