Wahai Penjual, Perhatikan 4 Etika Berdagang Online Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 22 Februari 2018 14:45
Wahai Penjual, Perhatikan 4 Etika Berdagang Online Ini
Jangan sampai membuat pelanggan kecewa.

Dream - Kecanggihan teknologi kini telah memudahkan kita untuk berdagang, apalagi dengan cara online. Perkembangan teknologi juga mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

Tapi, penjual juga harus punya etika ketika melayani (calon) pelanggan yang ingin membeli barang. Setidaknya ada empat etika yang harus diperhatikan.

Dikutip dari Ohbulan, Kamis 22 Februari 2018, seorang pengguna Facebook, bernama Nur Liyana Faharin, meminta penjual online untuk memperhatikan beberapa etika ketika sedang menghadapi pembeli.

" Pertama kali bertemu dengan penjual seperti ini, lalu tidak ada mood. Untuk penjual di sana, jadikan ini sebagai pelajaran," tulis Nur Liyana dalam bahasa Melayu.

Dia mengingatkan penjual untuk bersikap seramah mungkin. Sebab, di pesan singkat tidak ada suara.

" Pelanggan bisa salah paham, berpikir kita marah atau moody. Ini bisa mengganggu closing kita," tulis wanita ini.

Lalu, Nur Liyana juga mengingatkan penjual untuk membalas pesan pelanggan secepat mungkin. Kalau membalas terlalu lama, pembeli bisa beralih penjual.

Ke tiga, yang patut diperhatikan penjual adalah cara membalas pesan. Nur Liyana mengatakan membalas pesan dengan singkat dan padat akan membuat pelanggan berpikir penjual tak niat berdagang.

" Tawan hati calon pembeli. Itu paling penting. Jangan sampai orang merasa, 'Eh, dia itu tidak ingin berjualan'," tulis dia.

Yang ke empat, penjual menawarkan pelayanan dan produk sebaik mungkin. " Kalau jual makanan, mana tahu ada biaya ongkos kirim. Layanan konsumen ini adalah cara Anda memenangkan hati pembeli," tulis dia.

Kemudian, Nur Liyana berbagi pengalaman ketika membeli barang secara online. Dia berkata penjual barang hanya membalas pesan secara singkat.

Pembeli ingin membeli barang secara online.

Foto 1: Pembeli ingin membeli barang, namun penjual menjawabnya dengan singkat.

Namun, penjualnya hanya membalas singkat.

Foto 2: Pembeli meminta bukti pembelian, namun penjual tidak memberikannya. Begitu pula dengan alamat rumah.

Ujung-ujungnya begini.

Foto 3: Pembeli batal membeli barang karena etika penjualnya tidak baik.

Beri Komentar