Tips Memulai Bisnis untuk Wanita

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 13 Januari 2022 17:35
Tips Memulai Bisnis untuk Wanita
Banyak batasan yang kerap wanita hadapi, bahkan dari dirinya sendiri

Dream - Wanita acapkali menghadapi tantangan dan kesempatan lebih kecil dalam meraih mimpi untuk berkarier. Salah satu penyebabnya adalah pandangan dan stigma yang biasanya terlontar untuk perempuan yang membatasi mereka dalam menjalankan kehidupannya.

" Di Indonesia banyak sekali batasan sosial, hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan, wanita tuh harus ini harus itu. Dari kecil kita enggak pernah diberitahu bahwa sebagai wanita kita berharga," jelas Brand General Manager L’Oréal Paris, Maria Adina, pada wawancara di Power Accelerator 2022, Rabu 12 Desember 2021.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Dalam segala hal, niat adalah prinsip nomor satu. Niat yang kuat akan mendorong Sahabat Dream untuk melakukan tahap demi tahap pembelajaran dalam berbisnis. Selain niat, ada beberapa tips untuk menekuni bisnis yang dibagikan Adina pada interview yang dilakukan di acara Power Accelerator ini.

1 dari 3 halaman

Percaya Diri dan Percaya Kita Berharga untuk Raih Mimpi

Kepercayaan diri menjadi hal yang sangat krusial dalam memulai bisnis. Menunjukkan rasa percaya diri akan memberi keyakinan pada orang lain akan kemampuanmu, Sahabat Dream.

Dan yakini bahwa diri kamu berharga dan penting. Jangan menempatkan mimpi dan kebutuhan diri sendiri di list nomer 3 atau 4. Kamu juga berhak untuk raih mimpi

" Misal kita ingin mulai usaha kadang mikir tapi siapa yang ngurus anak-anak dan nanti suami aku terbengkalai atau engga. Padahal kita setara juga, kita juga berhak untuk menggapai mimpi kita. Karena setiap wanita pasti memimpikan sesuatu," tambah Adina.

2 dari 3 halaman

Buat Plan

Plan menjadi hal yang penting kala memulai bisnis. Sebaiknya buat plan dan tahapan kedepannya untuk terus meningkatkan usaha yang sedang dijalankan.

Doc Power Accelerator 2022© Doc Power Accelerator 2022

" Plan itu enggak perlu harus masif, tapi terus progres dan naik pelan-pelan. Misalkan buka aja toko di e-commerce yang penting punya plan dan berprogres," tambah Adina.

3 dari 3 halaman

Lakukan Sesuai dengan Passion

Pilihlah usaha yang sesuai dengan passion di diri sendiri. Karena dengan mengetahui passion yang diminati, maka akan lebih tahu dan terarah dalam menjalani bisnis kedepannya.

Doc Power Accelerator 2022© Doc Power Accelerator 2022

" Karena kita gak ngelakuin hal yang kita suka, itu hampir gak pernah sukses. Rasakan hal yang kita lakukan adalah passion kita," tambah Adina.

Beri Komentar